Kasak-Kusuk Musda, Ketua Pradja Kabupaten Tegal Terpilih Diminta Siap Maju Calon Bupati

Kasak-Kusuk Musda, Ketua Pradja Kabupaten Tegal Terpilih Diminta Siap Maju Calon Bupati

BERI PENJELASAN – Kades Dukuhwringin H Muhamad Suwendi dan Kades Sokatengah Ali Ghufron saat ditemui.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI -

SLAWI, DISWAYJOGJA - Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Tegal yang tergabung dalam Persatuan Kepala Desa dan Peangkat (Pradja) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) Pradja 2024 di Pendapa Amangkurat Slawi, Kamis, 7 Maret 2024. Salah satu agenda musda itu yakni pemilihan ketua Pradja periode 2024-2029.

Pada Musda Pradja kali ini ada yang berbeda. Selain ada agenda pemilihan ketua, kabarnya ketua Pardja yang terpilih bakal didorong maju menjadi calon Bupati Tegal. Kabar tersebut dibenarkan oleh beberapa kades di Kabupaten Tegal. Seperti yang dikatakan Kepala Desa Dukuhwringin H Muhamad Suwendi.

BACA JUGA:47 Kades Dilantik, Bupati Tegal Umi Azizah Minta Hindari Pungli

Saat ditemui wartawan kemarin, Suwendi membenarkan kabar tersebut. Meski musda itu agendanya adalah pemilihan ketua, tetapi banyak kades yang menginginkan calon ketua juga orang yang siap dicalonkan dan mencalonkan diri menjadi bupati.

”Banyak kades yang ingin dalam musda itu juga dimunculkan calon bupati dari kades. Ada juga yang usul, calon ketua adalah calon bupati,” kata kades baruyang akrab disapa Wendi, Rabu, 6 Maret 2024.

Menurut Wendi, usulan para kades itu sah-sah saja. Sebab, banyak kades layak menjadi calon bupati. Baik dari segi kompetensi maupun material. ”Kalau memang itu keinginan kades dan semua kompak mengusung, pasti calon dari kades bisa jadi bupati. Tinggal melewati prosedur, apakah mau dari partai atau dari independent,” ungkap Wendi yang jua sekretaris panitai Musda Pradja.

Hal yang sama juga dibenarkan Kades Sokatengah Bumijawa Ali Ghufron. Dia menjelaskan, selain sebagai ketua panitia, memang pihaknya banyak dihubungi kades-kades agar pada Musda Pradja 2024 sekalian deklarasi ketua Pradja terpilih sebagai calon bupati Tegal.

BACA JUGA:ADD Dikurangi Rp34 Miliar, Kades dan Perangkat Desa se Kabupaten Brebes Demo

Bagi dia, meskipun musda itu salah satu agendanya adalah pemilihan ketua, tapi selagi itu menjadi kesepakatan dari semua kades, bisa saja dilakukan. ”Kalau memang mau ada deklarasi, ya nanti tergantung kesepakatan,” ungkap Ali Ghufron.

Ali Ghufron yang juga Ketua Panitia Musda Pradja menjelaskan bahwa Musda Pradja 2024 bakal dibuka Pj Bupati Tegal Agustyarsyah dan dihadiri forkopimda. Kemudian dilanjutkan prosesi pemilihan Ketua Pradja Kabupaten Tegal Periode 2024-2029.

”Saat pelaksanaan Musda, nanti kita minta para audiens atau Ketua Paguyuban Kades di masing-masing Kecamatan untuk mencalonkan kandidatnya,” kata Ali Ghufron.

Saat ditanya siap calon kandidiat ketua Pradja yang muncul saat ini, Ali Gufron menyampaikan bahwa saat ini nama yang sudah muncul menjadi kandidat calon ketua Pradja Kabupaten Tegal Periode 2024-2029 yakni Kades Yamansari H. Muhammad Mumin. Hal itu muncul atas dorongan dari ketua paguyuban di beberapa Kecamatan.

BACA JUGA:Terima Laporan Dugaan Pelanggaran, Kades Diingatkan Jaga Netralitas Pemilu 2024

”Saat ini, yang sudah muncul atas dorongan dari beberapa Ketua Payuban Kades Kecamatan itu H. Muhammad Mumin, Kades Yamansari," ungkapnya.

Ali Ghufron menjelaskan, mekanisme pemilihan itu ada 2 opsi,. Pertama apabila ada 2 atau lebih calon maka akan diadakan pemilihan, yang mana calon-calon tersebut akan dipilih oleh 281 Kades se-Kabupaten Tegal. Kedua, jika hanya ada satu calon saja, berarti pemilihan akan digelar secara aklamasi.

”Insya Allah, dari 281 Kepala Desa yang ada di Kabupaten Tegal, 80-90 persen sudah mengonfirmasi kehadirannya di Musda Pradja nanti,” jelasnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: