Wisata Terbaru 2024 Museum Ullen Sentalu: Berwisata Sambil Belajar Sejarah dengan Suasana Zaman Dahulu!

Wisata Terbaru 2024 Museum Ullen Sentalu: Berwisata Sambil Belajar Sejarah dengan Suasana Zaman Dahulu!

Wisata Terbaru 2024 Museum Ullen Sentalu-detikTravel - detikcom-google

DISWAY JOGJA - Berkunjung ke Yogyakarta tidak lengkap jika tidak mempelajari budaya Jawa. Nah, salah satu lokasi untuk mengenal budaya Jawa tersebut adalah berkunjung ke wisata terbaru 2024 Museum Ullen Sentalu.

Nama museum ini cukup unik karena merupakan sebuah akronim dari filsafah Jawa yaitu ‘Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumake’ yang berarti terang adalah penuntun jalan kehidupan.

Obyek wisata terbaru 2024 ini sangat cocok untuk dikunjungi saat libur sekolah bersama anak-anak juga cocok untuk keluarga. Sambil belajar sejarah dari koleksi museum, wisatawan juga bisa berekreasi di lereng Gunung Merapi yang berhawa sejuk.

Museum ini berbeda dengan museum lain yang ada di Yogyakarta, pasalnya memiliki konsep arsitektur gothic Eropa, yang dipadukan dengan koleksi peninggalan Kerjaan Mataram.

BACA JUGA : Sarana Liburan Keluarga: 7 Wisata Terbaru Paling Hits di Jepara, Harga Tiket Masuknya Murah Banget!

Museum Ullen Sentalu banyak mengisahkan tentang peradaban Kerajaan Mataram yang terpecah menjadi 4 keraton di Solo dan Yogyakarta, yaitu Kasunan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegara, dan Kadipaten Pakualaman.

Museum Ullen Sentalu telah menjadi tempat wisata terbaru 2024 paling hits di Kota Jogja. Pasalnya, museum ini tidak hanya menawarkan koleksi barang bersejarah, tetapi juga memanjakan wisatawan dengan bangunan dan taman yang indah, sehingga cocok buat mereka yang suka berburu foto instagramable.

Lokasi Museum Ullen Sentalu

Tempat wisata terbaru 2024 Museum Ullen Sentalu ini terletak di Jalan Boyong, Kaliurang, Kecamatan Pakem, Sleman, Yogyakarta. Walaupun letaknya lumayan jauh dari pusat kota, tetapi tidak mengurangi daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya.

Jam Buka Museum Ullen Sentalu

Wisata terbaru 2024 Museum Ullen Sentalu buka setiap hari, kecuali hari Senin. Jam bukanya yaitu pukul 08.30 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

BACA JUGA : Surganya Para Pecinta Alam! 7 Wisata Camping Ground Paling Populer di Lembang, Kamu Wajib Kesini

Harga Tiket Museum Ullen Sentalu

Harga tiket Museum Ullen Sentalu memang cukup mahal jika dibandingkan dengan harga tiket museum lainnya di Yogyakarta. Meskipun begitu harga yang cukup mahal ini sebanding dengan pengalaman dan pelayanan yang di dapatkan.

Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal yaitu Rp. 40.000 untuk dewasa, dan Rp. 20.000 untuk anak (usia 5 sampai 16 tahun). Sedangkan harga tiket masuk untuk wisatawan mancanegara lokal yaitu Rp. 60.000 untuk dewasa, dan Rp. 40.000 untuk anak (usia 5 sampai 16 tahun).

Daya Tarik Museum Ullen Sentalu

Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke wisata terbaru 2024 Museum Ullen Sentalu ini adalah dengan menyusurinya. Dari gerbang masuk, kamu akan disambut artshop dan restoran dengan konsep desain estetik.

Bukan hanya itu, disekitarnya juga terdapat taman, gapura, kolam, dan sejumlah relief yang bisa kamu nikmati.

Meski tidak bisa berfoto-foto di bagian dalam museum, kamu bisa memanfaatkan area luar museum yang menarik yang bisa menjadi tempat yang cocok untuk berpose. Ada banyak sekali spot menarik yang bisa kamu pilih untuk berfoto salah satunya yang populer adalah arca Dewi Sri.

Bagi kamu yang ingin belajar lebih banyak budaya, kamu bisa ikut program Jelajah Budaya yang akan mengajak kamu mengenal keragaman budaya Jawa. Kamu bukan hanya diajak berkeliling museum tapi juga bisa mengunjungi berbagai tempat bersejarah di Kaliurang hingga Kota Gede.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024: Air Terjun Kabut Pelangi Dengan Pemandangan Langka? Suguhkan View Eksotik Bikin Terpesona

Para wisatawan juga dapat melihat banyak lukisan dan foto bangsawan pada zaman dahulu, koleksi dan batik Solo dan Yogyakarta yang ternyata memiliki makna tersendiri, gamelan kuno, arca-arca budaya Hindu dan Budha, dan peninggalan lainnya.

Bukan hanya itu, wisatawan juga akan merasa nyaman dengan adanya para guide/educator yang akan memberi informasi kepada wisatawan mengenai sejarah dan cerita yang ada pada setiap koleksinya.

Itulah sederet informasi mengenai wisata terbaru 2024 Museum Ullen Sentalu Yogyakarta yang bisa kamu jadikan tujuan liburan bersama keluarga.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: