Wisata Terbaru 2024? 8 Wisata Religi Di Boyolali Cocok Dijadikan Pilihan Wisata Saat Ramadhan

Wisata Terbaru 2024? 8 Wisata Religi Di Boyolali Cocok Dijadikan Pilihan Wisata Saat Ramadhan

Wisata Edukasi Religi Boyolali-instagram @yohanrineko-

DISWAY JOGJA - Bi bulan Ramadan, semua umat muslim memilih destinasi wisata yang tepat. Tentunya, konsep wisata yang dipilih bernuansa religi yang melekat di dalamnya. Wisata religi di Boyolali cocok dijadikan pilihan wisata saat ramadhan.

Boyolali adalah tempat dengan segudang sejarah dan budaya. Kedua hal tersebut menjadi elemen penting bagi perkembangan wisata religi di Boyolali.

Selain bisa mengisi waktu ngabuburit, wisata religi di Boyolali juga bisa sekaligus menjadi tempat menunaikan ibadah di bulan Ramadan, serta sebagai tempat ketenangan batin.

Berikut 8 wisata religi di Boyolali cocok dijadikan pilihan wisata saat ramadhan :

1. Wisata Edukasi Religi Boyolali

Di sini kamu akan menemukan replika Kabah, Masjid Nabawi, kawasan Maktab, tempat terbuka di Masjidil Haram dan area untuk melakukan tawaf. Saat membeli tiket, kamu juga akan mendapatkan buku panduan nama replika di tempat tersebut beserta fungsinya. View dan vibesnya yang mirip di Makkah dan Madinah.

Selain itu kamu juga bisa belajar dan berlatih ibadah haji dan umrah di tempat ini. Kamu akan didampingi petugas yang akan memberikan arahan dan bimbingan tentang tata cara dan doa-doa yang harus dibaca saat melakukan ibadah tersebut. Kamu juga bisa mengenakan pakaian ihram yang disediakan di sana atau membawa sendiri.

2. Makam Kyai Ageng Kebo Kenongo

Makam Kyai Ageng Kebo Kenongo berada di Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Wisata Religi di Boyolali ini menjadi salah satu tempat warga Boyolali untuk ngalap berkah (bertapa) dan petilasan. Bahkan, ada warga yang sampai menginap di sini.

3. Makam Ki Ageng Singoprono

Wisata Religi Makam Ki Ageng Singoprono di Boyolali Jawa Tengah ini merupakan salah satu tempat ziarah yang ada di wilayah Boyolali. Penduduk lokal daerah sambi juga sangat ramah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Biasanya orang-orang yang mengunjungi makam ini bertujuan untuk melakukan ziarah dan menikmati pemandangan alam disekitarnya. Lokasi makam ini berada di gunung yang berhawa sejuk.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 8 Wisata Religi Di Malang Ramai Pengunjung Saat Ramadhan

4. Masjid Cipto Mulyo Pengging

Masjid Cipto Mulyo berada di Desa Pengging merupakan warisan sejarah yang dibangun oleh Raja Keraton Surakarta, Pakubuwono X, sekitar tahun 1905. Keunikan masjid ini terletak pada desainnya yang khas dengan lima pintu utama yang di atasnya terdapat ukiran tulisan PB X.

Bedug dan kentongan di masjid ini masih digunakan dengan baik sampai saat ini, menyuguhkan nuansa spiritual dan sejarah yang sangat kental. Selain itu, kamu juga bisa menemukan fakta sejarah menarik lainnya jika berkunjung ke masjid ini. Sehingga wisata religi di Boyolali ini cocok dijadikan pilihan wisata saat ramadhan.

5. Makam Gunung Kendeng

Di Gunung Kendeng merupakan ssalah satu wisata religi di Boyolali terdapat beberapa makam salah satu makam yang dikeramatkan merupakan makam dari keturunan Keraton Yogyakarta dalam masa peperangan Pangeran Diponegoro yang bernama Yudhokusumo. Banyak warga berkunjung dengan niat berdoa supaya mendapatkan keberkahan atau membacakan yasin untuk para leluhur Makam Gunung Kendeng.

Menurut cerita masyarakat sekitar, Ki Demang yang menjadi pemimpin Desa Wates pada zaman penjajahan Belanda memberikan perlindungan dan menjamin keamanan desa-desa sekitar Desa Wates tersebut.

6. Wisata Tapak Noto

Wisata religi Tapak Noto tidak hanya menjadi tempat untuk merenungi sejarah. Kamu bisa menyaksikan budaya adat Jawa saat prosesi ritual merawat petilasan Tapak Noto. Warga di Sumbung, Cepogo Boyolali akan menghadirkan tarian tradisional sebagai wujud untuk melestarikan dan menjaga petilasan Tapak Noto.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 9 Wisata Religi Di Jogja Cocok Dikunjungi Saat Ramadhan

7. Petilasan Kebo Kanigoro

Tempat ini merupakan salah satu dari banyaknya lokasi petilasan yang ada di Boyolali. Petilasan Kebo Kanigoro ini merupakan objek wisata religi di Boyolali. Berada di lereng Gunung Merapi, sehingga tempat ini memiliki hawa yang sejuk. Daya tarik wisata religi di Boyolali ini kental akan budaya Jawa. Banyak pengunjung yang memilih Petilasan Kebo Kanigoro untuk berkontemplasi. Di daerah sini juga bisa kamu temukan upacara adat atau pementasan kebudayaan tiap 1 Suro.

8. Makam Ki Ageng Pantaran

Dikenal sebagai Syech Maulana Ibrahim Maghribi, Ki Ageng Pantaran merupakan seorang pejuang agama Islam yang meninggalkan jejak berharga pada masa Kerajaan Demak Bintoro.

Setiap Bulan Suro, di tempat ini menyelenggarakan Tradisi Buka Luwur yang melibatkan kirab dan ritual tabur bunga, hal ini dapat memperkaya pengalaman berziarah kamu.

Itulah beberapa wisata religi di Boyolali yang cocok dijadikan pilihan wisata saat ramadhan. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: