Bakesbangpol Kabupaten Brebes Dorong Pembentukan Rintisan Perusahaan dan Desa Bersinar

Bakesbangpol Kabupaten Brebes Dorong Pembentukan Rintisan Perusahaan dan Desa Bersinar

GENCAR - Penyuluh BNNK Tegal berkolaborasi dengan Baksbangpol Brebes blusukan sekolah menggencarkan kampanye P4GN.-SYAMSUL FALAQ/ RATEG -

BREBES, DISWAYJOGJA - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Brebes, menyatakan mendorong dan mendukung penuh pembentukan rintisan perusahaan dan Desa Bersinar (bersih dari narkoba).

Sebab, luasnya wilayah dan makin masifnya peredaran gelap serta penyalahgunaan narkoba patut diwaspadai. Sehingga, dengan adanya rintisan 5 perusahaan dan 5 Desa Bersinar bisa meminimalisir peredaran narkoba.

BACA JUGA:Sentra Rebana di Desa Kaliwadas Brebes Bisa Jadi Destinasi Wisata

Kepala Bakesbangpol Brebes M Sodiq mengungkapkan, merespon rencana BNN Kota Tegal membangun sinergitas dan kolaborasi lintas sekotral. Khususnya, menggencarkan program diseminasi informasi dan edukasi P4GN terus diperluas.

Targetnya, merangkul semua unsur sektor perusahaan, tenaga kerja dan pemerintah desa. Sehingga, upaya pencegahan dan pemberdayaan masyarakat terkait penyalahgunaan narkoba lebih maksimal.

"Dengan target 2024 ini, kami akan mengoptimalkan rencana pembentukan 5 Perusahaan Bersinar dan 5 Desa Bersinar di Kabupaten Brebes. Sehingga, koordinasi dengan stakeholder terkait sudah mulai dilakukan pascapemilu ini," jelasnya, Rabu, 1 Mei siang.

Program Perusahaan dan Desa Bersinar, lanjut Sodiq, nantinya akan menjadi kepanjangan tangan BNN Kota Tegal. Fokusnya, berpartisipasi aktif menggencarkan edukasi dan sosialisasi P4GN di lingkungan industri perusahaan dan desa bersinar. Termasuk, menggandeng relawan anti narkoba hingga tingkat desa dan perusahaan.

Sementara itu, Kepala BNNK Tegal Nasrudin menambahkan, dalam proses pembentukan 5 perusahaan dan 5 desa bersinar. Diawali dengan koordinasi dan konsolidasi dengan OPD terkait. Termasuk, melakukan pemetaan wilayah yang berpotensi menjadi pilot project.

BACA JUGA:Wisata Terbaru 2024 Pantai Kukup: Daya Tarik, Lokasi, Tiket Masuk dan Fasilitas Lengkap

"Fokus pembentukan Perusahaan Bersinar, mengedukasi bahaya penyalahgunaan narkoba bagi kalangan pekerja dan buruh pabrik. Sedangkan, Desa Bersinar melibatkan peran aktif karang taruna, toga, tomas dalam menggencarkan komitmen Stop Narkoba," imbuhnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: