Dijuluki Kota Seribu Satu Goa? Berikut14 Wisata Terbaru 2024 Goa Terbaik di Pacitan Jawa Timur

Dijuluki Kota Seribu Satu Goa? Berikut14 Wisata Terbaru 2024 Goa Terbaik di Pacitan Jawa Timur

Goa Gong-instagram @bagasitour-

DISWAY JOGJA - Pacitan merupkan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak destinasi wisata terbaru 2024 bentang alam yang terkenal dengan keindahannya, seperti di kawasan pantai dan goa.

Beberapa goanya termasuk ke dalam kawasan wisata terbaru 2024 Geopark Gunung Sewu yang sudah diakui sebagai salah satu UNESCO Global Geopark.

Karena memiliki banyak goa, kemudian Pacitan mendapat julukan kota 1001 goa. Pacitan menawarkan banyak wisata terbaru 2024 goa dengan keindahan luar biasa dan masih sangat alami.

Berikut 14 wisata terbaru 2024 goa terbaik di Pacitan Jawa Timur :

1. Goa Gong

Goa Gong menjadi salah satu wisata Goa terbaik di Pacitan yang cukup terkenal dengan bernuansa alam. Gua ini berada di balik pegunungan yang tandus dan gersang, namun Gua Gong sendiri memiliki pesona alam yang sangat indah.

Goa Gong juga diklaim sebagai goa terindah se-Asia Tenggara. Goa sepanjang 256 meter ini dihiasi dengan stalaktit dan stalakmit yang indah.

Daya tarik dari destinasi wisata Pacitan ini adalah ruang kristalnya yang mempesona. Stalaktit dan stalagmit yang terdapat di goa ini konon menimbulkan bunyi mirip gong ketika dipukul. Itulah mengapa goa ini dinamakan Goa Gong.

2. Goa Tabuhan

Nama Tabuhan diberikan karena suara stalaktit limestone dalam goa terdengar seperti suara tabuhan nada yang bergema. Pemandangan Goa Tabuhan ini juga sangat indah dan menakjubkan.

Destinasi wisata di Pacitan satu ini juga sempat digunakan untuk meditasi dan dipercaya sebagai tempat petilasan Pangeran Diponegoro. Tak heran kalau kamu masih bisa merasakan nuansa spiritual yang kental saat mengunjungi tempat wisata ini.

3. Goa Luweng Ombo

Goa Luweng Ombo salah satu wisata terpopuler setelah Goa Gong. Arti 'Ombo' sendiri dalam bahasa Jawa adalah lebar. Nama tersebut disematkan karena gua ini memang cukup luas. Mulut guanya berdiameter 50 meter dan kedalaman mencapai 130 meter dari permukaan tanah. Goa ini juga telah mendapat penghargaan gelar langsung dari UNESCO Global Geoparks (UGG) atas keindahan geositenya.

4. Goa Luweng Jaran

Goa Luweng Jaran konon adalah goa terpanjang di Pulau Jawa dengan panjang hingga 25 kilometer. Berkedalaman 65 meter, kamu harus mengunjungi goa ini saat musim kemarau, karena pada musim hujan, permukaan di sekitar pintu goa dialiri air dan menjadi sungai.

BACA JUGA : Selain Pantai Kuta, Ini 10+ Rekomendasi Wisata Pantai Terindah Dan Paling Populer Di Bali

5. Goa Dawung

Goa yang juga disebut sebagai Goa Sendang Pitu ini memiliki 7 sendang atau telaga yang airnya bersih dan jernih. Kamu bisa mencoba berendam di sana. Tentu saja yang tidak kalah menarik adalah stalaktit dan stalagmit yang beraneka bentuk.

6. Goa Putri

Di dalam goa dilengkapi dengan penerangan lampu. Goa ini tidak terlalu besar tidak pula panjang. Namun formasi stalaktit dan stalakmit gua ini cukup cantik. Penamaannya sendiri juga berasal dari bebatuan di dalam goa yang konon berbentuk seperti seorang putri.

7. Goa Peden

Goa yang satu ini dikenal memiliki stalakmit yang berbentuk menyerupai pocong. Hal tersebutlah yang menyebabkan goa ini dikenal dengan batu pocong. Goa Peden memiliki 4 bagian ruang. Pastikan kamu memiliki kondisi fisik yang fit sebelum menyusuri goa yang satu ini.

8. Goa Semedi

Manurut warga sekitar, penamaan Goa Semedi diberikan karena dulunya goa ini digunakan sebagai tempat semedi. Jangan lupa untuk membawa senter sebelum masuk ke goa yang satu ini. Pengunjung akan dimanjakan dengan tampilan dan suasana goa yang masih sangat alami.

9. Goa Somopuro

Goa Somopuro diperkirakan ditemukan sekitar abad 18 Masehi ini tentunya menyimpan kisah sejarah tersendiri. Kamu bisa puas menikmati aneka bentuk stalaktit dan stalagmit selain juga merasakan dinginnya air sendang. Air di sendang dalam goa akan terasa berbeda karena menetes dari bebatuan goa yang terpahat sejak puluhan tahun lalu.

10. Goa Kalak

Yang paling menarik dari goa wisata terbaru 2024 ini adalah cerita mistis yang menyelimutinya. Konon dahulu Goa Kalak dijadikan sebagai tempat semedi bagi raja-raja kerajaan di Pulau Jawa. Hingga kini Goa Kalak masih digunakan untuk ritual tertentu, pasalnya saat masuk ke dalam goa ini masih terdapat sesajen dan dupa di dalam goa.

BACA JUGA : Selain Candi Borobudur, Ini 11 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Terbaik Di Magelang Cek Disini

11. Goa Luweng Plente

Pengunjung yang ingin menyusuri goa harus masuk melalui mulut goa yang berbentuk vertikal dengan menggunakan tangga kayu. Tempat wisata yang ini cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin berlibur ke tempat wisata alam yang menantang. Stalakmit dan stalaktit yang ditawarkan juga tidak kalah keren dengan goa lainnya.

12. Goa Sukomono Dadapan

Goa ini baru ditemukan pada awal tahun 2013 saat para pekerja melakukan proyek pelebaran jalan. Pelebaran jalan dengan cara mengepras dinding bukit di sisi-sisi jalan utama tersebut menghasilkan lubang kecil yang kemudian diketahui bahwa di dalamnya terdapat lorong panjang. Tidak banyak wisatawan yang berani masuk ke dalam goa ini, hanya para pecinta alam yang nekad saja yang pernah masuk ke goa Sukomono alias Goa Dadapan tersebut.

13. Goa Song Terus

Namanya adalah Song Terus, selain goa tempat ini juga menjadi situs arkeologi yang ada di Pacitan. Menurut penelitian arkeolog, pada beberapa ribu tahun lalu Pacitan dipercaya sebagai ibukota dari manusia purba di Jawa. Di dalam goa sepanjang 150 meter ini telah ditemukan fosil manusia purba yang berumur 10 ribu tahun.

14. Goa Kembang

Terletak di perut Gunung Kembang, goa ini punya tiga ruang di dalamnya. Terdapat bebatuan yang memiliki bentuk-bentuk unik dengan namanya masing-masing. Batu Kembang Joyokusumo merupakan stalaktit yang bentuknya seperti kuncup bunga, Arca Ratih adalah bebatuan yang mirip seperti arca dan Soko Guru adalah bebatuan yang menyerupai tiang.

Itulah beberapa wisata terbaru 2024 goa terbaik di Pacitan Jawa Timur. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: