Berikut Penyebab Swing AC Tidak Berfungsi, Cek Cara Mengatasinya Disini

Berikut Penyebab Swing AC Tidak Berfungsi, Cek Cara Mengatasinya Disini

Penyebab Swing AC Tidak Berfungsi--Google.com

BACA JUGA : Kamu Wajib Tahu, Berikut Cara Setting Timer Merek AC Terbaik Panasonic

Dampaknya, fitur Swing AC tidak berfungsi dan tidak dapat membuka atau menutup saat AC dinyalakan atau dimatikan.

Untuk mengatasi masalah ini, perlu diperiksa seberapa parah kerusakan pada pengait. Jika hanya retak, dapat diperbaiki dengan merekatkannya kembali atau menyambungnya dengan lem power glue. Namun, jika kerusakan sudah parah, perlu mengganti daun Swing.

Namun, daun Swing jarang dijual secara terpisah untuk penggantian. Sebagai alternatif, bisa mencari daun Swing bekas dengan merek dan tipe AC yang sama.

4. Terdapat kabel yang putus

Penyebab keempat adalah adanya kabel yang terputus. Motor Swing memerlukan aliran arus listrik melalui kabel untuk bergerak. Jika salah satu kabel terputus, motor Swing tidak dapat berputar dan daun Swing tidak akan berfungsi untuk membuka atau menutup.

Kerusakan ini biasanya terjadi karena usia AC yang telah lama digunakan. Namun, kabel juga dapat terputus akibat gigitan binatang seperti tikus.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi AC Inverter Terbaik 2024, Dijamin Tagihan Listrik Kamu Makin Irit

Untuk memperbaiki kerusakan motor Swing akibat kabel yang terputus, cukup dengan menyambung kembali kabel yang terputus atau menggantinya jika diperlukan.

5. Terdapat socket yang kendor

Penyebab kelima adalah kendornya socket. Socket digunakan untuk menghubungkan motor Swing dengan modul. Jika socket tersebut kendor atau kotor, maka arus listrik tidak akan terhubung secara stabil.

Hal ini akan mengakibatkan motor Swing tidak berfungsi dengan baik dan daun Swing tidak dapat membuka atau menutup.

Langkah untuk mengatasi masalah ini cukup sederhana, yaitu dengan melepas socket, membersihkan bagian dalamnya, dan memasang kembali. Namun, jika socket masih tetap kendor, maka perlu untuk menggantinya dengan yang masih dalam kondisi baik.

Untuk mencegah kemungkinan masalah ini, disarankan untuk melakukan perawatan rutin pada AC dan menjaga kebersihan daun Swing serta kisi-kisi AC.

BACA JUGA : 7 Tips Mudah Agar Merek AC Terbaikmu Awet Tahan Lama, Simak Ulasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: