Inilah 5 Manfaat Buah Bengkoang? Efektif Memutihkan Kulit yang Wajib Kamu Tahu Cara Pakainya!

Inilah 5 Manfaat Buah Bengkoang? Efektif Memutihkan Kulit yang Wajib Kamu Tahu Cara Pakainya!

Inilah 5 Manfaat Buah Bengkuang untuk Memutihkan Kulit yang Perlu Kamu Tahu--

DISWAY JOGJA - Bengkoang atau disebut juga Pachyrhizus erosus merupakan buah tropis yang populer di Asia Tenggara. Buah ini terkenal dengan rasanya yang manis dan menyegarkan serta kandungan air yang tinggi.

Bengkuang juga buah yang kaya akan beragam nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan, termasuk vitamin dan mineral. Vitamin C merupakan salah satu kandungan tertinggi pada bengkuang. Mineral yang terkandung dalam bengkuang antara lain fosfor, zat besi, kalsium dan masih banyak lainnya. 

Bengkuang sudah lama digunakan oleh para putri untuk menjaga kecantikan kulitnya. Tak heran jika banyak digunakan sebagai bahan utama produk kosmetik.

Bengkuang telah lama dipercaya memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, salah satunya memutihkan kulit. Berikut beberapa manfaat buah bengkuang untuk memutihkan kulit:

1. Kaya Vitamin C

 

Bengkuang kaya akan Vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat. Vitamin C membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini, termasuk hiperpigmentasi dan bintik hitam.

Selain itu, Vitamin C ini juga berperan penting dalam memutihkan wajah. Vitamin C dapat membantu mengurangi penggelapan kulit. Vitamin C juga bermanfaat menghaluskan permukaan kulit dan mengurangi kusam. Manfaat masker bengkuang dapat membuat kulit bersinar.

2. Mengandung Enzim Tirosinase

Peneliti Indonesia melalui penelitiannya menemukan bahwa kandungan bengkuang berperan sebagai bahan pemutih dan sunscreen. Hal ini disebabkan efek langsung pada melanin dan penghambat enzim tirosinase.

Melanin merupakan pigmen coklat yang merupakan pigmen utama pewarna kulit, rambut dan mata. Terdapat enzim yang berperan dalam pembentukan pigmen melanin tirosinase yang terdapat pada melanosit (sel penghasil melanin). Dengan menghambat produksi melanin, bengkuang dapat membantu mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam.

3. Sumber vitamin B kompleks

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: