Musda Paguyuban Kades, H Muhammad Mu'min Terpilih Ketua Pradja Kabupaten Tegal

Musda Paguyuban Kades, H Muhammad Mu'min Terpilih Ketua Pradja Kabupaten Tegal

Musda Paguyuban Kades se Kabupaten Tegal foto bersama usai Musda kemarin-DOK.-

SLAWI, DISWAYJOGJA – H Muhammad Mu'min terpilih menjadi Ketua Pradja Kabupaten Tegal masa bhakti 2024-2029. Terpilihnya Kepala Desa (Kades) Yamansari Kecamatan Lebaksiu HM Mu'min ini dilakukan melalui Musyawarah Daerah (Musda) Pradja Kabupaten Tegal, di Pendapa Amangkurat Pemkab Tegal, Kamis, 7 Maret 2024.

Sidang Musda dipimpin Untung Basuki (Kades Semboja Kecamatan Pagerbarang) didampingi Suwendi (Kades Dukuhwringin Kecamatan Slawi) dan Ahmad Khusen (Kades Kaliwungu Kecamatan Balapulang).

BACA JUGA:Kasak-Kusuk Musda, Ketua Pradja Kabupaten Tegal Terpilih Diminta Siap Maju Calon Bupati

Dalam musyawarah itu, Pimpinan Sidang menetapkan H Muhammad Mu'min menjadi Ketua Pradja Kabupaten Tegal untuk masa bhakti 2024-2029. Penetapan itu dilakukan secara aklamasi. Karena dalam tata tertib Musda, jika kandidat calon hanya 1 orang, maka tidak ada pemilihan.

Musda ini diawali dari masing-masing ketua paguyuban kades di tiap kecamatan mengusulkan nama calon ketua Pradja. Dan dari 18 kecamatan di Kabupaten Tegal, sepakat mereka mengusulkan H. Muhammad Mu'min sebagai ketua Pradja.

”Karena itu, kita secara aklamasi menetapkan Bapak Haji Muhammad Mu'min sebagai Ketua Pradja Kabupaten Tegal,” kata Untung Basuki.

Dia mengungkapkan, H Muhammad Mu'min ini telah menggantikan Ketua Pradja Kabupaten Tegal 2019-2024, Mulyanto (Kades Dermasuci Kecamatan Pangkah).

”Setelah pemilihan ini, agenda selanjutnya yakni membentuk kepengurusan baru. Kemudian akan dilanjutkan dengan pelantikan dan pengukuhan.  Untuk agenda pelantikan, nanti menunggu jadwal berikutnya," ujarnya.

BACA JUGA:Tak Ada Pendampingan Hukum Bagi Kades Terjerat Pidana, Pj Bupati Brebes Ingatkan Regulasi

Ketua Pradja Kabupaten Tegal periode 2019-2024 Mulyanto mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran pengurus dan kepala desa se Kabupaten Tegal yang telah mendampinginya mengawal program Pradja dan pemerintah daerah setempat.

Diharapkan, kepengurusan Pradja yang baru nanti, lebih kompak untuk bersama-sama membangun Kabupaten Tegal.

"Siapapun ketua terpilih, kami siap mengawal dan saling mengisi apa yang menjadi tugas dalam organisasi," cetusnya.

Dalam kesempatan itu, Mulyanto juga mengajak seluruh kepala desa untuk tetap semangat mengawal revisi Undang-Undang tentang desa. Sehingga, harapan para kepala desa dapat terwujud.

"Jangan patah semangat, undang undang desa tetap kita kawal," tegasnya.

BACA JUGA:Terima Laporan Dugaan Pelanggaran, Kades Diingatkan Jaga Netralitas Pemilu 2024

Sementara, H Muhammad Mu'min setelah terpilih menjadi Ketua Pradja mengaku akan menjalin komunikasi yang lebih inten dengan seluruh kepala desa se Kabupaten Tegal.

”Kita akan menguatkan kekompakan dan kebersamaan seluruh kepala desa. Sehingga Pradja bisa lebih baik dan bermanfaat untuk kepala desa dan masyarakat," ujarnya.

Kades Yamansari ini juga mengaku akan membantu menyukseskan program-program pemerintah daerah. Sehingga pembangunan di Kabupaten Tegal dapat berjalan dengan lancar.

BACA JUGA:47 Kades Dilantik, Bupati Tegal Umi Azizah Minta Hindari Pungli

"Sementara untuk struktur kepengurusan, kita akan menggandeng seluruh kepala desa. Terutama yang di ujung-ujung sana, atau wilayah perbatasan di bagian selatan dan timur," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: