KUR BRI Tahun 2024: Panduan dan Penjelasan Cara Pengajuan dan Syaratnya

KUR BRI Tahun 2024: Panduan dan Penjelasan Cara Pengajuan dan Syaratnya

Cara Pengajuan KUR BRI Tahun 2024 Beserta Syaratnya--

Kuota KUR BRI untuk tahun 2024 jenis Mikro Pemerintah mengeluarkan sebesar Rp148 triliun secara nasional. Suku bunga KUR Mikro bervariasi tergantung pada jumlah pinjaman yang diambil.

Cara Pengajuan KUR dari BRI Super Mikro dan KUR Mikro BRI

1. Calon debitur mendatangi kantor BRI yang sesuai dengan wilayah domisili atau tempat tinggal debitur dengan membawa kelengkapan dokumen yang dibutuhkan.

2. Nasabah lama harus membawa kuitansi pencairan pinjaman sebelumnya. Customer service akan meminta informasi awal pada calon debitur, seperti usaha debitur, nomor handphone, dan besaran jumlah pengajuan beserta jangka waktu kreditnya.

BACA JUGA : Berikut Kredit KUR Bunga Terjangkau Bank BJB: Persyaratan, Bunga, dan Cara Pengajuannya

3. Untuk nasabah lama, wajib melakukan pelunasan pinjaman lamanya terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman baru. Setelah pelunasan, nasabah harus menunggu update dari kantor BRI.

4. Customer service akan memberikan berkas pengajuan kepada Mantri sesuai dengan wilayah tempat tinggal. Mantri akan melakukan input pengajuan pada aplikasi kredit BRISPOT.

5. Jika calon debitur lolos tahapan awal, maka bank BRI akan melakukan cek lingkungan survei tempat tinggal dan tempat usaha. Selanjutnya, MRI akan memberikan rekomendasi kredit kepada pemutus untuk dilakukan putusan kredit.

6. Nasabah akan diberitahukan jumlah pinjaman yang disetujui oleh pemutus. Jika nasabah setuju, dilakukan akad kredit di kantor BRI bersangkutan.

BACA JUGA : Butuh Modal, Berikut KUR Bunga Terjangkau Maybank Limit Pinjaman Hingga Rp500 Juta, Tenor 5 Tahun

Aturan KUR BRI tahun 2024 jenis Super Mikro dan KUR Mikro masih sama dengan tahun 2023. Namun pada awal tahun ini KUR Super Mikro khusus untuk nasabah baru sayangnya belum bisa disalurkan.

Hal ini di karenakan tingkat kredit macet secara nasional masih melebihi batas. Pengajuan KUR juga tergantung pada kondisi BRI unit yang bersangkutan.

Demikian aturan terbaru dari KUR BRI tahun 2024 yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube/enr project review