Cuaca Panas Tiba, Berikut Cara Merawat Merek AC Terbaik Agar Tetap Dingin Optimal

Cuaca Panas Tiba, Berikut Cara Merawat Merek AC Terbaik Agar Tetap Dingin Optimal

Berikut Cara Merawat Merk AC Terbaik Agar Tetap Dingin dan Bekerja Optimal Saat Cuaca Panas--iStockphoto

Membersihkan dan memeriksa filter udara merupakan salah satu langkah penting dalam perawatan merk AC terbaik yang perlu diketahui.

Karena, filter yang bersih bisa memungkinkan udara masuk tanpa hambatan ke pendingin ruangan. Sehingga AC bisa bekerja dengan efisien.

Tak hanya itu, filter udara yang bersih juga bisa membantu menghilangkan kotoran dan debu dari udara, sehingga kebersihan ruangan dan kualitas udara akan tetap terjaga. Untuk menjaga kinerja AC, lakukanlah perawatan ini secara teratur.

BACA JUGA : Merek AC Terbaik Tidak Dingin Saat Dipakai, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

4. Memeriksa Kabel

Bagaimanapun kabel juga termasuk komponen penting AC yang perlu diperiksa. Karena jika tidak diperiksa dan di rawat bisa memungkinkan menghambat kinerja AC.

Dengan begitu, selalu periksalah kabel pada unit kondensor, jika kamu melihat tanda-tanda panas berlebih pada kabel atau melihat kabel yang terbakar, sebaiknya segera memanggil teknisi profesional untuk memperbaikinya.

5. Berikan Waktu Istirahat Pada Sistem AC

Sistem yang bekerja secara terus menerus akan mengalami penurunan performa lebih cepat, meski dengan perawatan yang baik sekalipun.

Oleh karena itu, supaya merek AC terbaik lebih tahan lama dan kinerjanya tetap optimal, berikanlah waktu istirahat pada sistem AC.

6. Memeriksa Isolasi Pipa

Pipa refrigeran merupakan saluran yang membawa suhu dingin dari bagian evaporator yang ada di unit air handler ke bagian kondensor luar.

Pipa tersebut biasanya dilapisi menggunakan isolasi yang berbentuk busa. Jika ada bagian isolasi yang rusak atau hilang, penting untuk kamu memeriksannya.

Apabila sudah ditemukan, segera untuk mengganti isolasi yang baru untuk menjaga kinerja sistem AC agar tetap optimal.

7. Jadwalkan Service AC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: