Wisata Terbaru 2024 Religi Semarang? Deretan Masjid Indah nan Unik, Destinasi Keren Sambut Ramadan Ini!

Wisata Terbaru 2024 Religi Semarang? Deretan Masjid Indah nan Unik, Destinasi Keren Sambut Ramadan Ini!

Masjid Agung Jawa Tengah--Republika

DISWAY JOGJA - Semarang salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah, keberadaannya menjadi pusat wisatawan untuk berkunjung ke kota ini. Siapa sih yang gak kenal Kota Semarang, kota dengan beraneka keberagamannya. Destinasi wisata terbaru 2024 mulai dari budaya, adat istiadat, wisata, agama, dan lain sebagainya.

Agama Islam berkembang baik di kota ini, hal itu dibuktikan dengan adanya keberadaan masjid yang banyak dan berbeda di kota ini. Berikut deretan masjid dengan arsitektur keren yang ada di Kota Semarang:

BACA JUGA : Berkunjung ke Paser? Wisata Terbaru 2024 Jangan Lupa Mampir ke 5 Tempat Ini, Cek Daftar Lengkapnya!

1.Masjid Agung Jawa Tengah

Wisata terbaru 2024 religi yang patut sobat kunjungi saat di Semarang adalah Masjid Agung Jawa Tengah, terletak di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Merupakan tempat ibadah dan juga sebagai pusat wisata religi yang ada di Semarang, jika sobat berkunjung ke masjid ini, akan terpesona dengan gaya arsitektur yang memadukan antara model Jawa, Timur Tengah, dan model arsitektur Yunani.

Ada juga payung raksasa yang menjadi  ciri khas Masjid Agung Jawa Tengah ini, mengingatkan pada payung raksasa yang ada di Madinah. Selain itu, jika sobat berkunjung ke masjid ini akan ada bedug besar dengan nama Bedug Ijo Mangunsari.

Di sisi luar masjid juga terdapat menara yang menjadi destinasi pengunjung untuk melihat keindahan yang ada disekitar masjid, sangat memposona.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Kuliner Khas Cirebon? Paling Populer, Dijamin Bikin Ketagihan!

2. Masjid Kapal Safinatun Najah Semarang

Menarik jika sobat bisa berkunjung ke mas jid ini, terletak di Jalan Raya Kyai Padak, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Masjid ini memiliki nama Safinatun Najah, atau dengan panggilan akrabnya Masjid Kapal. Selain menjadi tempat untuk beribadah, masjid ini juga berfungsi sebagai tempat pertemuan, hingga dibuka sebagai tempat wisata terbaru 2024.

Masjid ini memiliki model arsitektur yang unik, pasalnya berbentuk seperti kapal. Maka dari itu masjid ini memiliki sebutan akrab Masjid Kapal. Menjadi icon unik spot foto untuk diabadikan.

Disekitar masjid ini juga terdapat berbagai penjual yang menjajakan makanan ringan dengan harga yang pastinya ramah di kantong.

3. Masjid Kauman Semarang

Wisata religi yang patut sobat kunjungi selanjutnya adalah wisata terbaru 2024 Masjid Kauman Semarang yang merupakan masjid tertua di Semarang. Terletak di Jalan Aloon-aloon Barat, Bangunharjo, Kota Semarang, memiliki atap khas masjid bergaya Jawa yang berundak-undak.

Memori sejarah banyak tersimpan di masjid ini. Melansir dari regional.kompas.com konon mimbar yang ada di Masjid Kauman ini pernah dipakai untuk mengumumkan kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 1945, yang mana dilakukan oleh salah satu aktivis perjuangan sekaligus pengurus Masjid Kauman bernama dr. Agus.

4. Masjid Raya Baiturrahman

Destinasi wisata terbaru 2024 religi selanjutnya adalah Masjid Raya Baiturrahman, terletak di Kawasan Simpang Lima Kota  Semarang, masjid ini telah mengalami masa renovasi dalam kurun waktu setahun. Dilansir dari disbudpar Kota Semarang, luas lahan di masjid ini adalah 11.765 meter persegi, dengan luas bangunan 13.750 meter persegi dan menghabiskan biaya sekitar 92,58 miliar.

Diantara perenovasian yang dilakukan adalah penataan Kawasan masjid, rehabilitasi menara masjid, pembuatan basement VIP yang digunakan parkir mobil dan motor, dilanjut dengan  renovasi bagian dalam masjid meliputi lantai dan dinding. Maka tak heran kini interior masjid ini nampak mewah dan megah.

Selain itu, sobat juga akan melihat suguhan taman cantik ditambah kolam reflektif air mancur, pohon, rumput hingga lampu pagar yang berada di depan halaman masjid.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Museum Ullen Sentalu: Berwisata Sambil Belajar Sejarah dengan Suasana Zaman Dahulu!

Nah bagaimana sobat, sudah siap mengunjungi wisata-wisata religi yang ada di Kota Semarang? Setiap bangunan wisata terbaru 2024 berbentuk masjid mempunyai staylish dan ciri khas masing-masing. Menjadi kenangan tersendiri jika sobat pernah singgah diantara sekian masjid di atas. Jangan lupa selalu jaga sopan santun saat berada di tempat ini, karena itu mencerminkan kepribadian kita. Selamat berlibur dan menikmati keindahan masjid yang ada. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: