Mengenal Kekayaan Budaya Sesarahan! Simak 17 Tradisi Jawa dan Maknanya

Mengenal Kekayaan Budaya Sesarahan! Simak 17 Tradisi Jawa dan Maknanya

Mengenal Kekayaan Budaya Sesarahan!! 17 Tradisi Jawa dan Maknanya--

DISWAY JOGJA - Kehidupan dan tradisi adat mempunyai tempat tersendiri dalam masyarakat Jawa. Salah satu upacara terpenting dalam budaya Jawa adalah seserah. Seserahan merupakan rangkaian pemberian yang diberikan oleh mempelai pria kepada keluarga mempelai wanita sebagai bagian dari prosesi pernikahan. Setiap unsur usulan mempunyai makna mendalam dibaliknya, mencerminkan nilai dan filosofi budaya Jawa. Menjelajahi 15 sesaji tradisional Jawa dan maknanya mulai dari pakaian hingga makanan.

1. Kain batik

Kain batik merupakan bagian penting dari persembahan tradisional Jawa. Batik melambangkan keindahan, keanggunan dan kelembutan serta menggambarkan keunikan kekayaan budaya Jawa.

BACA JUGA : Warisan Budaya: Mengenal Tradisi Seserahan Pernikahan Jawa yang Terjaga dan Diwariskan, Simak Ulasan Berikut

2. Sirwal

Sirwal memiliki celana yang longgar dan nyaman. Sirwal melambangkan kedamaian, keseimbangan dan kenyamanan dalam pernikahan.

3. Blangkon

Blangkon adalah hiasan kepala tradisional Jawa yang terbuat dari kain batik. Warna putih melambangkan kebanggaan terhadap identitas budaya dan warisan leluhur.

BACA JUGA : Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta Wujud Guyub Rukun Keragaman di DIY

4. Keris

Keris merupakan senjata tradisional Jawa yang memiliki makna simbolis yang mendalam. Keris melambangkan keberanian, kekuatan dan keadilan.

5. Mahar Kawin

Mahar adalah uang atau harta benda yang diberikan oleh pihak mempelai pria kepada keluarga mempelai wanita sebagai tanda keseriusan dalam melangsungkan pernikahan.

6. Rengginang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: