Tradisi Seserahan Pernikahan Adat Jawa: Setiap Barang Memiliki Arti yang Bermakna

Tradisi Seserahan Pernikahan Adat Jawa: Setiap Barang Memiliki Arti yang Bermakna

Tradisi seserahan pernikahan adat Jawa-Achmad Wahyudi-istockphoto

4. Alas Kaki dan Lainnya

Seserahan alas kaki ini biasanya berupa sandal atau sepatu, biasanya berada satu paket dengan seserahan tas. Alas kaki sebagai simbol agar kedua mempelai dapat melangkah bersama dan saling mengingatkan untuk tujuan yang baik.

5. Perlengkapan Perawatan Diri

Seserahan ini mulai dari perawatan mandi, skincare hingga make up. Bermakna bahwa seorang istri sebaiknya tampil cantik dan merawat diri hanya untuk suaminya.

6. Sirih Ayu

Zaman dulu wanita memanfaatkan daun sirih untuk “nginang”, dan sekarang tak ada wanita yang menggunakannya lagi. Tetapi daun sirih ayu harus tetap ada di tradisi seserahan pernikahan. 

Daun sirih ayu menyimbolkan kesejahteraan yang dibawa mempelai pria kepada mempelai wanita. Daun sirih ayu yang segar ini akan menjadi simbol kebahagiaan.

BACA JUGA : Ini Daftar Barang yang Harus Ada di Seserahan, Calon Pengantin Wajib Tahu!

7. Buah-buahan

Buah-buahan yang biasanya terdapat pada seserahan adalah buah jeruk, pisang, apel dan anggur. Seserahan buah memiliki makna harapan bahwa semoga pasangan suami istri ini dapat menghadirkan berkat untuk orang-orang disekitanya.

8. Kue Tradisional

Ini adalah salah satu seserahan khas adat Jawa, yaitu aneka kue tradisional atau jajanan pasar. Seserahan ini biasanya terbuat dari ketan dengan warna yang beragam.

Seperti yang diketahui ketan akan lengket jika menempel antara satu dengan yang lainnya. Seperti rumah tangga ini, diharapkan hubungan suami istri dan kedua keluarga besar dapat terus lengket, bersatu dan selalu rukun.

9. Uang

Maksud dan tujuan dari seserahan ini yaitu sebagai simbol bahwa suami kelak akan bertanggung jawab untuk menafkahi istri dan anak-anaknya dan mencukupi kebutuhan keluarganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: