Indra Kusuma: Pilkada Brebes 2024, PDI Perjuangan Akan Berkoalisi Dengan Parpol Lain

Indra Kusuma: Pilkada Brebes 2024, PDI Perjuangan Akan Berkoalisi Dengan Parpol Lain

KOMPAK - Ketua DPC PDI Perjuangan dan Ketua DPC PKB Brebes kompak foto bersama desk Pilkada usai komunikasi politik jelang pilkada Brebes 2024, Sabtu (8/6/2024).-Syamsul Falaq/ RATEG-

Sebab, nantinya akan diumumkan langsung DPP dan dia menyatakan tidak memiliki kapasitas untuk menjawab. Mengingat, sebagai Ketua DPC ia tidak diberi kewenangan karena semuanya ada kode etiknya.

BACA JUGA : Anggaran Pilkada Brebes Rp53,9 Miliar, Digelontor untuk Satu Putaran

Sementara itu, Ketua DPC PKB Zubad Fahilatah kepada awak media menyatakan tidak menutup kemungkinan untuk PKB bisa berkoalisi dengan PDI-Perjuangan.

Bahkan, pihaknya menyatakan masih menunggu arahan DPP seiring masih berjalannya Uji Kepatuhan dan Kelayakan para bacalon. Sedangkan, hasil UKK nanti baru akan muncul rekomendasi dari DPP diumumkan pada akhir Juni mendatang.

"PKB dengan PDI-P sejak reformasi sudah kerjasama. Terkait kemungkinan arah koalisi ini kan dinamis ya, bisa juga terjadi. Yang jelas saat ini kita menjalin silaturahmi kerjasama yang mungkin pada saatnya juga koalisi," imbuh Zubad.

Untuk diketahui, dalam gelaran Pemilu Legislatif 14 Februari 2024 lalu. PDI-P berhasil memenangkan 12 kursi dari keseluruhan 50 kursi DPRD Brebes. Kemudian PKB meraih 8 kursi dan Partai Gerindra 8 kursi. 

Peringkat empat, ditempati Partai Golkar dengan 7 kursi, PKS 4 kursi, PAN 4 kursi, Partai Demokrat 3 kursi, PPP 3 kursi, dan Partai Nasdem 1 kursi DPRD.

Sedangkan syarat untuk mengusung pasangan calon Pilkada Brebes 2024. Parpol harus memenuhi syarat minimal, yakni mengantongi 20 persen dari 50 kursi atau sebanyak 10 kursi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: