Cukup Pakai Remote, Tips Mengatur Merek AC Terbaik, Dijamin Lebih Dingin Namun Tetap Hemat Listrik

Cukup Pakai Remote, Tips Mengatur Merek AC Terbaik, Dijamin Lebih Dingin Namun Tetap Hemat Listrik

Tips Mengatur Merk AC Terbaik Agar Lebih Dingin Namun Tetap Hemat Listrik Hanya Dengan Remote AC-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - AC merupakan salah satu perangkat elektronik yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Merek AC terbaik berfungsi sebagai pendingin ruangan ini menjadi solusi jitu mengatasi udara yang panas.

AC menjadi salah satu konsumen listrik terbesar dalam rumah tangga. Umumnya, AC bisa menghabiskan sekitar 40-60% dari seluruh tagihan listrik bulanan. Sehingga, perlu menerapkan berbagai tips mengatur merek AC terbaik agar tetap efisien dan hemat listrik.

Dengan menggunakan merek AC terbaik yang hemat energi, kamu bisa membantu mengurangi penggunaan listrik dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Namun kamu tidak perlu mengganti AC lama dengan AC hemat energi terbaru. Kamu juga bisa mengatur merek AC terbaik agar lebih dingin namun tetap hemat listrik hanya dengan remote AC.

Berikut beberapa tips mengatur merek AC terbaik agar lebih dingin namun tetap hemat listrik hanya dengan remote AC  :

1. Gunakan mode pengaturan suhu dengan tepat

Kamu bisa menyetel suhu AC pada tingkat yang tepat, yaitu sekitar 24-26 derajat Celsius. Setiap di bawah 24 derajat Celsius dapat meningkatkan penggunaan listrik hingga 10%.

2. Gunakan mode cool

Mode Cool merupakan mode dasar yang dapat kamu gunakan untuk mendinginkan udara di dalam ruangan rumah kamu. Mode ini bisa memaksimalkan kinerja AC dengan cara membuat ruangan jadi lebih cepat dingin.

Mode Cool memungkinkan kamu untuk mengatur suhu sesuai dengan yang diinginkan di dalam ruangan, sehingga AC dapat bekerja secara otomatis untuk menurunkan suhu sesuai dengan keinginan kamu. Mode Cool ini sangat berguna pada saat cuaca sedang panas yang membuat ruangan terasa sangat panas dan lembab.

3. Aktifkan turbo mode

Turbo mode berguna untuk meningkatkan kinerja merek AC terbaik kamu dengan cara meningkatkan kecepatan kipas, lalu akan menjadikan ruangan kamu lebih cepat dingin. Mode Turbo sangat berguna ketika cuaca sangat panas dan ruangan butuh mendinginkan secepat mungkin. Mode Turbo akan membuat AC bekerja lebih keras dan menghasilkan udara dingin lebih banyak dan lebih cepat.

4. Bersihkan filter AC secara rutin

Pastikan untuk membersihkan filter AC tiap bulan agar AC dbisa bekerja dengan efisien. Apabila filter AC kotor, akan memperlambat aliran udara dan akan membuat AC bekerja dengan lebih keras, hal ini akan membuat penggunaan listrik jadi meningkat.

5. Gunakan ventilasi udara yang baik

Pastikan udara dari luar luar bisa masuk ke dalam ruangan ber-AC dengan mudah. Yang perlu kamu lakukan yaitu membuka jendela saat malam hari karena pada saat itu udara lebih sejuk, atau kamu bisa menggunakan kipas angin untuk membantu sirkulasi udara di dalam ruangan.

6. Matikan AC saat kamu meninggalkan ruangan

Jangan biarkan AC berkualitas kamu menyala terus menerus pada saat kamu tidak berada di dalam ruangan. Sebaiknya, matikan AC saat kamu akan meninggalkan ruangan dalam jangka waktu yang cukup lama, atau kamu bisa menggunakan timer untuk mematikan AC dengan otomatis setelah beberapa waktu sesuai yang ditentukan.

7. Gunakan AC sesuai ukuran ruangan kamu

Pilihlah AC yang tepat sesuai dengan ukuran ruangan kamu. Jangan memilih AC terlalu besar atau terlalu kecil untuk ukuran ruangan kamu, karena bisamembuat AC bekerja terlalu keras yang dapat meningkatkan penggunaan listrik di rumah kamu.

Itulah beberapa tips mengatur merek AC terbaik agar lebih dingin namun tetap hemat listrik hanya dengan remote AC. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: