Penuh Makna : Seserahan Pernikahan Adat Jawa Yang Wajib Ada

Penuh Makna : Seserahan Pernikahan Adat Jawa Yang Wajib Ada

Seserahan pernikahan--Canva.com

Kamu mungkin sudah biasa melihat anyaman berwarna kuning yang terbuat dari janur pada pesta pernikahan, ternyata adanya anyaman janur memiliki arti loh. 

Anyaman janur memiliki arti agar kedua calon pengantin selalu ingat kepada Pencipta Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, warna kuning pada janur memiliki makna bahwa apa-apa yang dilakukan harus diniatkan karena Tuhan. 

5. Kebaya dan Jarik

Kebaya dan Jarik yang biasanya memiliki motif batik. Hal ini memiliki arti sebagai sebuah harapan pada rumah tangga untuk rasa kebahagiaan dan kenyamanan pada saat hidup bersama nanti. 

6. Suruh Ayu

Suruh ayu atau biasa dikenal dengan daun sirih. Di seserahan pernikahan adat Jawa biasanya bentuk suruh ayu dihiasi dengan bunga agar cantik penampilannya. 

Suruh ayu sendiri memiliki makna sebuah doa untuk keselamatan bagi pasangan pengantin nanti saat menjalani hidup rumah tangga. 

BACA JUGA : Kepo Dengan Makna Uang Panai Suku Bugis? Simak Penjelasan Tradisi Seserahan Pernikahan Dari Sulawesi Selatan

7. Stagen

Stagen merupakan sebuah kain berwarna putih yang diikatkan di pinggang. 

Stagen memiliki simbol menguatkan atau mengikat tekad niat kedua calon pengantin. Agar nanti ketika berumah tangga menjadi pengingat tujuan menikah yang sebenarnya. 

8. Kain Batik 

Yang terakhir, kain batik sebagai isi pada seserahan pernikahan. Untuk motif batik mulai dari Sido Luhur, Sido Mulyo, Sido Mukti dan yang lainnya. 

Kain batik memiliki simbol makna sebuah doa dan harapan agar kedua calon pengantin selalu rukun dan menjaga rahasia dalam rumah tangga mereka kelak. 

Itu dia 8 benda seserahan pernikahan adat Jawa.  Karena berbagai macam suku, berbagai macam pula adatnya. Menarik bukan? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: