Dinsos Kabupaten Tegal Gembleng Kemampuan SDM Perlindungan Sosial Tagana

Dinsos Kabupaten Tegal Gembleng Kemampuan SDM Perlindungan Sosial Tagana

ARAHAN - Kepala Dinas Sosial Iwan Kurniawan membuka perhelatan pelatihan SDM Tagana.-HERMAS PURWADI/RADAR SLAWI -

SLAWI, DISWAYJOGJA -  Upaya memberikan pengetahuan dan kemampuan SDM perlindungan sosial tagana dan relawan sosial lainnya ditempuh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tegal. Hal itu dalam rangka meningkatkan kesiapsiagan masyarakat dalam menghadapi bencana alam dan sosial.

Terhiting selama 2 hari, sejak 17 hingga 18 Mei 2024, Dinsos menggelar pelatihan dasar dan pemantapan Taruna Tangguh Bencana (Tagana) di aula kantor yang diikuti 25 peserta dari unsur Tagada dan KSB.

BACA JUGA:Dinsos Kabupaten Tegal Verifikasi Calon Penerima BLT DBHCHT

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Iwan Kurniawan, didampingi Kabid Linjamsos dan Kebencanaan M. Agus Fauzan menyatakan, narasumber yang dihadirkan selain dari Dinsos, BPBD, Dewan Kebudayaan, serta Rumah Pelayanan Sosial Turus Gede Rembang.

Kegiatan initersebut bertujuan meningkatkan kemampuan Tagana tentang prinsip-prinsip dasar manajemen penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial korban bencana.

Untuk mendukuing penyelenggaraan penanggulangan bencana pada saat tanggap darurat maupupun paska bencana,ujarnya.

Dia berharap, usai kegiatan ini SDM Tagana mampu melaksanakan penanganan bencana. Khususnya bidang perlindungan sosial bencana pada saat  bencana maupun paska bencana. Sesuai peraturan Menteri Sosial nomor 29 tahun 2012 tentang Taruna Siaga Bencana  (Tagana).

Mengatur kewenangan kabupaten terkait  kebijakan melakukan koordinasi, kerja sama, memfasilitasi pelaksanaan kegiatan rekrutmen, pengorganisasian, pengembangan kapasitas, hingga pendanaan Tagana di tingkat kabupaten.

Karena itu, dalam rangka peningkatan kualitas, kemampuan dan kapasitas, SDM Tagana pelatihan kali ini dilaksanakan. Pihaknya ingin merefresh atau penyegaran kualitas anggota Tagana. Tujuannya agar dalam penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Tegal bisa tertangani dengan cepat dan tepat. Sebab, wilayah Kabupaten Tegal banyak kecamatan yang jangkauannya dari pusat pemerintahan daerah cukup menyita waktu.

BACA JUGA:Dinsos Kabupaten Tegal Assesmen Warga Terdampak Angin Kencang

Tetapi sudah banyak anggota Tagana yang tersebar di wilayah Kabupaten Tegal,ungkapnya.

Selain hal itu, yaitu meningkatkan SDM individu anggota agar dalam percepatan penanganan bencana mampu bergerak cepat. Tujuan dan harapannya, setelah kegiatan ini, seluruh anggota Tagana mampu melakukan yang terbaik. Dalam menangani kebencanaan di wilayah, khususnya Kabupaten Tegal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: