Jelang Idul Adha 1445 H, Stok Hewan Kurban di Gunung Kidul Dipastikan Mencukupi

Jelang Idul Adha 1445 H, Stok Hewan Kurban di Gunung Kidul Dipastikan Mencukupi

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY saat melakukan pemantauan hewan di Pasar Hewan Siyono, Wonosari, Gunungkidul, Senin, 27 Mei 2024.-DOK.-

DISWAYJOGJA - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, ketersediaan hewan kurban di Kabupaten Gunungkidul dipastikan cukup. Tidak hanya mencukupi kebutuhan lokal, hewan kurban dari Gunungkidul juga akan dipasok ke berbagai daerah lain.

Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam (APSDA) DIY Yuna Pancawati jumlah ketersediaan hewan kurban Gunung kidul tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Dia menyampaikan hal itu usai melakukan pemantauan langsung bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY di Pasar Hewan Siyono, Wonosari, Gunungkidul, Senin, 27 Mei 2024.

BACA JUGA:Jangan Galau! Ini 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja saat Libur Idul Adha

”Tahun ini meningkat jumlahnya. Dulu hanya sekitar 300 sampai 350 ekor sapi dan kambing, tahun ini hewan kurban yang tersedia kurang lebih 800 ekor sapi dan kambing,” ungkapnya usai melakukan pantauan hari pertama bersama Sekretaris Daerah Pemkab Gunung Kidul Sri Suhartanta dan TPID Gunung Kidul.

Yuna memastikan, semua hewan kurban, baik sapi maupun kambing dalam kondisi sehat. Hal itu karena setiap harinya telah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan).

“Alhamdulillah terjamin untuk kesehatan hewan kurban di sini. Dari mulai datang sudah ada pemeriksaan di pos lalu lintas hewan ternak di Kalurahan Sambirejo, Ngawen,” Kata Yuna.

Yuna mengatakan, harga hewan kurban di Gunung Kidul masih terjangkau. Rata-rata harga hewan kurban sapi berkisar Rp22 juta sampai Rp25 juta per ekor. Kemudian harga kambing kurang lebih Rp2 juta sampai Rp3 juta per ekor.

Sekretaris Daerah Pemkab Gunung Kidul Sri Suhartanta mengatakan, ketersediaan hewan kurban untuk hari raya Idul Adha tahun ini di Gunung Kidul sudah siap. Tentunya dengan menyediakan hewan kurban yang berkualitas baik, sehat, dan tentunya harganya pun terjangkau.

BACA JUGA:DKPPP Kota Tegal Pantau Kualitas Produk Asal Hewan di Pasar Pagi

“Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul sangat siap akan ketersediaan hewan kurban. Pemda juga sudah menyatakan siap memfasilitasi terkait dengan adanya pemeriksaan kesehatan yang nantinya diperlukan. Jadi, insyaalah kita sudah siap menyongsong hari raya idul adha tahun ini,” imbuhnya.

Sementara itu, tim TPID DIY melakukan peninjauan di Peternakan Hewan SR Jaya 89. Di peternakan tersebut, ketersediaan pasokan hewan kurban juga sangat mencukupi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: