10 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik Agar Awet, Simak Selengkapnya Disini

10 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik Agar Awet, Simak Selengkapnya Disini

Tips Merawat Merk Kulkas Terbaik Agar Awet-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Hampir semua orang memiliki kulkas sebagai alat elektronik kebutuhan. Ketahanan kulkas saat dipakai dalam jangka panjang menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Untuk itu, cara merawat merek kulkas terbaik agar awet harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Kesalahan dalam penggunaan merek kulkas terbaik akan mempercepat kerusakan pada kulkas itu sendiri. Alhasil kamu harus sering ganti kulkas dalam waktu yang singkat, padahal kulkas dengan harga terjangkau juga bisa awet.

Perawatan merek kulkas terbaik  yang tepat akan membuat kulkas tahan terhadap kerusakan. Ada banyak sekali cara untuk merawat merk kulkas terbaik. Semakin baik penggunaan kulkas, akan semakin awet juga ketahanan kulkas tersebut.

Merek kulkas terbaik berfungsi untuk menyimpan makanan dan minuman. sehingga harus dirawat dengan baik agar dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Sebelum membeli merk kulkas terbaik, kamu perlu memahami cara untuk menjaga ketahanannya.

Berikut 10 tips merawat merek kulkas terbaik agar awet :

1. Isi Kulkas Secukupnya dan Jangan Berlebihan

Kulkas pasti memiliki ruang yang disediakan beberapa bagian untuk menyimpan bahan makanan. Seperti di bagian bawah freezer tersedia dengan bahan plastik yang kuat dan di bawahnya juga disediakan dengan bahan kaca tebal.

Sedangkan di bagian pintu kulkas biasanya tersedia ruang dari plastik untuk menyimpan telur, minuman, dan sejenisnya. Agar setiap bagian kulkas tetap awet, letakkan makanan atau minuman dengan bobot tidak terlalu berat.

2. Periksa Segel Pintu Kulkas Dengan Rutin

Segel pintu kulkas berpengaruh terhadap kerusakan kulkas, karena udara dingin pada kulkas akan menembus keluar dan membuat kulkas jadi lebih ekstra bekerja mendinginkan udara di dalam kulkas.

Kinerja yang ekstra dalam waktu lama akan membuat kulkas rusak. Untuk itu pastikan pintu kulkas tertutup rapat. Kamu dapat bersihkan segel pintu menggunakan sikat gigi bekas atau semacamnya.

3. Jangan Letakkan Kulkas Di Dekat Kompor

Sebaiknya kulkas tidak diletakkan di dekat kompor, karena kompor dipakai masak dan kulkas sifatnya mendinginkan tidak bisa diletakkan beriringan. Bahkan bisa jadi menimbulkan bahaya karena suhu bertolak belakang berada di area sangat dekat. Untuk itu, alangkah baiknya kulkas diletakkan di ruang tengah atau dekat meja makan.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Box Mini, Cocok Untuk Usaha Kecil

4. Pintu Kulkas Selalu Tertutup Rapat

Pintu kulkas yang tidak ditutup rapat bisa membuat udara dingin dalam kulkas keluar dan kulkas akan bekerja ekstra, hal ini akan berpengaruh terhadap daya listrik yang dihabiskan kulkas.

Selain masalah konsumsi daya listrik, menutup kulkas dengan rapat juga dapat meminimalisir masuknya serangga ataupun kotoran yang mencemari makanan.

5. Mengatur Suhu Kulkas Dengan Benar

Pengaturan suhu kulkas yang tidak tepat dapat membuat kulkas bekerja terlalu lama atau terlalu cepat. Sebaiknya atur suhu kulkas yang normal, yaitu kisaran 2°C sampai 4°C. Khusus untuk freezer suhu normalnya yaitu sekitar -17°C.

6. Bersihkan Kondensor Dengan Rutin

Kondensor letaknya berdekatan dengan dinding di bagian belakang, sehingga rawan terkena debu dan kotoran. Jika tersumbat, kondensor tidak dapat bekerja dengan maksimal. Oleh karena itu kondensor juga perlu dibersihkan dengan rutin.

7. Bersihkan Freezer dan Bagian Lainnya Dengan Rutin

Pertama kamu bisa mematikan kulkas terlebih dulu sehingga bunga es di dalam kulkas bisa mencair, lalu kikis es menggunakan pisau atau benda tajam lainnya, namun hal tersebut memiliki potensi merusak lapisan freezer yang membuatnya bocor, sehingga sangat disarankan untuk menunggu bunga es mencair saja.

Setelah mencair, bersihkan freezer dengan air dan lap bersih. Bersihkan juga bagian lain menggunakan air dan sabun antiseptik. Sabun antiseptik bisa digunakan sebagai campuran air dan sabun antiseptik ini juga digunakan untuk memudahkan membersihkan kulkas dari minyak ataupun kerak. Setelah kulkas bersih, kamu dapat menyalakan kulkas dengan suhu normal.

8. Jangan Menyimpan Makanan atau Minuman Terlalu Panas

Jika suhu dingin dan suhu panas bertemu secara langsung tentu akan menimbulkan kerusakan. Sebaiknya tunggu makanan ataupun minuman agak dingin kemudian bisa dimasukkan ke dalam kulkas.

BACA JUGA : 8 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Jenis Showcase Untuk Menyimpan Berbagai Kebutuhan

9. Jangan Biarkan Kulkas Menyala Tanpa Isi

Jika kulkas bekerja sendiri tanpa adanya makanan dan minuman di dalamnya yang menyerap energinya, tentu akan membuat kulkas jadi bekerja ekstra dan cepat rusak.

Kebanyakan kulkas memang memiliki ketahanan cukup bagus dan tidak mudah rusak. Namun jika perawatan yang dilakukan salah, kulkas akan cepat rusak. Padahal kulkas bisa dipakai hingga 5 tahun ke atas.

10. Berikan Jarak Antara Kulkas dan Dinding

Kulkas memiliki kondensor di bagian belakang yang berfungsi mengeluarkan suhu panas yang dihasilkan dari kinerja kulkas. Hawa panas ini harus dikeluarkan tanpa terhalang dinding atau sejenisnya.

Sehingga perlu adanya celah meletakkan kulkas dari dinding setidaknya berukuran 15 hingga 20 cm saja. Sehingga kondensor dan dinding dapat saling terjaga dari kerusakan.

Itulah beberapa tips merawat merek kulkas terbaik agar awet. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: