5 Tempat Wisata Terbaru 2024 di Semarang untuk Berlibur Bersama Keluarga saat Libur Lebaran

5 Tempat Wisata Terbaru 2024 di Semarang untuk Berlibur Bersama Keluarga saat Libur Lebaran

Wisata terbaru 2024 di Semarang untuk libur lebaran--google

DISWAY JOGJA - Sudah hampir memasuki pertengahan Bulan Ramadhan, siapa nih yang sudah berencana akan mudik nanti saat lebaran ? Biasanya pada hari lebaran kita akan mengalamai libur yang cukup panjang, maka bisa diisi dengan mengunjungi wisata terbaru 2024.

Jawa Tengah selalu menjadi tempat mudik dari berbagai daerah. Biasanya orang – orang akan mengunjungi tempat wisata terbaru 2024 di kota kelahirannya.

Termasuk Semarang yang selalu menjadi tempat mudik lebaran. Juga selalu menjadi destinasi tempat wisata terbaru 2024 yang wajib dikunjungi saat libur lebaran.

Terdapat wisata alam maupun budaya, berikut beberapa wisata terbaru 2024 yang bisa dijasikan tempat berlibur saat lebaran.

1. Lawang Sewu

BACA JUGA : Semarang Punya: 5 Wisata Terbaru 2024 Bernuansa Religi, Wajib di Kunjungi Saat Libur Lebaran

Siapa sih yang tidak kenal dengan Lawang Sewu. Tempat wisata ini sudah sangat populer di Semarang, dan menjadi ikon Kota Semarang.

Lawang Sewu ini dirancang oleh arsitek yang berbeda dengan lahan seluas 18.232 meter persegi. Menurut istilah orang Jawa, lawang memiliki arti pintu, sedangkan sewu berarti seribu, sehingga Lawang Sewu artinya seribu pintu.

Namun aslinya pintu Lawang Sewu ini tidak berjumlah seribu, tetapi 928 pintu. Bangunan kuno dan megah ini merupakan kantor dari Nederlands-Indsche Spoorweg Maatscappij atau NIS yang dibangun pada tahun 1907 pada zaman pemerintahan kolonial Belanda.

Bangunan ini juga menjadi saksi bisu dari peristiwa pertempuran lima hari yang berlangsung pada tahun 1945 antara Angkatan Pemuda Kereta Api (AMKA) dengan tentara Jepang.  Bangunan ini juga pernah menjadi tempat penjara pada zaman penjajaHAN Belanda.

2. Dusun Semilir

Dusun Semilir ini tidak luput dari wisatawan yang sedang berada di Semarang. Objek wisata seluas 2 hektar ini memadukan konsep eco park dan wisata modern.

Sehingga wisatawan akan merasakan suasana khas pedesaan yang asri, juga banyak spot foto yang menarik. Kamu dapat melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan ketika berada di lokasi ini.

Juga tersedia permainan seru seluncuran ban yang sedang hits. Tempat ini dapat menjadi tujuan kamu untuk menikmati liburan lebaran.

3. Kampung Pelangi

Tempat ini merupakan area pemukiman warga yang dicat warna warni lalu menghasilkan pemandangan yang unik. Berlokasi di Jalan DR. Soetomo No. 89, Randusari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

BACA JUGA:Wisata Terbau 2024 Di Sudut Semarang? Yuk Intip 7 Curug Hidden Gems Yang Murah dan Mempesona!

Dikutip dari Kontan.co.id (16/10/2020) dulunya kampung ini kampung kumuh. Lalu masyarakat bergotong-royong mengubah tempat tinggalnya agar enak dipandang.

Ada sekitar 300 rumah yang dicat ulang sehingga jika dilihat dari kejauahan kampung ini sudah terlihat penuh warna. Ditambah dengan ornamen lukisan mural disepanjang jalannya, semakin membuat tempat wisata terbaru 2024 ini ramai dikunjungi.

4. Klenteng Sam Po Kong

 Klenteng Sam Po Kong ini masih digunakan sebagai tempat ibadah umah Konghucu hingga saat ini. Tidak hanya untuk tempat ibadah, Klenteng ini juga bisa dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat akulturasi budaya China dengan adat Jawa.

Bangunannya yang memiliki warna khas merah dan patung-patung khas negeri Tiongkok ini memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sam Po Kong juga menjadi saksi bisu perjalanan Laksamana Cheng Ho ketika pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Jawa.

Lokasinya tidak jauh dari Kampung Pelangi, tempat ini juga banyak area yang bisa dijadikan untuk spot foto.

5. Masjid Agung Jawa Tengah

Desain bangunan masjid ini merupakan gabungan dari tiga budaya, yaitu Arab, Roma dan Jawa. Bangunannya terinspirasi dari Masjid Nabawi yang ada di Madinah.

BACA JUGA : Inilah Spot Wisata Terbaru 2024 di Semarang Saat Malam Hari! Pemandangan Gemerlap Lampu Yang Indah Nan Cantik

Kubah utamanya dilengkapi dengan minaret runcing menjulang di keempat sisinya. Masjid ini juga mempunyai menara yang menawarkan keindahan Kota Semarang dari atas.

Masjid seluas 10 hektar ini mampu menampung jemaah kurang kebih sekitar 13.000 orang. Dan berlokasi di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari.

Nah itu dia beberapa daftar tempat wisata terbaru 2024 di Semarang yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati waktu libur lebaranmu. Berwisata bersama keluarga besar, apalagi sesudah lebaran akan menjadikan momen yang terbaik dibenakmu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: