Wisata Terbaru 2024? 9 Wisata Religi Di Jogja Cocok Dikunjungi Saat Ramadhan

Wisata Terbaru 2024? 9 Wisata Religi Di Jogja Cocok Dikunjungi Saat Ramadhan

Puro Pakualam-instagram @mas_aris_mawon-

DISWAY JOGJA - Memasuki bulan Ramadan, banyak umat muslim mulai mencari ketenangan batin dalam menyambut bulan suci penuh berkah ini. Banyak dilakukan umat muslim di Indonesia adalah melakukan wisata terbaru 2024 religi dengan mengunjungi berbagai tempat-tempat yang memiliki sejarah dalam penyebaran agama Islam.

Salah satunya berkunjung ke wisata terbaru 2024 religi di Jogja. Wisata ini cocok dikunjungi saat ramadhan. Selain sebagai sarana untuk meningkatkan pemahaman agama, wisata religi juga bisa menjadi cara untuk mengenal budaya dan sejarah suatu tempat.

Berikut 9 rekomendasi wisata terbaru 2024 religi di Jogja cocok dikunjungi saat ramadhan :

1. Masjid Jogokaryan

Wisata terbaru 2024 religi berupa Masjid Jogokaryan ini terkenal di Jogjakarta sebagai Masjid dengan Managemen terbaik di Indonesia. Banyak orang dari berbagai daerah di Indonesia datang untuk belajar pengelolaan masjid di sini. Masjid Jogokaryan dijadikan sebagai role model masjid terbaik yang ditiru dan dicontoh oleh banyak masjid di Indonesia.

Saat Ramadhan, setiap harinya ada buka puasa bersama yang disediakan khusus seribu porsi setiap harinya. Terdapat juga Kampung Ramadhan dengan berbagai kegiatan yang dilakukan dengan berpusat di Masjid.

2. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman sudah tersohor punya sejarah yang panjang dalam berdiri dan berkembangnya Keraton Ngayogyakarta. Di sana, kamu bisa melihat kemegahan bangunan masjid yang didirikan pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwana I.

setiap sore saat Ramadan, masjid ini juga mengadakan kajian khusus Ramadan yang disambung dengan buka puasa bersama. Pada hari Kamis masjid ini selalu menjadi buruan para pencari takjil karena menyediakan menu gulai kambing.

3. Masjid Kotagede

Masjid Kotagede Yogyakarta atau Masjid Agung Kotagede merupakan masjid bersejarah yang terletak di Jalan Masjid Kotagede, Kota Gede, Yogyakarta. Masjid ini dibangun oleh Pangeran Diponegoro pada tahun 1575 dan memiliki arsitektur gabungan dari budaya Jawa dan Hindu.

Gapura atau pintu gerbang dan pagar tembok yang mengelilingi masjid punya arsitektur Hindu yang kental. Sementara bangunan masjidnya dibuat dengan arsitektur Jawa.Masjid Kotagede juga memiliki beberapa peninggalan bersejarah yang tersimpan di dalamnya.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 7 Wisata Religi Di Cirebon Ramai Dikunjungi Saat Ramadhan

4. Makam Syekh Jumadil Kubro

Makam Syekh Jumadil Kubro berada di Bukit Turgo Merapi. Bukit ini sering dikunjungi oleh para peziarah.  Selain melihat pemandangan Merapi yang indah, kamu juga bisa napak tilas dengan sejarah Syekh Jumadil Kubro dalam menyebarkan agama Islam.

5. Masjid Gedhe Mataram Kotagede

Masjid ini sudah berusia ratusan tahun. Masjid dengan gerbang masuk berbata merah yang bergaya Hindu dan makam bersejarah ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Islam.

6. Goa Selarong

Goa ini terletak di lereng Gunung Merapi dan merupakan tempat persembunyian Pangeran Diponegoro saat berperang melawan Belanda. Goa Selarong memiliki nilai sejarah dan spiritual yang tinggi.

7. Puro Pakualaman

Puro Pakualaman merupakan kompleks istana yang menjadi tempat tinggal Sri Sultan Paku Alam, salah satu pemimpin kerajaan di Jogja.Tempat ini memperlihatkan kehidupan kerajaan dengan budaya Jawa dan Islam. Selain menikmati arsitektur megah, pengunjung juga bisa menjelajahi museum di dalam kompleks ini, yang menampilkan seni, kerajinan, dan artefak bersejarah, termasuk sejarah Islam di Jogja.

BACA JUGA : 8 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi Di Jawa Tengah? Cocok Dikunjungi Saat Ramadhan

8. Masjid Syuhada

Masjid Syuhada di Kota Yogyakarta adalah destinasi wisata terbaru 2024 religi yang memiliki nilai sejarah tinggi. Terletak di Kotabaru, Gondokusuman, masjid ini dinamai “Syuhada” karena untuk menghormati para pejuang yang gugur selama Revolusi Nasional Indonesia.

Dalam kompleks masjid, terdapat museum sejarah Islam yang menampilkan koleksi benda bersejarah seperti Al-Qur’an kuno dan peralatan salat dari zaman dahulu. Selain itu, Masjid Syuhada juga memiliki makam para pejuang kemerdekaan yang menjadi saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia.

9. Makam Raja-Raja Mataram

Makam ini terletak di kompleks Keraton Yogyakarta dan merupakan makam para raja Mataram yang berkuasa di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Makam Raja-Raja Mataram merupakan tempat peristirahatan terakhir bagi para raja dan keluarga Kerajaan Mataram Islam.

Suasana di tempat ini sangat sakral dan dihormati oleh masyarakat Jawa. Pengunjung dapat mengunjungi makam-makam tersebut, belajar tentang sejarah Kerajaan Mataram, dan merasakan ketenangan di bawah rindangnya pohon beringin.

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 religi di Jogja yang cocok dikunjungi saat ramadhan. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: