6 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh yang telah Dibuktikan Secara Ilmiah, Simak Ulasannya Disini

6 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh yang telah Dibuktikan Secara Ilmiah, Simak Ulasannya Disini

Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh--

Ketika kadar gula darah dan insulin normal, maka akan membantu meningkatkan produksi Hormon Pertumbuhan Manusia (HGH) dalam tubuh.

HGH akan berfungsi dalam menjaga pertumbuhan, pembentukan metabolisme, memperkuat otot, dan penurunan berat badan.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Puasa Ramadhan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh yang berkaitan dengan kekebalan tubuh. Dengan berpuasa, tubuh akan mampu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengatur kondisi peradangan.

Selain itu, sistem pencernaan yang biasanya bekerja akan beristirahat agar tubuh dapat melakukan detoksifikasi secara optimal. Saat berpuasa, regenerasi sel kekebalan tubuh akan bekerja maksimal, jika bekerja dengan baik maka kekebalan tubuh juga akan meningkat dan kesehatan akan terjaga.

Untuk mendukungnya, ada baiknya mengonsumsi makanan yang kaya mineral dan vitamin saat berbuka puasa dan sahur.

5. Tidak Mudah Stres

Berpuasa juga bisa membuat Anda tidak mudah merasa stres. Hal ini karena saat berpuasa, protein Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF) akan dengan mudah masuk ke dalam otak.

Selain itu, puasa juga dapat menstabilkan produksi hormon kortisol. Kedua hal ini dapat membantu Anda agar tidak mudah stres.

6. Menjaga Kualitas Tidur

Manfaat kesehatan puasa selanjutnya adalah meningkatkan kualitas tidur. Kualitas tidur yang baik tentunya akan membuat semangat bekerja.

Melansir dari the Sleep Foundation, ternyata dengan berpuasa tubuh dapat meningkatkan ritme sirkadian atau jam biologis yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur.

BACA JUGA : Inilah Beberapa Hadist Mengenai Hukum Puasa Ramadhan

Manfaat Puasa Menurut Pandangan Agama

Selain manfaat yang telah dibuktikan dari sudut pandang ilmiah, dari sisi agama juga disebutkan bahwa puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat puasa bahkan sudah tertuang dalam hadits yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: