Berikut Penyebab Swing AC Tidak Berfungsi, Cek Cara Mengatasinya Disini

Berikut Penyebab Swing AC Tidak Berfungsi, Cek Cara Mengatasinya Disini

Penyebab Swing AC Tidak Berfungsi--Google.com

DISWAY JOGJA - Anda mungkin pernah mengalami situasi di mana AC Anda tidak memberikan pendinginan yang optimal.

Salah satu masalah umum pada AC adalah ketidakberfungsinya fitur Swing. Fitur Swing adalah fitur yang memungkinkan aliran udara keluar dari AC tersebar ke seluruh ruangan.

Ketika fitur Swing AC Anda tidak berfungsi, distribusi udara tidak akan merata di ruangan, menyebabkan ruangan tidak mencapai tingkat kesejukan yang diinginkan dan mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman.

Untuk mencegah kepanikan pengguna ketika fitur Swing AC tidak berfungsi dan memastikan mereka mengetahui langkah yang harus diambil, berikut adalah beberapa faktor penyebab ketidakberfungsian Swing AC:

1. Kerusakan pada motor Swing

Motor Swing pada AC terdiri dari dinamo yang memiliki lilitan tembaga dan roda gigi. Fungsi utamanya adalah mengatur pembukaan dan penutupan flap atau kisi-kisi Swing pada AC.

BACA JUGA : Seberapa Sering Harus Dibersihkan, Kenali Tanda-Tanda Merek AC Terbaikmu Perlu Dicuci

Ketika motor Swing mengalami kerusakan, flap atau kisi-kisi tidak akan bergerak sesuai saat AC dihidupkan atau dimatikan. Biasanya, kerusakan pada motor Swing disebabkan oleh ausnya roda gigi atau putusnya lilitan tembaga.

Umumnya, motor Swing yang rusak tidak dapat diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru dan orisinal agar fitur Swing pada AC bisa berfungsi kembali.

2. Daun swing terganjal benda asing

Penyebab kedua adalah daun Swing terhalang oleh benda asing. Benda asing ini bisa berupa debu atau benda lain yang menghambat gerakan daun Swing, sehingga fitur Swing tidak berfungsi.

Jika hal ini menyebabkan fitur Swing AC tidak berfungsi, solusinya cukup sederhana yaitu dengan menghilangkan benda yang menghalangi tersebut. Namun, pastikan juga bahwa daun Swing tidak akan terhalang lagi oleh benda asing tersebut.

3. Pengait daun swing patah atau sudah aus

Penyebab selanjutnya adalah kerusakan pada pengait daun Swing yang patah atau aus. Pengait ini berfungsi menghubungkan daun Swing dengan motor Swing. Jika pengait mengalami kerusakan, daun Swing tidak akan terhubung dengan motor Swing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: