Pengidap Hipertensi? Hindari Makanan Ini Saat Buka Puasa Agar Tekanan Darah Anda Terkendali

Pengidap Hipertensi? Hindari Makanan Ini Saat Buka Puasa Agar Tekanan Darah Anda Terkendali

Tips Pengidap Hipertensi Ketika Berpuasa--

3. Gula Berlebih

Asupan gula yang berlebihan saat berbuka puasa juga bisa meningkatkan tekanan darah. Minuman yang kaya gula dapat berkontribusi pada penambahan berat badan, yang dapat memengaruhi tekanan darah tinggi.

Hiperinsulinemia terjadi ketika kadar insulin dalam darah Anda lebih tinggi dari biasanya. Insulin adalah hormon yang menarik glukosa dari makanan yang Anda makan ke dalam sel, di mana ia digunakan untuk energi.

Suatu kondisi yang berkembang ketika tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin dan tidak dapat menggunakannya secara efektif untuk mengubah gula menjadi energi.

Jika tidak diobati, hiperinsulinemia juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar setengah dari peserta yang menderita hipertensi mengalami hiperinsulinemia atau intoleransi glukosa.

Pastikan untuk membatasi konsumsi gula setiap hari. Untuk pria, tidak lebih dari 9 sendok teh, dan untuk wanita, tidak lebih dari 6 sendok teh gula.

4. Daging Merah

Saat berbuka puasa, hindari mengonsumsi daging merah yang tinggi lemak. Daging merah dapat mempengaruhi tekanan darah dan harus dihindari oleh penderita hipertensi. Oleh karena itu, hindari menu buka puasa dari olahan daging merah seperti rendang atau gulai. Daging merah juga bisa memengaruhi tekanan darah.

Daging merah memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Kandungan kolesterol ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi meningkat. Selain itu, daging merah juga mengandung lemak trigliserida.

Namun, perlu diperhatikan bahwa daging merah itu sendiri tidak secara langsung menyebabkan hipertensi. Yang mempengaruhi adalah cara pengolahannya.

BACA JUGA : Hukum Menggosok Gigi Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan, Apakah Haram? Begini Penjelasannya

Ingatlah untuk selalu memperhatikan pola makan dan makan makanan sehat agar tekanan darah tetap terkendali selama bulan puasa. Semoga puasa kita berjalan lancar dan sehat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: