Kios Bensin di Bumiayu Brebes Kebakaran, Empat Sepeda Motor Ludes

Kios Bensin di Bumiayu Brebes Kebakaran, Empat Sepeda Motor Ludes

PADAMKAN- Petugas dibantu sejumlah warga berupaya melakukan pemadaman api yang membakar sebuah kios di Desa Kaliwadas, Kecamatan Bumiayu.-TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES -

BUMIAYU, DISWAYJOGJA - Diduga lupa saat menuangkan bensin dari jerigen ke ember, sebuah bangunan kios di RT 013 RW 002 Desa Kaliwadas, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes terbakar, Rabu, 5 Juni 2024, sekitar pukul 15.25 WIB. Tidak ada korban jiwa akibat insiden tersebut, hanya saja empat sepeda motor dan juga kios beserta isinya hangus terbakar.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, Riyanto, pemilik kios diketahui sedang menuangkan bensin dari jerigen ke dalam ember di dalam kiosnya. Namun tiba-tiba saja, muncul api sehingga mengagetkan warga sekitar.

BACA JUGA:Padamkan Kebakaran Kios, Anggota Damkar Kota Tegal Terlindas

"Pemilik kios langsung lari ke luar kios, beruntung tidak sampai terkena api," ungkap Juhanda, 37, warga yang melihat kejadian tersebut.

Dikatakan, mendapati nyala api di dalam kios tetangganya, Juhanda bersama beberapa warga berupaya memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya. "Namun apinya semakin membesar, sehingga beberapa warga melaporkan ke petugas Damkar," tuturnya.

Satu unit pemadam kebakaran dari Pos Damkar Bumiayu, dibantu warga berupaya melakukan pemadaman api. Petugas berupaya untuk melokalisir nyala api agar tidak menjalar ke bangunan lain, mengingat lokasi kebakaran berdekatan dengan pertokoan dan pemukiman warga.

"Tidak ada yang dapat diselamatkan, termasuk juga empat sepeda motor yang sedang berada disekitar ikut terbakar," kata Juhanda.

Petugas Damkar dibantu relawan dan juga warga, berhasil memadamkan api diikuti proses pendinginan di lokasi sisa kebakaran. Sementara aliran listrik di sekitar lokasi kejadian, dalam kondisi padam. Kebakaran juga menjadi perhatian warga karena berada di jalan utama Bumiayu-Bantarkawung.

BACA JUGA:12 Kios di Kota Tegal Kebakaran, Kerugian Ditaksir Rp 500 Juta

Koordinator Pos Damkar Bumiayu, Aidi Yuana,  membenarkan terjadi insiden tersebut. Dikatakan, pihaknya mengerahkan seluruh anggota yang ada, dalam operasi pemadaman tersebut.

"Dari keterangan beberapa saksi, kebakaran diduga dipicu oleh percikan bara rokok, saat pemilik memindahkan bensin dari jerigen," jelasnya.

BACA JUGA:Pemkot Tegal Penuhi Kebutuhan Gizi Keluarga dengan Konsumsi Ikan

Pihaknya juga mengimbau kepada warga untuk tetap mewaspadai potensi terjadinya kebakaran, terlebih ditengah kondisi cuaca terik yang juga berangin saat ini.  Diantaranya dengan memastikan seluruh komponen kelistrikan di rumah dalam kondisi aman.

"Jangan sampai lengah, sebab kebakaran bisa terjadi akibat kelalaian sendiri," ingatnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: