Desa Wisata Terbaru 2024? Simak Berbagai Potensi Sejumlah Desa Kalimantan Timur Pesonanya Indonesia Banget

Desa Wisata Terbaru 2024? Simak Berbagai Potensi Sejumlah Desa Kalimantan Timur Pesonanya Indonesia Banget

Desa Wisata Sekitar IKN--Radar Bangkalan

DISWAY JOGJA - Indonesia merupakan negara kaya akan keberagamannya, salah satu yang sedang difokuskan yaitu mengenai pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), salah satu wilayah yang dekat dengannya adalah Kalimantan Timur yang memiliki potensi desa wisata terbaru 2024 di dalamnya.

Hal ini tentunya tidak lepas atas perhatian dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) yang akan terus memberikan dukungan dan juga pengembangan terhadap potensi-potensi desa wisata terbaru 2024 di Indonesia. Salah satunya desa wisata di Kalimantan Timur.

Kesediaan desa wisata terbaru 2024 yang ada di Kalimantan Timur juga sangat komplit, baik dari segi alam yang melimpah, budaya, bahkan ekonomi kreatif yang memiliki nilai jual yang berdaya saing.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Glamping Jogja, Fasilitasnya Lengkap dan Pemandangan Memukau Cek Ulasannya Disini

Lebih menariknya lagi, desa wisata terbaru 2024 di Kalimantan Timur yang masuk dalam koneksi Jaringan Desa Wisata (Jadesta), yang mana memilki potensi besar masuk dalam jajaran Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024, Berikut daftar lengkapnya:

Desa Wisata Bangun Mulya

Desa wisata Bangun Mulya terletak di Kabupaten Penajam Paser utara, tempat ini berjarak sekitar 62 km dari Ibu Kota Nusantara (IKN).

Desa wisata ini memiliki beberapa daya tarik, diantaranya ada atraksi budaya dan kesenian yang merupakan warisan turun temurun biasa dilakukan di desa ini.

Selain itu ada juga festival besar yang berupa Buen Festival (festival kebaikan) yang merupakan festival seni budaya yang diadakan setiap tahun dan terbesar di Desa Bangun Mulya.

Desa Wisata Pela

Desa wisata masih ada di Kabupaten Kartanegara, Kalimantan Timur, Desa Wisata ini masuk ke dalam salah satu desa wisata unggulan yang menarik.

Untuk lokasinya berada sekitar 98 km dari Tugu Titik Nol Kilometer. Yang menjadi daya tarik di desa wisata ini adalah karena perairan yang merupakan konservasi dengan tujuan agar dapat menjaga keberlangsungan serta kelesetarian Pesut Mahakam, serta termasuk ke dalam jenis hewan yang dilindungi.

BACA JUGA : Rasakan Dinginnya Banyumas di Pagubugan Melung, Wisata Terbaru 2024 yang Bikin Kamu Betah Gak Mau Pulang

Diantara hal menarik lainnya adalah dapat dilihat dari Tarian Jepen yang merupakan tarian yang menceritakan seorang nelayan yang mencari ikan di danau dengan penuh suka cita. Selain itu ada juga seni bela diri Kuntau yang merupakan warisan budaya lokal yang terus dilestarikan.

Desa Wisata Waru Tua

Desa wisata selanjutnya adalah Desa Wisata Waru yang merupakan sebuah desa yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Desa wisata ini berjarak sekitar 60 km dari Ibu Kota Nusantara, desa ini memiliki suasana yang masih asri dan juga memiliki potensi alam yang menakjubkan.

Diantara aktivitas yang bisa sobat lakukan jika berkunjung ke desa wisata ini adalah susur sungai, sobat bisa menyewa perahu tradisional untuk dapat menyusuri keliling sungai dengan nuansa pohon rindang yang ada di sekitarnya.

Selain itu jika sobat beruntung, maka dapat menjumpai monyet ekor panjang yang hidup liar dan biasa beraktivitas pada sore hari.

Desa Wisata Mentawir

Desa Mentawir menjadi salah satu desa di Kalimantan Timur yang memilki potensi besar, terutama pada alamnya.

Desa ini terkenal akan keindahan pemandangan hutan tropis dan juga hutan mangrove yang indah. Hal lain juga ditambah dengan adanya aliran sungai Mentawir yang biasa dijadikan lokasi sport tourism arum Jeram yang dapat menguji mental.

BACA JUGA : Liburan Sambil Berkuliner, Wisata Terbaru 2024 Floating Market Bandung Bikin Pengunjung Betah Cek Disini

Selain itu, desa wisata ini juga memiliki budaya yang masih terjaga dengan baik, diantaranya ada Tari Ronggeng.

Desa ini juga memiliki ekonomi kreatif yang menarik dan bernilai jual, diantaranya ada sirup mangrove, dan juga berbagai kerjinan tangan dari bambu. Sedangkan untuk lokasi desa wisata ini berjarak sekitar 43 km dari Ibu Kota Nusantara.

Bagaiamana sobat, tertarik untuk mengunjungi potensi yang ada di desa wisata Kalimantan Timur?, itulah beberapa rekomendasi desa wisata terbaru 2024 Kalimantan Timur yang dirangkum dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, semoga dapat menambah referensi dan selamat mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: