Kepala Disnakerin; Iklim Ketenagakerjaan di Kota Tegal Berjalan Baik

Kepala Disnakerin; Iklim Ketenagakerjaan di Kota Tegal Berjalan Baik

SEMANGAT – Peserta Lomba Yel-Yel menunjukkan semangatnya.-K. ANAM SYAHMADANI/RADAR TEGAL -

TEGAL, DISWAYJOGJA - Iklim ketenagakerjaan di Kota Tegal berjalan baik dan kondusif. Apabila ada persoalan antara pekerja dengan perusahaan diselesaikan secara bipartit. Hal itu disampaikan Plt Kepala Disnakerin Kota Tegal Joko Sukur Baharudin usai Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day Tahun 2024, di Komplek GOR Wisanggeni, Rabu, 1 Mei.

jika di tingkat bipartit belum bisa selesai, maka ditindaklanjuti penyelesaiannya secara tripartit dengan melibatkan pemerintah, katanya Joko di sela peringatan Hari Buru Internasional yang mengambil tema Kerja Bersama Wujudkan Pekerja atau Buruh yang Kompeten dengan tagline May Day Is Terampil Day.

BACA JUGA:Pj Bupati Brebes Jadi Saksi Pernikahan Sopir dan Buruh Pabrik di MPP

Menurut Joko, kerja bersama perlu terus dilakukan untuk menjaga iklim ketenagakerjaan yang sudah berjalan baik dan kondusif dan mewujudkan pekerja atau buruh yang kompeten. “Selamat Hari Buruh Internasional 2024. Iklim ketenagakerjaan yang sudah baik mari dipertahankan dan ditingkatkan. Mohon dukungan semua pihak,” ucap Joko.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Hari Buruh Internasional atau 2024 Ade Iman Santoso menyampaikan, acara Peringatan Hari Buruh Internasional diselenggarakan untuk menjalin hubungan baik pekerja atau buruh dari berbagai perusahaan dan menjadi momentum merayakan kebahagiaan, serta menciptakan suasana kondusif iklim ketenagakerjaan di Kota Tegal.

Tujuannya memperkokoh sinergi unsur tripartit dengan menjadikan May Day sebagai sarana memantapkan hubungan industrial yang dinamis, harmonis, dan berkeadilan,” sebut Ade.

Acara Peringatan Hari Buruh Internasional diawali dengan acara Pra May Day yaitu Lomba Futsal yang diikuti sebanyak 28 perusahaan di GOR Tegal Selatan, Sabtu (20/4) dan Rabu (21/4). Kemudian Lomba Tenis Meja Perorangan Putra yang diikuti 40 orang mewakili perusahaan di Lapangan Tenis Indoor Kota Tegal, Minggu (28/5).

Dalam Puncak Acara yang dilangsungkan di GOR Wisanggeni, Rabu (1/5), diadakan Lomba Yel-Yel yang diikuti tujuh perusahaan dan Lomba Senam Kreasi yang diikuti lima perusahaan, dengan menghadirkan juri yang kompeten di bidangnya. Selain itu dilaksanakan donor darah. Tercatat 170 pekerja dari berbagai perusahaan turut mendonorkan darahnya.

Lomba Futsal menghasilkan Juara I Bank Mandiri, Juara II Rita Pasaraya, Juara III Bersama PT Dongcai Garmen dan PT KAI Balai Yasa. Lomba Tenis Meja Juara I Ripranowo dari PLN Cabang Tegal, Juara II Ahmad dari CV Prima Logam, Juara III Bersama Nur Sidik dari CV Prima Logam dan Gilang dari PT Menara Laut Bersatu.

Lomba Yel-Yel Juara I Perumda Air Minum Tirta Bahari, Juara II Politeknik Harapan Bersama, Juara III Permodalan Nasional Madani Cabang Tegal, Juara Harapan BMT BUM. Lomba Senam Kreasi Juara I Perumda Air Minum Tirta Bahari, Juara II Politeknik Harapan Bersama, Juara III PT Dongcai, dan Juara Harapan Permodalan Nasional Madani Cabang Tegal.

Dalam acara ini juga dilakukan Pengukuhan Relawan Pencegahan Pemberatasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dari unsur perusahaan. Pengukuhan Relawan P4GN ditandai dengan pembacaan ikrar perwakilan relawan dan penandatanganan oleh Pj Wali Kota, Plt Kepala Disnakerin, dan Kepala BNN Kota Tegal.

BACA JUGA:UMK 2023 Naik atau Tidak? Serikat Buruh di Kulon Progo Usulkan Segini

Selain itu, diserahkan Santunan JKM dari Badan Penyelenggara Jamsostek kepada kepada Syahrudin ahli waris Sekretaris RW Kelurahan Debong Kidul Suci Purnamiati senilai Rp42 juta dan Santunan JKM, JHT, dan JP diserahkan kepada Wahidin yang merupakan ahli waris karyawan PT Tegal Wangi Tea Company Warkonah senilai Rp57.411.890.

Acara juga dimeriahkan pembagian doorprize berupa sepeda listrik, sepeda gunung, mesin cuci, televisi lemari es, dispenser, kompor dua tungku, blender, rice cooker, kipas angin, setrika, tabung gas, produk perusahaan, dan sembako. Doorprize utama dua unit sepeda listrik dimenangkan Niko Herlambang dari PT Pratama Abadi Santoso dan Alfa Rizki dari PT Garuda Mas Transindo. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: