Rekomendasi 5 Tempat Wisata Terbaru 2024 Religi di Lampung, Kuatkan Toleransi Antarumat Beragama

Rekomendasi 5 Tempat Wisata Terbaru 2024 Religi di Lampung, Kuatkan Toleransi Antarumat Beragama

Wisata terbaru 2024 religi di Lampung--

DISWAY JOGJA – Dulunya wisata terbaru 2024 religi identik dengan budaya muslim ketika mengunjungi masjid besar atau makam tokoh-tokoh agama Islam. Namun sekarang istilah ini lebih general dan banyak digunakan oleh banyak orang.

Selain beribadah dan mendekatkan diri pada Sang Pencipta, wisata terbaru 2024 religi juga bertujuan untuk refleksi diri dan sarana edukasi untuk mengetahui informasi tempat tersebut. Bahkan antar umat beragama juga bisa mengujungi tempat ibadah agama lainnya yang bertujuan untuk edukasi dan meningkatkan tolerasi antar beragama.

Di Lampung sendiri, banyak tempat-tempat wisata terbaru 2024 religi yang bisa dikunjungi oleh masyarakat. Berikut ini ada 5 rekomendasi wisata religi yang bisa kamu kunjungi saat berada di Lampung.

BACA JUGA : 5 Wisata Unik dan Bagus yang Ada di Lampung, Kalian Harus Tahu

1. Islamic Center Tulang Bawang Barat

Salah satu tempat wisata terbaru 2024 religi yang wajib dikunjungi saat berada di Lampung adalah Islamic Center Tulang Bawang Barat. Tak hanya besar dan megah, masjid ini memiliki arsitertur unik serta memiliki lahan hijau luas dan danau.

Keunikan masjid ini adalah tidak memiliki kubah atau menara masjid, agak berbeda dengan kebanyakan masjid. Penampakan masjid berbentuk vertikal atau tinggi ke atas, melambangkan “Habluminallah” atau hubungan manusia dengan Tuhannya yakni Allah.

Pembangunan masjid ini juga sebagai wisata budaya karena di sana terdapat Sesat Agung sebagai balai adat dengan langit-langit bertulis aksara Lampung. Nah, berkebalikan dengan bangunan masjid, Sesat Agung ini dibangun secara horizontal atau memanjang. Ini melambangkan “Hablumminannas” yakni hubungan antar manusia.

Wisata masjid ini terbuka untuk umum, kamu bisa berkunjung ke sini kapan saja. Lokasinya tak terlalu jauh dari pusat kota yakni di Jalan Raya Panaragan Jaya – Pulung Kencana, Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Tulang Bawang Barat.

2. Masjid Jami’ Al Anwar

Masjid Jami’ Al Anwar merupakan salah satu masjid tertua di Provinsi Lampung. Masjid ini ada sejak 1839 sehingga menjadi kawasan wisata religi paling terkenal di Lampung.

Tak hanya bangunannya, masjid ini rupanya juga menyimpan sejarah dari kitab-kitab kuno berusia ratusan tahun. Di masjid ini, kamu juga bisa melihat Alquran tua berukuran besar berusia lebih dari satu abad. Bahkan pemberi, penerima dan kapan pastinya Alquran tersebut muncul tak pernah ada yang tahu.

Kitab kuno lainnya antara lain kitab dengan berbagai bahasa seperti Bahasa Belanda, kitab dengan aksara jawa, dan arab gundul. Rata-rata kitab itu berseri dalam beberapa jilid dan membahas banyak hal seperti antropologi, biologi, demografi, dan ilmu pengetahuan lainnya.

BACA JUGA : 5 Tempat Wisata Terbaru 2024 Paling Hits di Lampung, Saking Instagramablenya Kayak di Lukisan!

3. Gereja Katedral Kristus Raja

Tempat wisata di Lampung yang menjadi salah satu saksi bisu peradaban serta sejarah penyebaran agama Katolik adalah Gereja Katedral Kristus Raja.

Gereja ini diresmikan pada Desember 1928, gereja ini didirikan pastor berkebangsaan Belanda bernama H.J.D. van Oort dari Kongegrasi SCJ (Sacro Corde Jesu, Serikat Hati Kudus Yesus).

Lokasi wisata gereja ini cukup strategis yakni berada di dekat Tuju Juang dan Stasiun Kereta Api Tanjung Karang atau di Jalan Kota Raja Nomor 14, Gunung Sari, Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Kota Bandar Lampung.

4. Pura Kerthi Buana

Jika ditanya tempat peribadatan umat Hindu paling besar di Lampung, Pura Kerthi Buana adalah salah satunya. Untuk arsitektur pura tentu tak perlu ditanya, khas dengan bangunan candi, bale kulkul dan nuansa Balinya.

Pura berusia sekitar 50 tahun ini juga memiliki luas tak main-main yakni 5.000 meter persegi. Tak heran karena umat Hindu (dari Bali) di Lampung memang cukup banyak karena program transmigrasi Jawa Bali ke Lampung pada 1905

Lokasi wisata terbaru 2024 pura ini cukup mencolok dan menarik mata yakni berada di atas bukit dengan ketinggian 120 meter di Dusun Way Lunik, Kecamatan Panjang. Tak hanya mudah terlihat mata, akses menuju lokasinya juga tidak sulit karena lokasinya tepat di pinggir jalan besar di Jalan Bypass Soekarno Hatta.

BACA JUGA : 5 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Lampung Terpopuler? Nomor 3 Paling Favorit, View Eksotisnya Bikin Nagih!

5. Vihara Thay Hin Bio

Menjadi tempat ibadah umat Buddha pertama di Lampung, Vihara Thay Hin Bio pertama kali didirikan pada 1850 dan saat itu masih berbentuk cetiya (tempat peringatan umat Buddha).

Semakin bertambah tahun, cetiya ini akhirnya dibangun dan menjadi bangunan vihara besar dan menjadi tempat paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Tionghoa di Lampung.

Bangunan Vihara Thay Hin Bio memiliki ciri khas warna merah terang dan memiliki banyak ornamen khas Tionghoa baik di dalam bangunan maupun luarnya. Pada hari besar umat Buddha vihara ini makin cantik dengan dekorasi baru. Meski telah berusia ratusan tahun, bangunan vihara ini tetap kokoh dan terlihat baru.

Lokasi vihara ini cukup strategis, dekat dengan pasar ikan Gudang Lelang, Chandra Supertore, wisata kuliner nusantara, hingga oleh-oleh. Tempat wisata terbaru 2024 Vihara Thay Hin Bio terletak di Jalan Ikan Kakap, Pesawahan, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung dan beroperasi mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 yang bernuansa religi di Lampung. Ada lokasi ingin kamu kunjungi? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: