7 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Sejarah di Jember, Rekomendasi Pas Liburan Lebaran Bersama Keluarga

7 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Sejarah di Jember, Rekomendasi Pas Liburan Lebaran Bersama Keluarga

Wisata Sejarah di Jember--

DISWAY JOGJA – Sebagai kabupaten yang terkenal dengan wisata pantai dan alamnya, siapa sangka Jember juga memiliki banyak tempat wisata terbaru 2024 yang mengandung sejarah.

Wisata sejarah di Kabupaten Jember terdiri atas situs-situs peninggalan zaman batu, reruntuhan candi, benteng, hingga prasasti. Wisata sejarah ini bisa dijadikan tempat wisata terbaru 2024 rekreasi sekaligus menyaksikan langsung peninggalan sejarah di masa lalu.

Berikut beberapa tempat wisata terbaru 2024 sejarah yang ada di Jember.

BACA JUGA : Simak! Daftar 7 Wisata Terbaru 2024 Alam di Jember Paling Hits dan Instagramable Populer, Cocok Buat Liburanmu

1. Situs Duplang

Wisata terbaru 2024 Situs Duplang berlokasi di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, lebih tepatnya berada di lereng Gunung Argapura, Jember. Tempat wisata terbaru 2024 yang berada di lahan berukuran sekitar 10x10 meter ini sudah ada sejak abad ke 10 Masehi.

Tempat wisata sejarah ini terdiri dari menhir, watu kenong dan dolmen. Situs Duplang kerap didatangi oleh para pemerhati sejarah yang berasal dari berbagai daerah.

Di sekitar lokasi Situs Duplang, banyak pepohonan yang rindang dan sangat sejuk. Tempat ini selalu dijaga kebersihannya oleh masyarakat dan wisatawan yang berkunjung.

2. Situs Calok

Peninggalan sejarah di zaman megalitikum lainnya ada Situs Calok yang terletak Dusun Calok, Arjasa, Jember. Tempat wisata terbaru 2024 situs ini berupa menhir, dolmen, batu kenong, batu dakon dan batu peninggalan lainnya.

Pada zaman dahulu, tempat wisata terbaru 2024 Situs Calok ini merupakan tempat untuk berdoa serta sebagai pasraman atau tempat berkumpulnya para Resi. Kebersihan Situs Calok ini selalu dijaga oleh masyarakat setempat, sehingga pengunjung akan merasakan suasana yang asri dan sejuk saat datang berkunjung.

3. Situs Seputih Sarkofagus

Wisata terbaru 2024 selanjutnya adalah Situs Seputih Sarkofagus yang diperkirakan sudah ada sejak zaman megalitikum. Situs ini berada di Tetelan, Seputih, Kecamatan Mayang, Jember. Lokasinya yang berada di tengah pepohonan kayu sengon menambah kesejukan para pengunjung yang datang.

Sarjofagus merupakan batu yang digunakan sebagai tempat peti mati. Batu yang digunakan untuk peti mati tersebut berdiameter sekitar 100 cm dengan tinggi sekitar 60 cm. Tempat wisata terpopuler ini selalu dijaga kebersihannya dan memiliki pemandangan yang indah dan Instagramable.

BACA JUGA : Sederet 5 Wisata Terbaru 2024 Pantai di Jember Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran Bersama Keluarga

4. Candi Deres

Candi Deres merupakan salah satu situs bersejarah yang berlokasi di Dusun Krajan, Desa Purwoasri, Gumukmas, Jember. Candi yang kondisinya sudah tidak utuh lagi itu dibangun oleh Prabu Hayam Wuruk di abad ke 14.

Kini, Candi Deres tinggal menyisakan struktur batur yang sebagiannya sudah di cengkerami akar pohon beringin. Bangunan Candi Deres terdiri dari tumpukan batu kuno yang ditemukan pada tahun 1980-an.

Untuk dapat mengunjungi wisata favorit ini, harus melewati area persawahan dan pemukiman terlebih dahulu. Meski tinggal reruntuhan namun berkunjung ke Candi Deres dapat menambah wawasan tentang sejarah di Jember.

5. Museum Tembakau

Jika kamu sedang berlibur ke Jember, kurang afdol kalau tidak mampir ke Museum Tembakau. Wisata kekinian 2024 ini terletak di Jalan Kalimantan Nomor 1, Krajan Timur, Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Museum Tembakau Jember bersebelahan dengan kantor Pengadilan Negeri Jember, dan berjarak sekitar 500 meter dari Universitas Jember. Wisata paling hits ini memamerkan beragam jenis tembakau dan peralatan pembuatan serta hasil diversifikasi produk tembakau.

Jika kamu berkunjung ke museum ini, maka harus membayar Rp 10.000. Ketika memasuki museum ini, kamu akan menjumpai hiasan ornamen tembakau dan fasilitas penunjang lainnya.

Museum Huruf

Wisata kekinian sejarah selanjutnya adalah Museum Huruf, di tempat ini kamu akan mendapatkan informasi mengenai pembelajaran aksara dan bahasa. Seperti lahirnya huruf pertama kali sampai bagaimana huruf tersebut bisa mempengaruhi banyak tulisan di dunia.

Banyak pengunjung yang tertarik mengenai pembelajaran bagaimana tulisan-tulisan Jawa, Bugis, Rencong, dan daerah lain di Indonesia yang berasal dari satu induk yang sama.

BACA JUGA : Jangan Lewatkan, 5 Tempat Wisata Terbaru 2024 Ini Untuk Liburan Bersama Keluarga Saat Mudik Lebaran ke Jember

Lokasi Museum Huruf di Jalan Bengawan Solo Nomor 27, Tegal Boto Lor, Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Jika kamu berkunjung ke wisata terbaru 2024 yang ada di Jember ini, kamu cukup membayar Rp 5.000 saja.

6. Menara Air Pasar Tanjung

Menara Air Pasar Tanjung didirikan satu paket dengan pembangunan saluran air minum (waterleiding) di Jember pada zaman kolonial Hindia-Belanda (Nederlandsch Indie).

Saat ini menara air tersebut menjadi salah satu bangunan megah, kokoh, dan indah. Menara Air Pasar Tanjung menjadi maskot atau ikon Jember. Menara air peninggalan Belanda ini menjadi heritage yang masih meninggalkan jejak berupa bangunan menjulang tinggi.

Lokasi wisata ini terletak di Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Kamu dapat datang kapan saja ke lokasi ini karena buka 24 jam dan tidak dipungut biaya.

7. Masjid Jami Al Baitul Amien

Saat berkunjung ke Jember, kurang lengkap rasanya jika melewatkan wisata religimasjid tertua di Jember ini. Masjid Jami’ Al Baitul Amien dibangun pertama kali pada zaman pemerintahan Kolonial Belanda.

Nama Al Baitul Amien memiliki arti “Rumah Allah yang Aman”. Masjid ini berlokasi di pusat kota, tepat di seberang komplek gedung Pemerintah Kabupaten Jember dan Alun-alun Jember. Tepatnya, di Jalan Sultan Agung, Tegal Rejo, Jemberlor, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember.

Masjid ini memiliki desain unik, yaitu memiliki tujuh buah kopel atau kubah berbentuk bundar, serta lokasinya sangat strategis membuatnya tak pernah sepi pengunjung

Dari 7 wisata terbaru 2024 sejarah di Jember yang cocok dikunjungi bersama keluarga, kira-kira kamu sudah ada rencana mau mengunjungi yang mana? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: