DPRD Kota Tegal Sambut Perwira Tinggi Angkatan Laut, Suguhkan Jajanan Khas Lokal

DPRD Kota Tegal Sambut Perwira Tinggi Angkatan Laut, Suguhkan Jajanan Khas Lokal

DPRD menyambut para tamu istimewanya ini dengan menyuguhkan jajanan khas Tegal seperti pilus dan lainnya.-K. ANAM SYAHMADANI/RADAR TEGAL -

TEGAL, DISWAYJOGJABelasan Perwira Tinggi Angkatan Laut disambut dengan istimewa saat mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal, Kamis, 30 Mei 2024. Mereka diterima langsung Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro bersama Pimpinan Fraksi-Fraksi serta Sekretaris DPRD Herviyanto GWP di Ruang Rapat Paripurna.

Sekretaris DPRD Herviyanto GWP menuturkan, DPRD menyambut para tamu istimewanya ini dengan menyuguhkan jajanan khas Tegal seperti pilus dan lainnya. Dewan juga memberikan cinderamata berupa sarung goyor. “Kami berharap dengan menjadi oleh-oleh, jajanan dan sarung khas ini bisa terpromosikan keluar,” ujar Herviyanto.

BACA JUGA:Belasan Perwira Tinggi Angkatan Laut Datangi Gedung DPRD Kota Tegal

Selain itu, DPRD juga memberikan kenang-kenangan buku Tegal Berjuang yang mengisahkan sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia di wilayah Tegal, Brebes, dan Slawi. Buku ini terdiri dari sembilan bagian yang antara lain memuat bab tentang Detik-Detik Proklamasi Dan Pengibaran Bendera Merah Putih di Tegal, Pembentukan BKR, dan Reorganisasi TKR.

Kemudian, Peristiwa Tiga Daerah, Pembentukan Kesatuan Angkatan Bersenjata Di Tegal, Perlawanan Terhadap Belanda, Agresi Belanda I atau Perang Kemerdekaan I, Agresi Belanda II atau Perang Kemerdekaan II, Munculnya Gerakan DI-TII, dan Gencatan Senjata. Buku Tegal Berjuang juga dilengkapi dengan foto-foto perjuangan kemerdekaan.

Buku Tegal Berjuang diterbitkan secara profesional dan memenuhi kaidah penerbitan sebuah buku serta telah mengantongi International Standard Number Book (ISBN).

“Buku ini adalah satu-satunya buku yang bisa menjelaskan sejarah lahirnya TNI Angkatan Laut maupun kejadian peperangan ataupun pertempuran yang waktu itu terjadi,” sebut Herviyanto.

Selanjutnya, para Perwira Tinggi disuguhkan pameran arsip dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal yang dipajang di Gedung DPRD. Kemudian, melihat prasasti bersejarah di Gedung DPRD yang menerangkan gedung tersebut pernah menjadi markas Angkatan Laut Republik Indonesia Pangkalan IV di bawah pimpinan Kolonel Darwis Djamin.

Setelah Kota Tegal ditetapkan sebagai kota kecil pada 1950 di era kemerdekaan, Kantor Residen berubah fungsi menjadi Balai Kota Kota Madya Tegal. Sampai akhirnya, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal secara administratif berpisah pada 1985, Balai Kota Tegal pindah ke Jalan Ki Gede Sebayu. Gedung tersebut lalu digunakan untuk kantor wakil rakyat sampai sekarang.

BACA JUGA:Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Melayu

“Saya berharap teman-teman di Pemkot bisa mengangkat momen-momen seperti ini untuk mengangkat potensi, bahwa Kota Tegal bukan hanya kota pantai, namun juga kota bersejarah,” imbuh Herviyanto. Acara diakhiri dengan foto bersama di depan Gedung DPRD dan Tugu Yos Sudarso. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: