Tips Memilih Merek AC Terbaik Berkapasitas 1/2 PK, Perhatikan Jenis Refrigan Serta Tingkat Efisiensi Energi

Tips Memilih Merek AC Terbaik Berkapasitas 1/2 PK, Perhatikan Jenis Refrigan Serta Tingkat Efisiensi Energi

Tips Memilih Merk AC Terbaik Berkapasitas 1/2 PK--Google.com

3. Untuk ruangan yang sering dibuka tutup, utamakan memakai AC standar

AC standar menggunakan kompresor yang memiliki fitur mati otomatis ketika suhu ruangan mencapai tingkat yang diinginkan oleh pengguna.

Kompresor akan kembali menyala secara otomatis jika suhu ruangan naik kembali. Meskipun demikian, karena karakteristik ini, AC tipe standar cenderung mengkonsumsi lebih banyak energi.

Meskipun begitu, AC standar memiliki keunggulan dalam kemampuan pendinginan yang cepat. AC standar juga lebih efektif dalam ruangan yang sering dibuka dan ditutup, seperti ruang keluarga. Oleh karena itu, prioritaslah penggunaan AC tipe standar untuk ruangan yang sering dilewati oleh anggota keluarga.

4. Pilih AC bintang empat atau nilai EER 10,41 untuk menghemat energi

Memilih AC berdasarkan watt yang rendah tidak selalu menjamin efisiensi energi. AC dengan watt rendah sebenarnya bisa menjadi boros energi karena proses pendinginannya memerlukan waktu yang lebih lama.

Yang perlu Anda perhatikan adalah nilai energy efficiency ratio (EER) atau peringkat energy star untuk memastikan bahwa AC yang Anda beli benar-benar hemat energi. Semakin tinggi nilai EER, semakin efisien atau hemat energi yang digunakan oleh AC tersebut.

Saran kami adalah memilih AC dengan nilai EER sekitar 10,41 Btu/Wh atau peringkat bintang empat untuk mengoptimalkan penghematan energi.

5. Prioritaskan AC dengan refrigeran R32 yang ramah lingkungan

Pada awalnya, merek AC terbaik umumnya menggunakan refrigeran R22 yang dapat merusak lapisan ozon. Namun, untuk mengurangi dampak pemanasan global, sekarang ini AC di pasaran beralih menggunakan refrigeran R410a dan R32.

Refrigeran R410a memiliki kemampuan pendinginan yang lebih cepat, meskipun memiliki tingkat pemanasan global yang tinggi. Tetapi, tidak merusak lapisan ozon.

Saat ini, refrigeran R32 juga banyak digunakan dalam AC. Selain mampu memberikan pendinginan yang lebih baik dari R22, R32 juga lebih ramah lingkungan dan memiliki tingkat pemanasan global yang rendah.

Jadi, disarankan untuk memilih AC yang menggunakan refrigeran R32 untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan.

Demikianlah beberapa tips untuk memilih merek AC terbaik berkapasitas 1/2 PK. Semoga bermanfaat (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: