Nikmati Pesona Goa Pindul Yogyakarta? Wisata Terbaru 2024 Suguhkan Cahaya Surga, Cek Lokasi dan HTM-nya Disini

Nikmati Pesona Goa Pindul Yogyakarta? Wisata Terbaru 2024 Suguhkan Cahaya Surga, Cek Lokasi dan HTM-nya Disini

Daya Tarik Wisata terbaru 2024 Goa Pindul Yogyakarta--Google.com

3. Keindahan Alam dan Pemandangannya

Daya tarik selanjutnya dari destinasi wisata ini adalah keindahan alam dan panorama yang memukau. Gua ini memiliki dimensi sekitar 350 meter panjangnya, 5 meter lebarnya, dan 4 meter tingginya.

Di dalam gua ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan berbagai ornamen alam yang menakjubkan, seperti stalaktit, stalagmit, batu kristal, dan moonmilk. Terdapat juga salah satu stalaktit terbesar keempat di dunia yang berada di ruang utama gua ini.

4. Fenomena Cahaya Surga

Daya tarik tambahan dari tempat wisata ini adalah fenomena yang dikenal sebagai "cahaya surga" yang terjadi di ruang kedua gua.

Pada saat tertentu, sekitar pukul 09.00 atau 10.00 WIB, ada lubang di atap gua yang memancarkan sinar matahari ke dalam gua. Pengunjung berkesempatan melihat sinar matahari yang menembus air sungai, menciptakan efek visual yang menakjubkan seperti cahaya surga.

BACA JUGA : Serunya Camping di Tempat Wisata Terbaru 2024 Pantai Jepara? Simak HTM dan Lokasinya Disini

Lokasi dan Rute Menuju Goa Pindul Jogja

Goa Pindul Jogja terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya sekitar 60 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, atau sekitar satu jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Untuk mencapai objek wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Yogyakarta, Anda dapat menuju ke arah jalan Wonosari. Ikuti jalan besar hingga melewati Hutan Tleseh atau Taman Hutan Rakyat.

Setelah melewati hutan tersebut, Anda akan menemui pertigaan Gading. Ambil jalan yang menuju ke arah jalan Wonosari. Setelah sampai di tugu batas kota, Anda akan melihat bundaran Sinoyo. Anda dapat bertanya kepada warga sekitar untuk petunjuk menuju Gua Pindul.

Jarak antara pusat kota Yogyakarta dan Gua Pindul adalah sekitar 41,8 kilometer, dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 1 jam 21 menit.

Jam Operasional dan Harga Tiket Goa Pindul Jogja

Goa Pindul beroperasi setiap hari dari pukul 07.00 hingga 19.00 WIB. Tarif masuk ke Goa Pindul adalah Rp 10.000 per orang untuk retribusi desa. Selain itu, wisatawan juga perlu membayar biaya cave tubing sebesar Rp 40.000 per orang untuk dewasa dan Rp 20.000 per orang untuk anak-anak usia 1-5 tahun.

Biaya tersebut sudah mencakup berbagai fasilitas seperti ban pelampung, pelampung dada, helm, sepatu boot, asuransi, pemandu wisata, serta snack dan minuman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: