Wisata Terbaru 2024? Cirebon Punya 5 Wisata Kuliner Khas yang Wajib Kamu Coba, Cocok Untuk Menu Buka Puasa

Wisata Terbaru 2024? Cirebon Punya 5 Wisata Kuliner Khas yang Wajib Kamu Coba, Cocok Untuk Menu Buka Puasa

kuliner khas cirebon wisata terbaru 2024--

Tapi tentunya Docang dan Doclang memiliki perbedaan tersendiri, terutama di bumbu dan jenis penyajiannya. Untuk Doclang sendiri, penyajiannya yaitu dengan menyiramkan saus kacang. 

BACA JUGA : Liburan Seru? Jelajahi Wisata Terbaru 2024 Tawangmangu, Tawarkan Aktivitas Seru Cocok Untuk Libur Lebaran

Sedangkan Docang untuk penyajiannya yaitu dengan dibumbui sayur oncom yang dikombinasikan dengan bungkil kacang tanah serta ditambahkan parutan kelapa. Isian dari Docang itu sendiri umumnya terdiri dari lontong, daun singkung, tauge, parutan kelapa dan juga diberi kerupuk diatasnya. 

Kalau kamu penasaran dengan rasanya kamu bisa buktikan sendiri saat mampir di Cirebon. Untuk harga kuliner khas Cirebon yang satu ini hanya dibrandol sekitar Rp. 10 ribu sampai Rp. 15 ribu saja per porsi.

3. Growolan

Growolan merupakan kuliner khas wisata terbaru 2024 Cirebon yang terbuat dari olahan gaplek singkong yang sebelumnya telah dihaluskan kemudian dijemur hingga kering. Kata growolan sendiri berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti gumpalan atau kumpulan.

Cara membuat growolan pun terbilang cukup mudah. Yaitu berawal dari gaplek yang telah dijemur dan dicuci bersih kemudian dikukus. 

Kemudian setelah matang, gaplek lalu dibiarkan hingga dingin sambil terus diaduk supaya tidak menggumpal. Lalu gaplek dicampur dengan parutan kelapa yang sebelumnya telah diberi sedikit garam.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Kulineran di Gunung Kidul, Rekomendasi Makanan Untuk Pilihan Berbuka Puasa

Growolan mempunyai warna kecokelatan dan memiliki tekstur agak kasar dari proses penjemuran gaplek. Seperti hal nya makanan tradisional lainnya, penyajian growolan yaitu dengan menggunakan wadah daun pisang yang dibentuk seperti mangkok.

Untuk rasanya growolan terbilng cukup gurih. Nah biasanya penjual juga menyediakan gula merah atau gula aren yang sudah dicairkan untuk menambah cita rasa manis sehingga membuat growolan lebih sedap untuk disantap.

4. Nasi Jamblang

Menyantap nasi dengan balutan daun pisang mungkin sudah biasa kamu temukan di berbagai kuliner khas Nusantara. Nah di Cirebon kamu bisa mencicipi kuliner khas berupa nasi yang dibungkus menggunakan daun jati.

Nasi Jamblang ini biasanya disajikan dengan beberapa lauk pilihan pendamping mulai dari tahu, tempe, ayam goreng dan ada juga yang menambahkan kuliner khas Cirebon lainnya seperti tumis cumi hitam dan paru goreng. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas ini ketika kamu sedang berwisata ke Cirebon.

BACA JUGA : 5 Tempat Wisata Terbaru 2024 di Semarang untuk Berlibur Bersama Keluarga saat Libur Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: