Wisata Terbaru 2024? Tegal Punya Kuliner Khas : Ponggol Setan jadi Andalan Menu Sarapan!

Wisata Terbaru 2024? Tegal Punya Kuliner Khas : Ponggol Setan jadi Andalan Menu Sarapan!

ponggol setan menu khas tegal--

BACA JUGA : 5 Makanan Khas Tegal Ini, Cocok Banget Untuk Kamu Berbuka Puasa! Makanan Terbaru 2024!

Pemerintah Kabupaten Tegal juga mendeirikan patung tahu aci yang terletak di perempatan Slawi Jalan Gatot Subroto. Ini  merupakan tanda bahwa kabupaten Tegal menjadi pusat kuliner khas tahu aci, kuliner khas wisata terbaru 2024.

3. Sate Blengong

Blengong merupakan jenis hewan hasil perkawinan silang antara bebek (jantan) dengan enthog (betina).  Sate daging blengong ini lebih rendah lemak, teksturnya empuk dan tidak amis. 

Penyajian sate blengong akan terasa lebih nikmat jika dipadukan dengan makanan menggunakan ketupat. Secara kasat mata, penampilan sate blengong memang tidak jauh berbeda dengan sate-sate pada umumnya. 

Namun letak perbedaannya terletak pada hasil persilangan dari bebek dan mentok. Inilah yang membuat tekstur dagingnya tidak jauh berbeda dari keduanya.

BACA JUGA : Berikut 7 Wisata Terbaru 2024 Pantai Terindah di Indonesia Perairan Biru dan Pasir Putih Bikin Nyaman

Tekstur daging blengong memang mirip daging bebek yang berserat, namun daing blengong lebih lembut dan lunak saat dikunyah seperti daging mentok. Sedangkan untuk rasa nya sendiri, daging blengong memberikan sensasi baru yang tidak dijumpai pada sate “mainstream” seperti sate ayam, sate kambing, atau sate sapi.

Kuliner khas wisata terbaru 2024 Tegal ini sangat unik bukan? Jangan lupa ketika berkunjung ke Tegal untuk mencoba dan mencicipi sate blenong ini yak, dijamin nggak bakal nyesel.

4. Nasi Lengko

Nasi Lengko adalah makanan khas dari Tegal dan daerah di sekitarnya. Makanan ini terkenal dengan khas penyajiannya, yaitu nasi putih disajikan di atas sebuah piring, lalu ditambahkan tahu goreng yang dipotong kecil-kecil di atasnya, kemudian diberi tauge dan timun iris, terakhir semua bahan tersebut disiram dengan kecap manis dan bumbu kacang.

Nah untuk lebih mempercantik penampilannya, biasanya di atas nasi lengko ditaburi daun kucai yang sudah dicincang halus dan juga bawang goreng yang renyah. Jika kamu ingin mencicip nasi lengko khas Tegal, kamu bisa mencarinya dengan mudah di warung-warung Tegal (Warteg). 

Warteg wajib menyediakan menu khas Tegal seperti nasi ponggol dan nasi lengko. Sebelum kamu menyantapnya, pastikan nasi lengko sudah diaduk-aduk dulu supaya tercampur bumbu kacangnya.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Ramadan Terpopular Jawa Tengah? Berikut Deretan Wisata religi Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Nah itulah makanan kuliner khas wisata terbaru 2024 di Tegal yang paling populer. Ponggol Setan tetap menjadi kuliner khas yang masih menjadi buruan warga Tegal dan sekitarnya. Semoga bermanfaat ya. Selamat Berlibur. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: