Jelajahi Wisata Terbaru 2024 Unik Danau Kakaban? Sensasi Berenang Dengan Ubur-ubur Tercantik di Indonesia!

Jelajahi Wisata Terbaru 2024 Unik Danau Kakaban? Sensasi Berenang Dengan Ubur-ubur Tercantik di Indonesia!

Destinasi Wisata Danau Kakaban 2024-Katakerja.id-google

DISWAY JOGJA - Wilayah Kalimantan Timur menyimpan sejuta pesona alam luar biasa yang punya keunikan tersendiri, salah satunya Pulau Kakaban yang dijadikan destinasi tempat wisata terbaru 2024 di Kalimantan.

Pulau Kakaban ini menjadi salah satu wisata unggulan 2024 Berau. Lokasinya berada di Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur yang merupakan destinasi ekoturisme.

Pulau Kakaban adalah pulau yang indah, pulau ini terbentuk secara alami. Kakaban sendiri memiliki arti memeluk. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Kakaban, pasalnya bentuk pulaunya yang seolah memeluk danau.

Objek wisata bahari 2024 ini memiliki daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan wisata bahari ditempat lainnya, yaitu danau ubur-ubur. Pulau Kakaban ini berbentuk menyerupai angka 9 yang mempunyai luas 774,2 hektar.

BACA JUGA : 5 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Lampung Terpopuler? Nomor 3 Paling Favorit, View Eksotisnya Bikin Nagih!

Pulau ini juga menjadi salah satu pulau yang sangat digilai dan diminati oleh turis mancanegara, karena keindahan biota laut dan panorama bawah laut yang dimiliki sangatlah mempesona. Hal ini yang menjadikan pulau ini direkomendasikan sebagai wisata terbaru 2024 unik di Kalimantan.

Pulau dan Danau Kakaban masih sangat alami dan murni, karena letaknya yang lumayan jauh dan sangat terpencil. Namun, tempat wisata terbaru 2024 ini sangat digemari oleh banyak wisatawan.

Danau Kakaban ini mempunyai empat spesies ubur-ubur, dimana lebih banyak dari Danau Ubur-ubur di Palau yang hanya memiliki dua spesies ubur-ubur.

Salah satu hal yang paling menarik dari Danau Kakaban yaitu keberadaan spesies ubur-ubur yang tidak menyengat. Ubur-ubur disini berukuran kecil, sekitar 2 hingga 3 cm, dan berwarna-warni.

Kamu tidak perlu khawatir, ubur-ubur ini bersifat jinak dan tidak takut dengan manusia sehingga kamu bisa berenang dan berinteraksi langsung dengan mereka.

Aktivitas ini sangat seru dan mengesankan, karena wisatawan bisa merasakan sentuhan halus dan lembut dari ubur-ubur secara langsung yang bergerak-gerak disekitar tubuh.

Wisata bahari 2024 ini tampaknya mirip dengan danau-danau lainnya. Tapi istimewanya, Danau Kakaban ini termasuk dalam kategori danau purba.

Danau Purba ini mengalami evoluasi panjang akibat pengangkatan tol. Hal ini membuat air laut terjebak di tengah pulau dan tidak dapat kembali ke laut.

Dengan begitu ubur-ubur yang terjebak beradaptasi dengan ekosistem baru dan tidak memiliki predator alami di danau ini, sehingga ubur-ubur itu menjadi tidak menyengat.

Ada empat jenis ubur-ubur yang ada di danau ini yaitu antara lain: ubur-ubur bulan (Aurelia aurita), ubur-ubur kotak (Tripedalia cystophora), ubur-ubur totol (Mastigias cystophora), dan ubur-ubur terbalik (Cassiopea ornata).

Tak hanya menarik bagi dunia wisata, tetapi juga menjadi rumah bagi keberagaman ubur-ubur yang langka. Dengan begitu, Danau Kakaban menjadi kawasan konversi daerah.

BACA JUGA : Eksotisme Memukau Bak Surga! Inilah Wisata Terbaru 2024 Curug Puncak Manik Sukabumi, Pesonanya Bukan Main?

Untuk menuju lokasi danau ini, kamu harus berjalan 500 meter dengan rute menanjak 45 derajat dengan jalur tempuh menggunakan jembatan ulin rapi.

Dari keunikan wisata bahari 2024 tersebut yang menarik wisatawan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin berenang di Danau Kakaban, yaitu:

1. Dilarang menggunakan sunblock atau krim apapun. Dikarenakan, zat kimia yang ada di krim tersebut bisa mencemari habitat ubur-ubur yang dikhawatirkan membunuh kehidupan mereka.

2. Tidak menggunakan alat bantu renang seperti kaki katak, karena bisa melukai ubur-ubur.

3. Tidak boleh memegang atau mengangkat ubur-ubur. Dikhawatirkan, ubur-ubur akan langsung kehilangan keseimbangan.

4. Tidak boleh melompat ketika masuk danau kakaban

Wisatawan juga dapat melihat keindahan alam bawah air danau ini dengan berbagai jenis biota lainnya yang tak kalah indahnya.

Pulau dan Danau Kakaban ini dapat dituju dari Pulau Derawan dengan menggunakan Speetboat dan membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Wisata terbaru 2024 Pulau Kakaban termasuk pulau terbaik di Indonesia, bahkan dunia yang wajib dikunjungi oleh para pecinta alam. Rasakan sensasinya!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: