7 Tips Merawat Dan Cara Meletakkan Merek Kulkas Terbaik, Dijamin Tidak Cepat Rusak

7 Tips Merawat Dan Cara Meletakkan Merek Kulkas Terbaik, Dijamin Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat Dan Cara Meletakkan Merk Kulkas Terbaik Yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Kulkas merupakan salah satu peralatan elektronik yang sangat penting namun rentan rusak. Setiap hari kulkas dapat bekerja selama 24/7, sehingga apabila tidak dirawat dengan baik dan benar merek kulkas terbaik kamu akan cepat rusak.

Tips merawat kulkas sangat penting untuk kamu ketahui dan kamu lakukan. Sebenarnya, cara merawat merek kulkas terbaik sangat mudah untuk kamu lakukan. Meskipun mudah, tapi banyak orang yang sering mengabaikan hal tersebut, padahal itu sangat berpengaruh terhadap kinerja kulkas.

Berikut 7 tips merawat merek kulkas terbaik yang benar agar tidak cepat rusak :

1. Bersihkan Kulkas Secara Berkala

Membersihkan kulkas sangat penting agar kulkas tetap awet. Jika tidak rutin dibersihkan maka akan terjadi penumpukan kotoran di dalam kulkas yang bisa menggangu kinerja kulkas. Kulkas yang kotor bisa menimbulkan bakteri yang mengkontaminasi makanan di dalamnya.

Cara membersihkan kulkas sangat mudah. Untuk membersihkan eksterior kulkas gunakan kain lap basah, lalu keringkan menggunakan lap kering. Untuk membersihkan interiornya, bisa langsung bersihkan tanpa mematikan kulkas.

Untuk membersihkan bagian dalam kulkas, gunakan busa, lap, dan cairan pembersih piring. Apabila terdapat bau tidak sedap, kamu bisa bersihkan kulkas dengan baking powder yang dilarutkan air.

2. Bersihkan Kotak Freezer dari Bunga Es

Setiap kulkas pasti terdapat kotak freezer yang berfungsi untuk membekukan makanan. Apalagi pada kulkas 1 pintu biasanya banyak bunga es di freezernya. Bunga es juga dapat ditemukan pada kulkas 2 pintu. Bunga es yang menumpuk dapat menyebabkan kinerja kulkas semakin berat.

Dengan demikian, kamu disarankan untuk mencairkan bunga es tersebut tiap 2 minggu sekali. Beberapa merk kulkas terbaik telah dibekali fungsi Defrost untuk mencairkan bunga es secara cepat. Setelah bunga es mencair, secepatnya membuang sisa air dan keringkan freezer dengan lap kering.

3. Isi Kulkas Secukupnya

Setiap merek kulkas terbaik memiliki kapasitas maksimalnya. Sebaiknya, jangan mengisi kulkas dengan berlebihan karena dapat merusak kulkas. Jika terlalu banyak dapat membuat rak retak dan pecah.

Botol minuman dan mangkok yang berat juga dapat menimbulkan kerusakan pada rak ataupun laci penyimpan makanan pada kulkas. Kulkas juga akan bekerja lebih berat karena harus mendinginkan isi kulkas yang banyak dari kapasitas yang seharusnya.

BACA JUGA : 10 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik Agar Awet, Simak Selengkapnya Disini

4. Jangan Biarkan Kulkas Kosong

Membiarkan kulkas bekerja dalam keadaan kosong juga tidak baik. Karena saat kosong, kulkas akan tetap melakukan pendinginan sesuai suhu yang sudah diatur. Apabila kulkas kosong, kulkas akan bekerja ekstra mempertahankan suhu sehingga dapat membuat boros listrik.

Solusinya, jika tidak ada makanan yang tersimpan di dalam kulkas, sebaiknya cabut saja kabel kulkas. Namun, jika ingin tetap dinyalakan kamu dapat menyimpan botol-botol air minum agar kulkas tidak bekerja terlalu berat.

5. Sesuaikan Suhu Kulkas dengan Isinya

Menyesuaikan suhu kulkas merupakan salah satu cara merawat kulkas yang baik dan benar. Apabila kamu menyimpan ayam, daging dan ikan sebaiknya turunkan suhu supaya lebih dingin. Tujuannya agar menghindari dari makanan jadi basi.

Hindari mengatur suhu terlalu rendah karena bisa membuat kulkas bekerja ekstra yang membuat tagihan listrik rumah lebih boros. Apabila di dalam kulkas hanya terdapat buah dan sayuran, suhu kulkas bisa sedikit dinaikan supaya tidak terlalu dingin.

Selaindapat menjaga bahan makanan agar lebih tahan lama, menyesuaikan suhu kulkas juga dapat menghemat penggunaan listrik.

6. Cabut Kabel Kulkas Saat Listrik Padam

Saat listrik sedang padam segera cabut kabel listrik kulkas agar kompresor direset ke keadaan awal. Aliran listrik yang tidak direset dapat menyebabkan kulkas cepat rusak.

Hal ini juga untuk menghindari kulkas dari tegangan listrik tidak stabil saat listrik menyala. Saat listrik kembali menyala, tunggu 5 menit lalu pasang kembali kabel kulkasnya.

7. Bersihkan Bagian Belakang Kulkas Secara Rutin

Di bagian belakang kulkas sering lupa dari pembersihan. Padahal di area ini terdapat fungsi vital bagi kulkas dan digunakan untuk membuang hawa panas kulkas. apabila kondensor terhambat debu maka kulkas akan bekerja dengan lebih berat. Disarankan untuk membersihkan bagian belakang kulkas 1 atau 2 bulan sekali.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik SHARP, Solusi Menyimpan Berbagai Kebutuhan

Cara Meletakkan Merk Kulkas Terbaik Agar Tidak Cepat Rusak

Cara peletakan kulkas sangat penting untuk merawat kulkas agar tidak cepat rusak. Berikut ini cara meletakkan merek kulkas terbaik agar tidak cepat rusak :

1. Letakkan Kulkas di Tempat Sejuk

Jangan letakkan kulkas di tempat yang panas atau terkena sinar matahari langsung. Karena, hawa panas dari luar kulkas akan bercampur dengan hawa dingin kulkas yang dapat merusak kulkas.

Hawa panas juga bisa membuat kerja kulkas lebih berat. Sehingga disarankan letakkan kulkas di tempat yang sejuk dan jauh dari benda-benda yang menghasilkan panas seperti kompor dan microwave.

2. Beri Ruang Antar Kulkas dan Dinding

Beri jarak ruang kosong antara kulkas dengan dinding minimal 15 – 20 cm. Hal tersebut bertujuan agar hawa panas yang dikeluarkan oleh kondensor dapat keluar dengan mudah.

Itulah beberapa tips merawat dan cara meletakkan merek kulkas terbaik yang benar agar tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: