8 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Bernuansa Alam Blora Jawa Tengah, Simak Alamat Dan HTMnya Disini

8 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Bernuansa Alam Blora Jawa Tengah, Simak Alamat Dan HTMnya Disini

Goa Terawang-instagram @setiyokoagus-

DISWAY JOGJA - Blora merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah. Blora memiliki banyak tempat wisata terbaru 2024 yang menarik untuk dikunjungi saat liburan tiba.

Keindahan alam dan keunikan yang disuguhkan, membuat kabupaten ini menyimpan banyak potensi wisata terbaru 2024 bernuansa alam di Blora.

Berbagai wisata terbaru 2024 bernuansa alam di Blora memiliki pesonanya tersendiri. Sehingga banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan wisata paling populer bernuansa alam di Blora ini.

Dengan keindahan alam gunungnya, airnya, bahkan terdapat goa yang terkenal. Masing-masing wisata terbaru 2024 bernuansa alam di Blora ini memiliki daya tariknya, hal ini untuk mengundang wisatawan dari berbagai daerah untung berkunjung.

Berikut 8 rekomendasi wisata paling populer bernuansa alam di Blora Jawa Tengah :

1. Goa Terawang

Goa ini merupakan wisata bernuansa alam berwujud lorong bawah tanah di Blora yang memiliki nilai sejarah tinggi dan misteri. Situs Blora ini terletak di tengah hutan jati yang dikelola oleh Perhutani. Terdapat keindahan stalaktit dan stalagmit yang unik menggantung dari langit-langit dan lantai goa menciptakan pemandangan yang luar biasa.

Di area goa ini, kamu bisa menjelajah lima goa berukuran kecil dan satu mata air yang menyegarkan. Kamu juga bisa memanfaatkan airnya untuk bermain. Wisata dengan pesona estetik ini juga sudah dilengkapi beberapa wahana permainan anak yang menarik.

Alamat : Desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

HTM : Rp7.000

2. Kracakan Ngloram

Kracakan Ngloram atau biasa disebut Kracakan Watu Gong merupakan sebuah kawasan yang didominasi dengan bebatuan cadas yang unik di sekitar Sungai Bengawan Solo yang menyerupai air terjun Niagara. Wisata paling trending bernuansa alam di Blora ini terletak di tengah kebun dan hutan yang rimbun. Ada juga spot air terjun yang tidak terlalu tinggi, namun pemandangannya sangat mempesona. Aliran airnya jernih dan tidak terlalu deras sehingga kamu bisa bermain air ataupun berenang di sini. Pemandangan alamnya hijau alami, sejuk dan menyegarkan.

Alamat : Desa Ngloran, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

HTM : GRATIS

3. Sungai Kalinanas

Wisata favorit terpopuler bernuansa alam di Blora ini menyuguhkan pemandangan menakjubkan berupa dinding yang terpahat secara alami membentuk ukiran. Biasanya dinding ini dijadikan spot foto favorit bagi para pengunjung. Ada juga jembatan kuno peninggalan kolonial Belanda yang dikenal dengan sebutan Jembatan Merah.

Alamat : Desa Kalinanas, Kec. Japah, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

HTM : GRATIS

BACA JUGA : 8 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Pamekasan Jawa Timur? Simak Alamat dan HTMnya Disini

4. Waduk Greneng

Waduk ini memiliki keindahan alam yang hijau dan tenang. Terdapat berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, seperti memancing, berperahu, atau sekedar menikmati pemandangan sekitar waduk. Pemandangan sekitar berupa pepohonan jati yang masih asri dan sejuk. Tempat ini cocok dijadikan sebagai destinasi tempat pikinik bersama keluarga. Waduk ini juga menjadi habitat berbagai jenis ikan dan satwa air lainnya, serta menjadi sumber daya air yang penting bagi kebutuhan masyarakat sekitar.

Alamat : Dukuh Greneng, Desa Tunjungan, Kec.Tunjungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

HTM : Rp5.000

5. Monumen Hutan Jati Alam

Hutan jati atau biasa disebut dengan Gubug payung ini dikelola oleh perhutani KPH cepu. Monumen ini menjadi simbol penting dari warisan alam dan budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Blora. Di monumen ini terdapat pohon jati yang berumur ratusan tahun dengan ukuran lebih dari 80 cm.

Keindahan monumen ini terletak pada pemandangan alam, nilai sejarah, dan ekologisnya. Di sini, pengunjung dapat belajartentang peran penting hutan jati dalam sejarah dan ekonomi Blora, serta cara pelestarian yang dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan jati dan lingkungan sekitarnya.

Alamat : Blungun, Jepon, Area Perkebunan, Temengeng, Kec. Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

HTM : Rp10.000

6. Goa Sentono

Goa Sentono merupakan merupakan tempat wisata alam yang dipadukan dengan kisah sejarah, dan menjadi salah satu cagar budaya. Pada zaman dahulu, goa ini dijadikan tempat semedi umat hindu. Keunikan dan keindahan goa berupa batuan alami yang indah berpadu dengan hijaunya area pesawahan menciptakan nilai eksotis dengan suasana yang asri dan sejuk.

Alamat : Nglaren, Desa Mandenrejo, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

HTM : Rp5.000

7. Waduk Tempuran

Waduk Tempuran merupakan salah-satu bendungan bersejarah yang ada di Blora, karena tempat ini dibangun saat Belanda masih menjajah Indonesia. Waduk ini digunakan sebagai sarana irigasi sekaligus sebagai tempat wisata yang indah. Waduk ini juga digunakan sebagai budidaya ikan keramba, sehingga cocok dimanfaatkan untuk pengunjung yang suka memancing. Suasana sekitar waduk berupa air jernih dan tenang, dikelilingi pepohonan rimbun dan udara yang sejuk. Beberapa wahana yang ada di sini seperti water boom dan naik perahu untuk mengelilingi waduk.

Alamat : Desa Tempuran, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

HTM : Rp10.000 – Rp15.000

BACA JUGA : 4 Tempat Wisata Terbaru 2024 Pantai Terindah di Pamekasan, Simak Alamat Dan HTMnya Disini

8. Air Terjun Kedung Mansur

Air terjun ini terletak di tengah-tengah hutan, sehingga membuat suasananya sangat alami dan sejuk. Keindahan air terjun ini dapat memanjakan mata kamu dan membuat kamu betah berlama-lama di sini. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter, air yang jernih berwarna kehijauan. Untuk sampai di air terjun ini, kamu harus berjalan kaki menyusuri hutan sekitar 1 jam.

Alamat : Desa Jatisari, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

HTM : Rp5.000

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 bernuansa alam di Blora Jawa Tengah. Semoga bermanfaat menjadi referensi liburan anda dan selamat berlibur! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: