Simak Tips Sebelum Membeli Merk AC Terbaik, Dijamin Bakal Awet Cek Info Lengkapnya

Simak Tips Sebelum Membeli Merk AC Terbaik, Dijamin Bakal Awet Cek Info Lengkapnya

Merk AC terbaik--Pixabay

DISWAY JOGJA - Suka bingung merk AC terbaik kaya apa? Maunya yang bener-bener bisa dipake dalam jangka waktu lama.

Kalau begitu, kamu perlu menerapkan hal-hal dalam memilih merk AC terbaik ketika akan membeli. Jangan khawatir, sekarang banyak sekali merk AC yang tersedia di toko elektronik.

Tidak harus mahal ketika ingin memiliki merk AC terbaik, karena pengguna bisa memilah-milah mana yang pantas dan awet dibeli.

Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli merk AC terbaik. Pastikan teliti dan cermat ya. Apa saja? Yuk simak 5 hal yang harus dilakukan sebelum membeli AC berikut ini.

BACA JUGA : Bingung Mau Pilih Merk AC Terbaik yang Mana, Yuk Ikuti Tips Dibawah ini, Biar Gak Salah Beli

1. Cermati fitur-fiturnya
Hal ini penting dilakukan ketika kamu pertama kali membeli AC. Dengan mengecek fitur, kamu bisa melihat AC mana yang menurutmu tepat untuk dibeli. Beberapa fitur yang bisa dicek mulai dari pengaturan suhu, filter udara, pengaturan kelembaban.
Selain itu, bisa juga mengecek beberapa fitur tambahan lainnya yang terdapat di AC. Seperti auto untuk mode otomatis, ada cool dan hot yang bisa membuat ruangan menjadi hangat dan panas bisa keluar dari ruangan.

2. Cek kebutuhan daya listrik
Hal kedua yang perlu kamu cermati adalah kebutuhan daya listrik. Hal ini penting dilakukan karena mengingat jika di rumah memiliki kebutuhan daya listrik yang berbeda-beda.
Biasanya untuk AC 1 PK menggunakan daya rata-rata 700 hingga 800 watt. Sedangkan untuk AC inverter membutuhkan daya sekitar 900 watt.
Beberapa AC juga sudah memiliki klaim hemat energi, kamu hanya perlu tanyakan kepada customer service jika ingin lebih detail mengenai daya listrik yang dibutuhkan.

BACA JUGA : Jangan Salah Pilih, Simak 6 Rekomendasi Merk AC Terbaik Hemat Listrik Dengan Fitur Bagus, Cek Disini

3. Cermati ukuran PK dengan luas ruangan
PK atau Paardekracht merupakan besaran tenaga yang dihasilkan tiap AC. Nah kamu perlu mencermati hal ini, karena penting dilakukan. Tidak mau bukan jika kurang dingin atau terlalu dingin dengan penyebaran tidak merata?
Untuk ukuran PK sendiri mulai dari ½ PK hingga 2 PK. Kamu bisa sesuaikan PK ini dengan luas ruangan yang akan kamu beri AC.

4. Carilah merk AC terbaik sesuai jenis ruangan dan AC yang mudah dirawat

Indonesia sendiri memiliki iklim tropis, hal ini tak jarang membuat ruangan terasa lembab. Penggunaan AC yang kurang bersih biasanya menimbulkan jamur dan mengurangi kenyamanan. Nah, kamu wajib memilih jenis AC yang tidak menimbulkan jamur. Pilihlah AC yang tidak meninggalkan kelembaban selama digunakan dan mudah dirawat.

Biasanya AC memiliki beberapa kerangka yang mudah dilepas untuk dibersihkan, selalu cek saluran drainase apakah lancar atau tidak. Bersihkan panel depan dari debu-debu dan pastikan pada saat membersihkan AC, ikuti aturan yang sudah tertulis di kertas petunjuk.

5. Pilih merk terkenal
Yang terakhir adalah pilih merk terkenal. Jika sudah terkenal di pasaran, biasanya memiliki kualitas bagus. Hal ini berlaku untuk kamu yang tidak ingin ribet memilih AC, pilih saja merk terpercaya dan terkenal. Atau bisa kamu tanyakan kepada customer service tentang mana merk AC terbaik untuk informasi lebih lanjut.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi AC Inverter Terbaik Menjadikan Rumah Lebih Sejuk Maksimal, Simak Ulasan Lengkap Berikut ini

Itu dia 5 cara memilih merk AC terbaik. Jangan sungkan untuk memilah-milah mana AC yang akan kamu beli. Karena penggunaan AC menyangkut penggunanya akan nyaman atau tidak. Jangan takut dan malu menanyakan sesuatu kepada customer service, apalagi demi kenyamanan dan keamanan pribadi. Selagi ada yang murah dan awet kenapa harus yang mahal? Sekian, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: