7 Rekomendasi Kuliner Khas Jawa Tengah Paling Enak, Cocok Dijadikan Menu Berbuka Puasa!

7 Rekomendasi Kuliner Khas Jawa Tengah Paling Enak, Cocok Dijadikan Menu Berbuka Puasa!

7 Rekomendasi Kuliner Khas Jawa Tengah Paling Enak, Cocok Dijadikan Menu Berbuka Puasa-MielPhotos2008-iStockphoto

DISWAY JOGJA - Jawa Tengah memiliki banyak berbagai jenis kuliner khas yang bisa menjadi pilihan untuk menu berbuka puasa. Dengan begitu, buka puasa kamu akan lebih bervariasi.

Sebagian kuliner khas Jawa Tengah memang cenderung manis. Tetapi, tentu saja kamu bisa menemukan makanan khas Jawa Tengah yang gurih, asam hingga pedas.

Biasanya sajian kuliner khas Jawa Tengah yang kerap dijadikan menu berbuka puasa ini banyak ditemui di pinggir-pinggir jalan atau lapak saat menjelang maghrib.

Bingung ada apa saja? Biar kamu tidak penasaran simak rekomendasi kuliner khas Jawa Tengah yang cocok dijadikan menu buka puasa dibawah ini, yuk.

BACA JUGA : Varian Es Teler Bisa Jadi Ide Jualan Takjil Ramadhan 1445 H. Coba Deh, Dijamin Endul, Pas Jadi Temen Berbuka

1. Klepon

Kuliner tradisional khas Jawa Tengah yang cocok untuk menu buka puasa pertama adalah klepon. Biasanya saat bulan Ramadhan, klepon selalu menjadi menu andalan banyak orang untuk takjil buka puasa.

Klepon ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah yang direbus dalam air mendidih, dan disajikan dengan parutan kelapa diatasnya.

2. Botok

Siapa yang tidak tau botok? Kuliner tradisional satu ini terbuat dari kelapa parut yang telah diperas santannya. Kelapa tersebut kemudian diolah dengan campuran cabai, garam, daun salam, kemangi, dan merica.

Yang menambah keistimewaan dari botok ini yaitu makanan ini dibungkus dengan daun pisang yang dikukus di atas kapal uap. Bahan untuk membuat botok pun sangat mudah yaitu tahu, tempe cincang, dan teri.

3. Mendoan

Mungkin gorengan satu ini sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia. Makanan satu ini kerap menjadi takjil saat bulan puasa. Perbedaan mendoan dengan tempe goreng lainya adalah teksturnya yang lembut dengan bumbu rempah didalamnya.

Cara pembuatanya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu melumuri tempe tipis dengan tepung bumbu, lalu tinggal digoreng. Gorengan ini paling nikmat disantap saat masih hangat ditaambah dengan sambal kecap.

BACA JUGA : Diet Di Bulan Puasa? Bisa Dong! Yuk Cek Ide Sahur Dan Menu Buka Puasa Yang Lezat, Nikmat, Tapi Rendah Kalori

4. Getuk Goreng

Kuliner tradisional khas Jawa Tengah yang cocok untuk menu buka puasa selanjutnya adalah getuk goreng. Jajanan ini cukup banyak diincar dan diminati oleh banyak orang pada saat bulan Ramadhan.

Karena rasanya yang enak, gurih, manis juga bahan yang digunakan untuk membuat getuk goreng sangat simple yaitu singkong dan gula merah atau gula jawa.

5. Soto Tauco

Sesuai dengan namanya, salah satu ciri khas dari makanan tradisional khas Jawa Tengah ini adalah campuran bumbu tauco yang digunakan. Kuahnya yang hangat dan kental dengan bumbu tauco ini sangat pas dipadukan dengan nasi putih hangat.

Untuk kamu yang ingin menyicipinya, soto tauco ini paling mudah ditemukan di daerah pekalongan.

6. Wajik

Wajik kerap menjadi sajian di beberapa acara mulai dari sajian khas pernikahan dan juga sering disajikan saat acara arisan, hingga menjadi takjil untuk buka puasa.

Makanan tradisional ini terbuat dari gabungan ketan, kelapa, gula. Memiliki cita rasa manis dan gurih yang sangat menggugah selera. Selain itu, teksturnya yang lembut juga membuat wajik banyak disukai.

7. Dawet Ireng

Kuliner tradisional khas Jawa Tengah untuk menu buka puasa yang terakhir adalah dawet ireng. Dawet ireng ini berbeda dengan dawet pada umumnya yang berwarna hijau.

Dawet ireng ini memiliki warna yang hitam pekat. Dimana warna hitam ini diperoleh dari bahan alami yaitu abu jerami.

Walaupun dalam pembuatan dawet ireng ini menggunakan abu jerami, tapi kamu tidak perlu khawatir dengan rasanya.

BACA JUGA : Masuk Daftar Favorit Keluarga? Praktis, Bergizi, Takjil Lezat Ini Pas Sebagai Menu Buka Puasa. Dijamin Nikmat!

Demikian tujuh kuliner tradisional khas Jawa Tengah yang cocok jadi pelengkap untuk menu berbuka puasa. Selamat menikmati!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: