Inilah Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi Di Klaten Yang Menjadi Primadona Masyarakat

Inilah Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Religi Di Klaten Yang Menjadi Primadona Masyarakat

Masjid Al Aqsha Klaten-CV. Karya Kubah-

DISWAY JOGJA - Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Klaten adalah salah satu Kota di Jawa Tengah yang letaknya berbatasan langsung dengan Yogyakarta dan Solo. Keindahan alam wilayah tersebut membuatnya memiliki sejumlah wisata terbaru 2024 yang menarik.

Salah satu wisata terbaru 2024 di Klaten adalah hal religi yang kini kerap menjadi primadona di kalangan anak muda milenial. Keberadaan beberapa wisata religi Klaten begitu menarik perhatian turis lokal maupun mancanegara.

Selain sarat akan cerita sejarah, wisata bernuansa religi juga banyak memberikan pelajaran kehidupan. Melainkan ada sisi edukasi yang mungkin bisa dijadikan pegangan untuk masa mendatang. Kira-kira ada objek wisata terbaru 2024 apa saja ya? Agar kamu tidak semakin penasaran, yuk simak daftar rekomendasinya dibawah ini.

BACA JUGA : Umbul Ponggok Klaten? Wisata Terbaru 2024, Sensasi Berenang Bareng Ribuan Ikan Air Tawar! Cobain Deh

Makam Kyai Ageng Gribig

Pasti kamu kurang begitu familiar dengan nama Kyai Ageng Gribig? Buat yang belum tahu, Kyai Ageng Gribig adalah salah satu tokoh penyebar agama Islam di masa pemerintahan Sultan Ageng Mataram. Khususnya di daerah Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Beliau juga dimakamkan di sekitar wilayah tersebut dekat dengan sejumlah petilasan.

Satu hal menarik yang sering dinantikan wisatawan saat mengunjungi Makam Kyai Ageng Gribig adalah tradisi sebar apem. Setiap hari Jumat di Bulan Sapar kamu akan melihat kawasan wisata terbaru 2024 tersebut dipenuhi lautan manusia yang tengah berebut mendapatkan kue apem. Masyarakat sana percaya bahwa menyebar apem dapat mendatangkan keberkahan.

Makam Sunan Bayat Ki Ageng Pangandaran

Satu lagi makam yang cukup populer sebagai wisata religi Klaten di kalangan wisatawan adalah Makam Sunan Bayat Ki Ageng Pangandaran. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena berada di sekitar Desa Paseban, Kecamatan Bayat, Klaten. Ki Ageng Pangandaran sendiri dikenal sebagai wali penyebar agama Islam di masa pemerintahan Kerajaan Demak

Ki Ageng Pangandaran adalah salah seorang murid dari Sunan Kalijaga. Ketika berkunjung ke area makamnya akan ada 2 buah gentong unik yang siap menyambutmu. Gentong tersebut biasa dikenal dengan sebutan Gentong Sinogo oleh warga sekitar. Hal itu dikarenakan ada ukiran naga yang menghiasinya.

Pengunjung bisa berkunjung dan berziarah ke sana setiap hari selama 24 jam penuh. Selama di sana kamu wajib mengikuti segala aturan yang diberlakukan. Tetap jaga kebersihan dan pergunakan fasilitas yang ada sebaik mungkin.

BACA JUGA : Foto Di Bawah Air? Simak Yuk 5 Wisata Terbaru 2024 Klaten, Rekomendasi Liburan Sambil Berenang Dijamin Puas!

Masjid Agung Al Aqsha

Selanjutnya ada wisata terbaru 2024 religi Klaten berupa Masjid Agung Al Aqsa Klaten yang ada di daerah Jonggrangan, Klaten Utara, Klaten. Masjid ini belum lama berdiri karena baru dibangun sekitar tahun 2012 lalu. Lokasinya yang strategis tak terlalu sulit untuk dijangkau menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

Masjid Al Aqsa Klaten berdiri kokoh di atas lahan seluas 5.266 meter persegi yang merupakan bekas area terminal bus. Arsitektur masjid ini terlihat begitu indah dengan mengusung perpaduan antara gaya timur tengah dan budaya Jawa yang sangat kental. Keunikan lainnya adalah adanya menara pandang setinggi 35 meter .

Makam Sunan Bonang

Sunan Bonang dikenal sebagai sosok yang penuh kasih sayang dan memiliki kemampuan dalam ilmu kebatinan. Makam Sunan Bonang menjadi salah satu tempat wisata religi yang populer di Klaten.

Setiap tahun, ribuan peziarah dari dalam dan luar kota datang ke makam Sunan Bonang untuk melakukan ziarah dan berdoa. Di tempat wisata religi Klaten ini, pengunjung dapat mengenal sejarah kehidupan Sunan Bonang.

Mengunjungi makamnya, dan juga mengikuti tradisi ziarah yang dilakukan oleh para peziarah. Makam Sunan Bonang terletak di Desa Bonang, Kecamatan Wedi, Klaten.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Tempat Wisata Indah dan Mempesona di Klaten! Cocok untuk Kalian Berlibur Bareng Keluarga

Makam Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga merupakan salah satu Wali Songo yang terkenal di Jawa, yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam di tanah Jawa pada masa lampau.

Makam ini menjadi tempat ziarah bagi banyak orang yang ingin mengenang dan menghormati sosok Sunan Kalijaga. Makam Sunan Kalijaga terletak di Desa Kalitengah, Kecamatan Bayat, Klaten.

Beberapa tempat wisata religi Klaten tadi tidak hanya sebuah area makam atau masjid biasa. Namun lebih dari itu yang mana mengingatkan kita bahwa kehidupan dunia tidak selamanya ada. Suatu saat setiap makhluk akan mengalami kematian. Semoga dengan kehadiran empat wisata religi Klaten tadi dapat menambah keimanan kita kepada Sang Pencipta.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata terbaru 2024 yang mengusung konsep religi yang ada di Klaten, tertarik berkunjung kemana?(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: