Tips Memilih Merek AC Terbaik Berkapasitas 1/2 PK, Perhatikan Jenis Refrigan Serta Tingkat Efisiensi Energi

Tips Memilih Merek AC Terbaik Berkapasitas 1/2 PK, Perhatikan Jenis Refrigan Serta Tingkat Efisiensi Energi

Tips Memilih Merk AC Terbaik Berkapasitas 1/2 PK--Google.com

DISWAY JOGJA - Banyak merek AC terbaik di Indonesia menggunakan istilah PK untuk mengukur kapasitasnya, seperti 1/2 PK, 1 PK, 2 PK, dan seterusnya. Ini sering menimbulkan pertanyaan dari konsumen, seperti berapa Watt untuk AC 1/2 PK atau berapa Watt untuk AC 1 PK.

Konsumen sering bertanya-tanya tentang hal ini karena mereka ingin memastikan bahwa merek AC terbaik yang akan dibeli sesuai dengan daya listrik yang tersedia di rumah, yang diukur dalam watt. 

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli merek AC terbaik berkapasitas 1/2 PK, ada beberapa aspek yang sebaiknya Anda pertimbangkan dengan cermat.

Hal-hal tersebut meliputi jenis merek AC terbaik, jenis refrigeran yang digunakan, tingkat efisiensi energi (EER), dan berbagai fitur yang dimiliki AC tersebut. Mari kita bahas satu per satu secara rinci di bawah ini.

1. Untuk ruangan yang lebih sering ditutup, gunakan AC dengan teknologi inverter

Kami merekomendasikan Anda untuk memilih AC yang dilengkapi dengan teknologi inverter untuk digunakan di ruangan yang sering ditutup, seperti kamar tidur.

AC jenis ini merupakan salah satu yang paling canggih di pasaran. Teknologi inverter berfungsi untuk mengatur putaran kompresor AC.

Biasanya, pada awal penggunaan, putaran kompresor AC akan diatur pada level maksimum. Setelah suhu udara mencapai tingkat yang diinginkan, putaran kompresor akan disesuaikan secara otomatis. Sistem ini yang membuat AC inverter menjadi hemat energi.

Namun, perlu diingat bahwa fitur ini mungkin tidak berfungsi optimal jika AC digunakan di ruangan yang sering terbuka dan ditutup, karena perubahan suhu yang terjadi.

Fluktuasi suhu ruangan dapat menyulitkan mesin inverter dalam menjaga suhu secara konsisten sesuai keinginan pengguna. Akibatnya, kompresor mungkin akan terus bekerja pada putaran maksimum, sehingga efisiensi energinya tidak maksimal.

2. Pertimbangkan AC 1/2 PK yang low watt untuk ruangan seluas 7 m²

Anda mungkin ingin mempertimbangkan merek AC terbaik 1/2 PK dengan konsumsi daya rendah untuk digunakan di ruangan kecil, seperti yang memiliki luas sekitar 7 m². AC dengan konsumsi daya rendah dilengkapi dengan kompresor yang memiliki kapasitas lebih kecil dibandingkan dengan AC standar.

Oleh karena itu, meskipun memiliki nilai PK yang sama, kemampuan AC dengan konsumsi daya rendah untuk mendinginkan ruangan cenderung lebih rendah dibandingkan dengan AC standar.

Kapasitas kompresor yang terbatas pada AC dengan konsumsi daya rendah menghasilkan konsumsi listrik yang lebih rendah daripada AC standar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: