Cara Mudah Merawat AC Mobil: Dijamin Awet Ganti Tahun, Cek Disini

Cara Mudah Merawat AC Mobil: Dijamin Awet Ganti Tahun, Cek Disini

Cara Mudah Merawat AC Mobil yang Mudah Dilakukan--

Hal ini dapat menyebabkan evaporator mudah kotor dan performa AC menurun. Sehingga udara yang dihasilkan tidak akan maksimal.

3. Pembersihan Kondensor AC Mobil

Cara mudah merawat AC yang dapat anda lakukan dengan pembersihan kondensor. Kondensor berada di bagian depan mobil. 

Membersihkan kondensor dari debu dan kotoran adalah langkah penting dalam merawat sistem AC. Cukup semprotkan air pada kondensor menggunakan selang air untuk membersihkannya.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Merek AC Terbaik Jenis Portable dan Keunggulannya, Cek Harganya

Kondensor yang bersih akan memastikan aliran udara yang optimal. Bukan itu saja hal ini akan meningkatkan efisiensi pendinginan.

4. Bersihkan Saluran Blower, Kisi-kisi AC, dan Evaporator

Saluran blower, kisi-kisi AC, dan evaporator perlu dibersihkan secara berkala. Gunakan produk pembersih AC yang mudah ditemui di pasaran. 

Aplikasikan produk pembersih pada kisi-kisi AC dan anda dapat membiarkan selama beberapa menit. Hal ini bertujuan agar membersihkan kotoran dan kerak yang menempel. 

Setelah itu, bersihkan evaporator dengan menggunakan produk pembersih yang sama. Tunggu beberapa menit hingga produk meresap, lalu nyalakan blower pada posisi minimal untuk mengeringkan.

BACA JUGA : 5 Merek AC Terbaik Low Watt, Keluarga Dijamin Makin Nyaman Dalam Rumah

5. Tes Performa AC

Setelah melakukan perawatan, tes performa AC dengan menghidupkannya. Pastikan udara yang dikeluarkan tetap dingin dan sejuk. 

Jika terdapat bau tidak sedap atau udara yang dikeluarkan tidak dingin. Anda dapat memeriksa kembali sistem AC dan pastikan tidak ada masalah yang lebih serius.

Cara mudah merawat AC mobil adalah langkah yang penting untuk memastikan kenyamanan selama perjalanan. Dengan melakukan perawatan secara rutin dan tepat, anda dapat memperpanjang umur sistem AC mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube/ dokter otomotif