5 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi Di Blora Jawa Tengah, Simak Alamat Lengkapnya Disini

5 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi Di Blora Jawa Tengah, Simak Alamat Lengkapnya Disini

Makam Jati Kusumo Dan Jati Suwara-instagram @ariefrohman838-

DISWAY JOGJA - Di Kabupaten Blora terdapat beragam wisata terbaru 2024, salah satunya wisata religi di Blora Jawa Tengah yang dapat dikunjungi.

Dengan berkunjung ke wisata terbaru 2024 religi di Blora Jawa Tengah, kamu bisa sekaligus belajar tentang sejarah ataupun asal dari budaya daerah.

Beberapa wisata terbaru 2024 religi di Blora Jawa Tengah, biasanya pengunjung menjadikan tempat wisata ini untuk mendapatkan keberkahan, salah satu contohnya makam.

Setiap wisata terbaru 2024 religi di Blora Jawa Tengah memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sehingga, banyak pengunjung dari berbagai daerah yang ramai berkunjung ke sini.

Berikut 5 rekomendasi wisata terpopuler bernuansa religi di Blora Jawa Tengah :

1. Goa Maria Sendangharjo

Goa Maria Sendangharjo merupakan tempat wisata religi umat Katholik. Tempat wisata terpopuler favorit religi di Blora ini memiliki nilai sejarah berkaitan dengan penyebaran Agama Katholik. Di kawasan goa ini terdapat patung Bunda Maria. Goa ini sering dijadikan tempat untuk ibadah umat Katholik, dan juga dijadikan sebagai tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah dan suasana yang sejuk.

Pepohonan yang tumbuh di sekitar goa ini membuat suasana lebih asri dan adem. Kamu bisa bersantai bersama keluarga sambil menikmati indahnya suasana pegunungan serta area taman, yang bisa kamu gunakan juga untuk spot foto. Fasilitas yang disediakan sangat nyaman dan bersih, seperti area parkir, gazebo, dan toilet.

Alamat : Desa Sendangarjo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

2. Petilasan Kadipaten Jipang

Wisata alam bernuansa religi di Blora ini merupakan peninggalan sejarah dan adat budaya. Petilasan ini merupakan Makam Gedong Ageng. Dulunya, Kadipaten Jipang merupakan bandar perdagangan dengan memanfaatkan sungai Bengawan Solo di bawah pemerintahan Arya Penangsang dengan kudanya yang sakti bernama Gagak Rimang. Petilasan kadipaten Jipang banyak dikunjungi masyarakat untuk berziarah atau untuk tujuan tertentu. Biasanya kawasan Petilasan ini ramai dikunjungi pada hari kamis.

Di sini terdapat beberapa makam raja-raja kala itu. Di sebelah utara makam Gedong Ageng terdapat sembilan makam santri dari kerajaan Pajang. Setiap pengunjung wajib menjaga sopan santun dan tidak melanggar beberapa pantangan saat memasuki wilayah makam. Menurut juru kunci di petilasan Kadipaten Jipang Tarno mengatakan, pengunjung diwajibkan mengucap salam terlebih dahulu saat akan memasuki makam, dan pengunjung dilarang membawa benda apapun yang ada di lingkungan makam, termasuk tanah kuburan. Jika pantangan tersebut dilanggar, biasanya kejadian tidak baik menimpa orang yang melanggar.

Alamat : Desa Jipang, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

BACA JUGA : 8 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Bernuansa Alam Blora Jawa Tengah, Simak Alamat Dan HTMnya Disini

3. Makam KH Abdul Kohar

KH Abdul Kohar merupakan sosok yang dianggap sebagai Waliyullah, keturunan dari Kasultanan Demak, yaitu Raden Trenggono. Semasa hidupnya, beliau selalu mengembara untuk memperdalam ilmu agama Islam. Namun, setelah bertemu dengan Kyai Noor Feqieh disarankan untuk menetap di Desa Ngampel. Di Desa Ngampel, beliau mulai membabat hutan, mendirikan pesantren, dan mendirikan masjid. Makam belau terletak di belakang Masjid Baiturrahim Ngampel. Suasana ketika berziarah ke makam KH Abdul Kohar sangat adem dan memberikan ketenangan.

Alamat : Desa Ngampel, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

4. Makam Sunan Pojok

Sunan Pojok merupakan seorang perwira kerajaan Mataram yang berhasil memadamkan kerusuhan di Tuban. Makam Sunan Pojok berada di sebelah selatan Alun-Alun Kota Blora. Makam tersebut sampai sekarang masih dipelihara dengan baik oleh warga setempat dan dihormati oleh masyarakat.  Makam ini sering dikunjungi oleh masyarakat dalam kota maupun luar kota, terutama saat malam Jumat Pon, dan pada Bulan Suro diadakan Haul yang dihadiri oleh peziarah dari berbagai wilayah di Blora.

Alamat : Desa Kauman, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

5. Makam Jati Kusumo Dan Jati Suwara

Wisata religi berwujud makam di Blora ini, pengunjung dapat melakukan ziarah sekaligus mengenal budaya di sana. Eyang Jati Kusumo dan Jati Suwara merupakan kedua tokoh yang sangat dihormati oleh masyarakat Blora, dan disebut-sebut kedua tokoh ini merupakan putra dari Sultan pajang. Pemandangan alam di makam ini juga sangat cantik, dari hutan jati dan bukit pasujudan.

Alamat : Desa Janjang, Kec. Jiken, Kab. Blora, Jawa Tengah.

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 religi di Blora Jawa Tengah. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: