Bupati Bantul : PKK Sebagai Mitra Pemerintah Dapat Jadi Agen Perubahan

Bupati Bantul : PKK Sebagai Mitra Pemerintah Dapat Jadi Agen Perubahan

Sebanyak 17 kader PKK di Bantul mendapatkan penghargaan dalam lomba pengelolaan posyandu.-DOK.-

DISWAYJOGJA – Peran Tim Pengegrak PKK sebagai mitra pemerintah dapat menjadi agen perubahan yang efektif. Hal itu dikatakan Bupati Bantul Abdul Halim Muslih acara Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 PKK tingkat Kabupaten Bantul, Selasa, 4 Juni 2024.

Dia menyampaikan, peran PKK semakin strategis dalam membantu perempuan bersaing dan berdaya dalam berbagai bidang baik ekonomi maupun sosial. Sebagai mitra strategis pemerintah, PKK berperan dalam upaya terwujudnya keluarga Indonesia yang sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan. 

BACA JUGA:Hadeging Kadipaten Pakualaman ke-212 Meriah, Lomba Jemparingan Mataram Diikuti 880 Peserta

“Dalam upaya tersebut, PKK sebagai mitra pemerintah dapat menjadi agen perubahan yang efektif untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Bantul,” ungkapnya.

Salah satu solusi untuk mengatasi tantangan ini adalah dengan mendorong pemberdayaan keluarga. “Sesungguhnya keluarga itu inti dari sebuah negara, jika kita menggambarkan keluarga yang sehat dan sejahtera sesungguhnya problem kita selesai,” ucapnya.

Anak-anak yang terpantau dan terawasi dengan baik dalam sebuah keluarga, lanjut dia, maka anak-anak tersebut tidak akan mudah dipengaruhi oleh orang lain. Dimana pengaruh dari orang lain tersebut dapat berdampak negatif bagi anak-anak.

Kenakalan pada anak dan remaja terjadi dari kurangnya pengawasan dan perhatian dari orang tua. Dengan demikian, PKK memiliki posisi yang sangat penting bagaimana mewujudkan ketahanan  keluarga, bukan sekedar terbatas pada ketahanan ekomoni keluarga.

”Banyak beberapa keluarga yang memiliki ketahanan ekonomi tinggi tetapi ketahanan moral dan mental anggota keluarganya rendah, ketahanan ekonomi bukanlah segalanya,” tegasnya.

Karena itu, Bupati Bantul menegaskan bagaimana pemerintah bersama PKK bersinergi memfokuskan pada ketahanan sosial, mental, rumah tangga dan keluarga disamping terus melanjutkan ketahanan ekonomi keluarga.

Keprihatainan Bupati Bantul terhadap maraknya kenakalan remaja memunculkan ide untuk kedepan mengumpulkan para lurah dan pamong untuk lebih fokus mengatasi kelemahan-kelemahan mental yang menjangkiti beberapa keluarga yang ada pada warga Bantul. Hal ini dilakukan agar semua keluarga di Bantul memiliki ketahanan yang meningkat dan baik.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Hewan Kurban di Bantul Dipastikan Aman dan Sehat

Bupati Bantul menyampaikan terima kasih kepada Gusti Putri yang selama ini sangat aktif dan perhatian kepada Bantul. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Gusti Putri atas bimbingan beliau selama ini.

“Kami masih memerlukan bimbingan, motivasi agar para pimpinan dan pengurus PKK ini tetap semangat dan giat demi generasi muda kita yang hebat di masa depan, demi masa depan Indonesia yang hebat di mata dunia, demi mewujudkan Indonesia Emas di Tahun 2045 yang akan datang,” terangnya.

“Semoga PKK dapat menjadi Soko Guru pembangunan bangsa, menjadi penggerak perubahan Indonesia sesuai tema "Bergerak Bersama PKK mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Gusti Putri menerima potongan tumpeng dari Ketua TP PKK Kabupaten Bantul disaksikan oleh Abdul Halim Muslih. Potong tumpeng ini merupakan simbol ungkapan rasa syukur karena tim penggerak PKK telah mengabdi selama 52 tahun dalam membantu program pemerintah meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: