Lakukan 4 Langkah Ini, Dijamin AC Mobil Dingin dan Awet Tahan Lama

Lakukan 4 Langkah Ini, Dijamin AC Mobil Dingin dan Awet Tahan Lama

Tips yang Bisa Anda Lakukan Agar AC Mobil Dingin dan Tahan Lama--

Atau anda bisa menggantinya saat melakukan penggantian oli mobil. Filter yang kotor dapat menghambat aliran udara pada AC mobil.

Hal ini akan membuat evaporator AC mobil cepat kotor. Dan pastinya akan menyebabkan AC menjadi kurang efektif.

3. Membersihkan Kondensor

Upaya yang menjadikan AC mobil dingin yaitu dengan membersihkan kondensor AC. Kondensor AC terletak di bagian depan mobil.

BACA JUGA : Memilih Seri LN dan PN Merek AC Terbaik Panasonic: Menyelaraskan Kebutuhan AC Rumah Anda 

Untuk membersihkannya, cukup semprotkan air pada bagian depan mobil yang berisi kondensor. Ini akan membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada kondensor. 

Membersihkan kondensor secara teratur akan membantu menjaga kinerja AC mobil tetap optimal. Oleh karenanya anda agar selalu membersihkan bagian kondensor secara rutin.

4. Bersihkan Saluran Blower AC dan Evaporator

Dalam membersihkan AC, anda pelu membersihkan blower yang ada pada AC mobil. Saluran blower AC dan evaporator terletak di dalam mobil. 

Anda dapat menggunakan produk pembersih khusus AC seperti AC Cleaner untuk membersihkannya. Semprotkan produk pembersih ke dalam saluran blower dan evaporator.

BACA JUGA : Membersihkan Filter Merek AC Terbaik Jadi Solusi Menghemat Listrik, Begini Cara Mudahnya

Kemudian anda biarkan selama beberapa menit, lalu nyalakan AC pada posisi maksimum selama beberapa saat. Ini akan membantu membersihkan kotoran dan kerak yang menempel pada saluran blower dan evaporator.

Terlebih cara ini berfungsi menghilangkan bau tidak sedap. Oleh karenanya anda perlu untuk rutin membersihkan saluran blower dan evaporator pada AC mobil.

Dengan melakukan perawatan rutin seperti ini pada AC mobil. Anda dapat memastikan bahwa sistem AC mobil Anda tetap dingin dan awet, serta menghindari masalah yang tidak diinginkan di masa mendatang. 

Jadi, jangan lupakan merawat sistem AC mobil Anda agar tetap berfungsi dengan baik dan memberikan kenyamanan saat berkendara, terutama di musim panas yang panasnya luar biasa. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube/ dokter otomotif