5 Penyebab Merek AC Terbaik Jenis Portable Bocor, Begini Cara Mengatasinya

5 Penyebab Merek AC Terbaik Jenis Portable Bocor, Begini Cara Mengatasinya

Penyebab Merek AC Terbaik Jenis Portable Bocor-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek AC Terbaik portabel sangat berguna untuk mendinginkan ruangan berukuran kecil di saat AC dinding tidak bisa dipasang.

Banyak merek AC terbaik jenis portabel digunakan sebagai pengganti unit yang permanen.

Tetapi, hal tersebut bisa menimbulkan berbagai masalah seperti kebocoran air dan filter AC kotor yang harus segera diatasi. Hal ini karena Merek AC terbaik jenis portabel cukup sulit untuk diperbaiki.

Beikut 5 penyebab merek AC terbaik Portable bocor :

1. Pan Tetes Sudah Penuh

Merek AC Terbaik jenis portabel mempunyai baki tetesan yang berguna untuk menampung seluruh kondensat yang terkumpul di sekitar unit AC.

Drainase air ini terhubung pada saluran pembuangan dan bisa terisi lama kelamaan. Baki tetesan yang penuh mudah untuk diperbaiki. Kamu hanya perlu cabut unit AC, lalu tiriskan air yang sudah terkumpul di dalam wadah penampung.

Baki tetesan yang sudah penuh juga bisa menyebabkan masalah-masalah lain, seperti bau yang aneh, jamur, dan adanya bakteri pada AC.

2. Filter Udara Sudah Kotor

AC portabel mempunyai filter udara yang bisa tersumbat seiring berjalnnya waktu apabila kamu terus menerus menggunakan unit AC. Saat aliran udara jadi terbatas, AC portabel akan kesulitan dalam mengalirkan udara dingin ke sekitar unit.

Apabila hal ini terjadi, kelembapan pada sekitar AC akan membeku dan meleleh, serta mengakibatkan air bocor keluar dari unit.

Cara membersihkan filter AC portable dapat kamu lakukan di rumah. Kamu hanya perlu menjalankan filter di bagian bawah air keran, lalu bersihkan kotoran menggunakan sabun.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan penyedot debu untuk menghilangkan debu yang terlepas supaya bisa dibersihkan lebih cepat.

3. Saluran Pembuangan Yang Tersumbat

Selang pembuangan pada merek AC terbaik kamu bisa tersumbat kotoran, akumulasi kotoran atau jamur yang mengakibatkan kondensat akan menumpuk pada unit, kemudian mengakibatkan kebocoran air. Air tidak akan bisa mengalir ke wadah tetesan, malah akan merembes melalui ventilasi AC portabel.

Selang pembuangan yang tersumbat, cara membersihkannya cukup dengan mencabut steker unit, lalu periksa saluran pembuangannya. Gunakan tongkat yang panjang, seperti sumpit atau obeng untuk mengeluarkan sumbatannya secara hati-hati. Alirkan air melewati saluran untuk membilas kotoran, lalu pasang lagi selang pembuangan ke unit AC.

BACA JUGA : Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Merek AC Terbaik Berisik, Kamu Wajib Tahu

4. Pompa Kondensat Yang Rusak

Pompa kondensat ini yang akan mendorong akumulasi kelembapan menuju keluar AC portabel, sehingga menjadi bagian yang penting dalam menjaga AC agar tetap kering dan berfungsi dengan semestinya.

Pompa yang rusak dapat menahan kelembapan yang mengakibatkan akumulasi air akan menetes keluar melewati unit. Kamu bisa membawa AC portable yang rusak ke teknisi berpengalaman dalam hal memperbaiki masalah pada unit AC portable.

5. Sumbat Saluran Air Yang Longgar

Sumbat atau tutup pembuangan yang sudah longgar tidak akan mampu untuk menahan air, lalu ia akan mulai mengeluarkan air dari unit AC, hal ini karena tidak bisa menjaga unit AC kamu agar tetap kedap air.

Kamu bisa cek tutup pembuangan apakah ada tetesan atau tidak, kemudian kencangkan atau kamu bisa kencangkan sumbatnya sampair air tidak bocor lagi keluar unit.

3 tips mencegah merek AC terbaik jenis Portable bocor :

1. Pembersihan Menyeluruh

Pencucian bahan kimia, pembersihan umum dan perombakan bahan kimia dilakukan untuk memastikan peralatan kamu dalam kondisi yang baik untuk jangka waktu lebih lama. Kamu bisa melakukan  pembersihan menyeluruh tiap 4-6 bulan sekali.

2. Perawatan Rutin

Perawatan rutin menjadi keharusan bagi seluruh model dan jenis AC. Untuk merek AC terbaik jenis portabel lebih sulit untuk diperbaiki, namun tidak semua perusahaan AC dapat memperbaiki unit AC jenis portabel. Kamu perlu memilih teknisi yang bisa mengetahui titik lemah unit AC portable kamu sekaligus memperbaikinya.

3. Segera Perbaiki Masalah

Kebocoran air menjadi ketidaknyamanan kecil bagi kamu saat ini, tetapi seiring berjalannya waktu, hal tersebut bisa berubah jadi masalah yang besar seperti adanya jamur dan bakteri, kerusakan pada air dan unit akan mati total. Kamu bisa segera memperbaiki masalah pada AC oleh teknisi AC yang profesional untuk menyelesaikan masalah kamu secara cepat dan efisien.

Itulah beberapa penyebab merek AC terbaik jenis Portable bocor beserta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: