Mendengar Suara Air Dan Merek Kulkas Terbaru Tidak Dingin, Begini Cara Memperbaikinya

Mendengar Suara Air Dan Merek Kulkas Terbaru Tidak Dingin, Begini Cara Memperbaikinya

Mendengar Suara Air Dan Kulkas Terbaru Tidak Dingin, Begini Memperbaikinya--

DISWAY JOGJA – Baiknya dalam perawatan kulkas lakukan servis minimal 6 bulan sekali agar merek kulkas terbaru tetap aman. Bisa digunakan dalam jangka waktu lama dan bekerja maksimal dalam pendinginan bahan makanan.

Dengan servis kulkas, bisa mencegah kerusakan yang terjadi pada merek kulkas tebaru yang lebih serius. Melakukan pengecekan berkala, buat kulkas jauh lebih bekerja maksimal dan tahu ada kerusakan apa yang sedang terjadi.

Seperti halnya kalau ada masalah merek kulkas tebaru yang sudah tidak terasa dingin dan juga mengeluarkan bunyi seperti air. Hal ini menandakan kalau kulkas sedang tidak baik baik saja, dan perlu perbaikan sesegera mungkin.

BACA JUGA : Simak Tips Merawat Dan Memaksimalkan Kinerja Kulkas Terbaru Supaya Awet Puluhan Tahun

Dikutip dalam akun youtube Yoga Arif, kulkas yang gak terasa dingin dan mengeluarkan air wajib diperbaiki. Selain bantu merek kulkas tebaru bisa bekerja maksimal dan kembali normal. Berikut beberapa langkah yang perlu diperhatikan :

Buka tutup kulkas belakang bagian kompresor

Sebelum membuka penutup kulkas pada bagian belakang ini diwajibkan jangan terhubung dengan aliran listrik. Setelah itu, hal pertama yang perlu dilakukan, membuka dan mengecek kompresor kulkas. Melihat apakah semua tersambung dengan benar tanpa ada kebocoran oli dan lain sebagainya.

Pastikan kompresor bekerja optimal

Setelah semua terlihat aman tanpa ada kebocoran oli yang telihat ataupun kabel maupun pipa yang terputus. Selanjutnya bisa sambungkan aliran listrik untuk tahu apakah kompresor bekerja dengan baik atau tidak.

Kalau sudah tesambung dengan listrik, harusnya kompresor akan memberikan getaran, dan juga memberikan rasa hangat. Begitupun dengan kondensor, maupun body kulkas juga harus terasa hangat, yang menandakan kompresor bekerja dengan baik.

Dilanjut dengan pengecekkan evaporator pada freezer kulkas 1 pintu. Pegang bagian freezer terasa dingin atau tidak, jika tidak dingin berate ada masalah. Kalau ada suara gemercik air yang keluar, tandanya ada yang gak beres meskipun mengeluarkan sirkulasi dengan benar.

Pengecekkan Freon kulkas

Balik lagi ke belakang kulkas, wajib melakukan pengecekan Freon dengan memotong pipa yang tersambung ke kompresor. Dalam pengecekkan ini memastikan volume gas Freon yang ada pada kulkas itu, dan cari tahu penyebab kulkas gak dingin.

Lanjut memasangkan manipol dengan sempurna, dan mengeluarkan semua gas Freon yang ada. Gunanya untuk mengetahui volume gas Freon yang ada pada kulkas. Umumnya, Freon pada kulkas 50 psi, dan kalau di bawah itu sangat tidak memenuhi syarat standar menurut bang Yoga Arief.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: