Sentra Rebana di Desa Kaliwadas Brebes Bisa Jadi Destinasi Wisata

Sentra Rebana di Desa Kaliwadas Brebes Bisa Jadi Destinasi Wisata

MEMPROSES- Perajin memproses bahan kayu sebagai salah satu komponen utama pembuatan rebana di Desa Kaliwadas, Kecamatan Bumiayu.-TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES -

BUMIAYU, DISWAYJOGJA - Eksistensi produk rebana yang dihasilkan oleh ratusan perajin asal Desa Kaliwadas, Kecamatan Bumiayu sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Selain menjadi produk unggulan Kabupaten Brebes disamping sektor pertanian berupa bawang merah, industri rebana Kaliwadas juga turut serta dalam mensukseskan program pemerintah melalui penyerapan tenaga kerja produktif.

Terlebih, Desa Kaliwadas sendiri saat ini telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes, termasuk juga dikukuhkannya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang diberi nama Kampung Terbang (Rebana).

BACA JUGA:Kegigihan Ngatini, Perajin Tas Rajut Yang Pembelinya Sampai Mancanegara

"Dengan adanya Kampung Terbang ini, tentu masyarakat akan semakin banyak pilihan dalam berwisata di Kabupaten Brebes," ungkap Casman SH, selaku Kades Kaliwadas.

Pihaknya berharap dengan dukungan pemerintah terhadap pengembangan pariwisata di kabupaten Brebes khususnya di desa Kaliwadas ini. Harapannya, maka keberadaan Desa Kaliwadas sebagai sentra kerajinan alat musik bernuansa Islami atau terbangan akan semakin dikenal.

"Jika selama ini masyarakat hanya mengenal Desa Kaliwadas sebagai sentra produksi saja, namun diharapkan kedepan mereka mengenalnya lebih dalam lagi," jelasnya.

Lebih jauh dikatakan Kades, atraksi wisata yang ditawarkan kampung terbang Kaliwadas dikemas dalam bentuk pameran produk, selain itu pengunjung juga diajak langsung menyaksikan proses pembuatan rebana atau terbang.

BACA JUGA:Enak dan Murah, Berikut 5 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru 2024 Kuliner Legendaris Temanggung Cobain Langsung

"Pengunjung akan merasakan langsung berada di tengah wilayah produksi rebana ini, bahkan mereka bisa melihat setiap tahap pengerjaannya," kata Casman.

Wisata Kampung Terbang juga akan menjadi bagian dari paket wisata di wilayah selatan Kabupaten Brebes, yakni wisata kampung Purbakala di Galuh Timur dan juga pemandian air panas Cipanas Buaran. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: