Rekomendasi Takjil Bulan Puasa Favorit Masyarakat Lezat dan Murah

Rekomendasi Takjil Bulan Puasa Favorit Masyarakat Lezat dan Murah

Rekomendasi Takjil Bulan Puasa Favorit Masyarakat Lezat dan Murah -disway jogja-pinterest

DISWAY JOGJA- Saat puasa Ramadhan terdapat berbagai takjil yang menarik untuk disantap. Seperti yang kita ketahui, semangat orang-orang muslim mempersiapkan berbuka puasa menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari di bulan Ramadhan. Salah satu yang paling dinantikan adalah hidangan takjil yang menyegarkan dan lezat. 

Takjil merupakan makanan ringan yang dimakan setelah berbuka puasa. Saat bulan Ramadan banyak penjual takjil yang di pinggir jalan dengan harga murah. Atau kamu juga bisa menemukan beberapa orang yang membagikan menu takjil di jalanan untuk orang-orang. 

Berbagai macam menu takjil yang umumnya kita bisa di temui saat bulan Ramadan. Meskipun sekarang ini banyak bermunculan berbagai macam takjil baru. Namun takjil legendaris masih juga tidak kalah enaknya.

Berikut ini ragam pilihan menu takjil untuk berbuka puasa saat Ramadan :

1. Aneka Kolak

Salah satu menu takjil yang tidak boleh ketinggalan adalah kolak. Apalagi kolak adalah salah satu takjil yang hanya muncul saat bulan puasa. Cara membuat kolak juga tidak terlalu rumit. Rasa manis daru gula merah dan gurih dari santan yang dimiliki kolak menjadi hidangan yang digemari banyak orang untuk berbuka puasa. 

BACA JUGA : Mudah dan Murah Buat Sendiri, Berikut 4 Resep Menu Berbuka Takjil

Berbagai macam jenis kolak yang bisa kamu beli, mulai dari ubi, pisang, kolang-kaling, dan kolak singkong. Kolak bisa dimakan saat hangat atau dingin.

2. Es Buah

Es buah merupakan perpaduan antara berbagai macam buah yang dipotong kecil-kecil lalu disiram susu dan sirop tidak ketinggalan pula es batu. Menu takjil ini sangat digemari banyak orang karena sensasi dingin yang dimilikinya untuk melepas dahaga setelah berpuasa seharian. 

Minuman ini cocok untuk diminum saat berbuka puasa. Selain menyegarkan kamu juga bisa mendapatkan banyak vitamin dari buah-buahan. 

3. Es Pisang ijo

Menu takjil yang bisa menjadi santapan saat bulan Ramadan adalah es pisang ijo. Minuman yang berasal dari Makassar ini banya digemari orang –orang sebagai menu buka puasa karena memiliki rasa yang manis. 

BACA JUGA : 11 Tempat Ngabuburit di Jakarta Selatan dengan Aneka Ragam Jajanan Takjil

Es pisang ijo terbuat dari buah pisang yang dibalut dengan gulungan tepung berwana hijau dan dilengakapi dengan es batu, sirop dan santan kelapa. 

4. Es Kelapa Muda

Es kelapa muda menjadi menu favorit masyarakat untuk melepas dahaga setelah seharian puasa. Minuman ini mempunyai rasa yang menyegarkan dan manis cocok menjadi pilihan menu tajil buka puasa. Selama bulan Ramadan kamu pasti aan melihat penjual es kelapa yang selalu ramai.

5. Risoles 

Salah satu menu takjil favorit sebagian orang adalah risol. Umumnya risol berisikan sayuran, telor,daging cincang dan dibungkus menggunakan kulit yang dilumuri tepung panir dan digoreng sampai kecoklatan. Risol biasanya dimakan dengan cabai rawit maupuan sambal sangat lezat. 

BACA JUGA : Bingung Cari Hidangan? Ini Dia 7 Rekomendasi Takjil untuk Menu Berbuka Puasa yang Paling Enak!

6. Biji Salak

Biji salak tidak kalah populer dengan kolak saat puasa. Makanan ini terbuat dari ubi kukus yang dihaluskan dan dibuat menjadi bola-bola kecil. Tekstur yang lembut karena terbuat dari bahan utama ubi dan kenyal menjadi biji salak berbeda dari takjil lainnya dan memiliki ke unikan tersendiri. Biasanya biji salak akan dipadukan dengan bubur sumsum dan diberikan kuah santan yang gurih.

7. Es Cendol

Es cendol merupakan minuman yang dibuat dari tepung beras dan memiliki ciri khas berwarna hijau. Memiliki citarasa manis dan gurih yang berasal dari santan dan gula merah. Sekarang ini es cendol banyak dipadukan dengan berbagai macam campuran seperti durian, nangka.

Itu dia berbagai macam pilihan takjil favorit masyarakat yang bisa kamu nikmati saat berbuka puasa di bulan Ramadhan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: