Jangan Sepelekan! Inilah 6 Hal yang Dapat Membatalkan Ibadah Puasa, Wajib Ketahui dan Perlu Dihindari!

Jangan Sepelekan! Inilah 6 Hal yang Dapat Membatalkan Ibadah Puasa, Wajib Ketahui dan Perlu Dihindari!

Inilah 6 Hal yang Dapat Membatalkan Ibadah Puasa-golfcphoto-iStockphoto

DISWAY JOGJA - Supaya ibadah puasa Ramadhan menjadi berkah, umat muslim wajib mengetahui dan menghindari hal-hal yang dapat membatalkan ibadah puasa.

Pasalnya, puasa bukan hanya untuk menahan makan dan minum saja, tetapi juga perlu untuk mengetahui apa saja hal yang dapat membatalkan ibadah puasa.

Oleh sebab itu, bagi yang berpuasa hendaknya menjaga dan menghindari hal-hal yang dapat membatalkan ibadah puasa.

Ada beberapa hal yang dapat membatalkan ibadah puasa yang penting untuk diketahui semua orang agar puasa yang sedang dijalankan lancar dan mendapatkan pahala.

BACA JUGA : 11 Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa! Wajib Kamu Ketahui Agar Puasa Sah!

Penasaran apa saja? Berikut 6 hal yang dapat membatalkan ibadah puasa. Mari ketahui agar puasamu tidak sia-sia, yuk!

1. Memasukkan Sesuatu ke dalam Tubuh Secara Sengaja

Hal-hal yang dapat membatalkan puasa paling pertama yaitu memasukkan sesuatu ke dalam tubuh secara sengaja. Saat sedang berpuasa jangan sampai ada sesuatu apapun yang masuk ke dalam tubuh.

Sesuatu yang masuk tersebut bisa jadi melalui salah satu lubang yang berpangkal pada organ bagian dalam seperti hidung, mulut, dan telinga.

Apabila hal ini dilakukan karna tidak disengaja, maka puasanya tetap sah. Tetapi, jika hal-hal tersebut dilakukan secara sengaja, maka sudah pasti puasanya akan batal.

2. Berenang

Pada dasarnya, kegiatan berenang sebenarnya diperbolehkan saat berpuasa. Tetapi disaat berenang, kamu harus benar-benar memastikan agar tidak ada air yang sampai masuk ke tubuh.

Dalam hal ini pastinya sulit untuk dihindari, bukan? Maka dari itu, jika kamu ingin berenang, sebaiknya menunda dulu hingga tiba waktu berbuka.

3. Merokok

Kegiatan merokok saat berpuasa masih banyak dijumpai saat bulan puasa Ramadhan. Banyak orang yang mengira bahwa merokok tidaklah membatalkan puasa.

Namun kenyataanya, merokok dapat membatalkan puasa. Kenapa? Hal ini terjadi pasalnya rokok mengandung partikel kecil yang bisa langsung masuk ke perut.

Bukan hanya saat puasa ramadhan saja, merokok saat menjalankan puasa lainnya juga bisa membatalkan puasa. Jadi, jika kamu ingin sekali merokok, sebaiknya tunggulah sampai waktu berbuka puasa tiba.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asyik di Tegal, Saat Ramadhan 2024 Bersama Keluarga

4. Muntah dengan Sengaja

Muntah dengan sengaja yang dimaksud disini yaitu melakukan dengan sadar dan sengaja mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut.

Jika seseorang muntah tanpa disengaja atau muntah secara tiba-tiba, maka puasanya masih tetap sah selama tidak ada sedikit pun dari muntahanya yang tertelan kembali. Tetapi jika muntahanya tertelan dengan sengaja maka dapat menjadi salah satu hal yang membatalkan puasa.

5. Menelan Dahak

Hal-hal yang bisa membatalkan puasa selanjutnya adalah menelan dahak. Dalam hal ini, puasa akan gugur jika seseorang menelan kembali dahak yang sudah dikeluarkan ke mulut dengan sengaja.

Dahak sendiri berasal dari pangkal hidung atau tidak keluar dari mulut. Oleh karena itu, jika dahak ditelan kembali maka puasa dinyatakan batal.

6. Emosi Berlebihan

Menjalankan ibadah puasa artinya menahan nafsu sepanjang hari hingga tiba waktunya berbuka. Selain hawa nafsu, kamu juga diharuskan menahan emosi selama berpuasa.

Bila seseorang yang sedang berpuasa secara tidak sadar mengeluarkan emosi secara berlebihan, maka puasanya akan batal.

Walaupun beberapa ada yang tetap melanjutkan puasanya, tetapi sesungguhnya mereka hanya menahan lapar dan haus.

BACA JUGA : Mudah dan Butuh Waktu Cepat, 4 Resep Makanan Menu Buka Puasa

Diatas adalah beberapa hal yang bisa membatalkan ibadah puasa, jika ada salah satu dari hal di atas terjadi pada saat puasa, maka puasa yang dijalankan akan menjadi batal. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa dengan baik, ya!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: